Tempat Wisata

11 Tempat Wisata di Pangalengan Bandung, Pemandangannya Indah!

11 Tempat Wisata di Pangalengan Bandung, Pemandangannya Indah!

Sebagai salah satu kabupaten di Kabupaten Bandung, Pangalengan menawarkan beragam destinasi wisata yang menarik untuk dijelajahi. Wisata Pangalengan menawarkan berbagai tempat untuk piknik bersama keluarga atau teman.

Di Pangalengan sendiri kebanyakan terdapat wisata yang bernuansa alam. Hal ini tidak mengherankan karena Pangalengan sendiri merupakan daerah yang terkenal dengan pertanian, perkebunan, bahkan peternakannya. Penasaran wisata apa saja yang bisa dijelajahi di Pangalengan?

Rekomendasi Wisata di Pangalengan

1. Gunung Wayang

Destinasi wisata ini sangat cocok bagi mereka yang senang hiking dan menjelajahi alam. Ya, Gunung Wayang Pangalengan menjadi destinasi yang sayang untuk dilewatkan jika kebetulan sedang berada di Pangalengan.

Jalan menuju Gunung Wayang tidak cukup sulit sehingga pendakian menuju puncak aman. Jika memutuskan untuk mendaki gunung ini, wisatawan akan langsung disuguhi pemandangan indah kebun teh setempat.

Tenang saja, untuk mencapai puncak Gunung Wayang, Anda hanya perlu melakukan pendakian selama dua jam saja. Namun hati-hati saat mendakinya karena medan gunung ini cukup terjal.

2. Perkebunan Teh Cukul

Seperti yang telah dijelaskan sebelumnya, Pangalengan sebenarnya dikenal sebagai kawasan perkebunan. Nah, salah satu wisata kebun teh yang bisa Anda kunjungi adalah Perkebunan Teh Cukul. Di taman ini, panorama tersaji bagaikan hamparan karpet hijau.

Hal yang menarik dari Kebun Teh Kukul adalah adanya danau yang begitu indah. Kehadiran telaga ini tentu bisa menambah keindahan Kebun Teh Cukul dan cocok dijadikan spot foto Instagram. Anda juga bisa menyaksikan indahnya matahari terbit di kebun teh Cukul ini.

3. Gedung Putih Cukul

Selain bisa mengagumi keindahan danau dan kebun teh, ternyata di kawasan Kukul ini Anda bisa mengunjungi tempat wisata lainnya. Ya, ada wisata berupa villa penginapan dengan konsep furniture Jerman. Villa estetis ini bernama Rumah Putih Kukul.

Rumah klasik ini memiliki gaya arsitektur yang begitu estetis dan khas sehingga sering menjadi subjek foto. Selain arsitekturnya yang bergaya Eropa, Gedung Putih Cukul sebenarnya sudah dibangun sejak zaman Belanda. Anda bisa berfoto di depan Rumah Cukul Putih yang cantik.

4. Desa Singkur

Wisata Pangalengan Bandung selanjutnya yang bisa Anda kunjungi adalah Kampung Singkur. Desa ini mempunyai keindahan alam yang dijamin akan membuat siapa pun terkagum-kagum. Kampung Singkur tidak hanya memiliki pemandangan alam yang indah, namun juga menawarkan fasilitas berupa wahana hiburan.

Ya, Desa Singkur punya beberapa wahana seru seperti paintball, arung jeram, dan flying fox. Untuk menikmati berbagai permainan yang ada di Desa Singkur, Anda hanya perlu merogoh kocek sebesar Rp 20.000 per orang untuk tiket masuknya.

5. Perkebunan Teh Malabar

Kebun teh lain yang tak kalah seru untuk dijelajahi saat berkunjung ke Pangalengan adalah Malabar. Perkebunan teh Malabar sendiri memiliki luas hingga 2000 hektar. Jadi, jika Anda melihat wisata ini, Anda hanya akan disuguhi pemandangan hijau saja.

Kebun teh Malabar tidak hanya luas, tetapi juga berada di ketinggian 1.550 meter di atas permukaan laut. Tak heran jika banyak wisatawan yang datang ke perkebunan teh Malabar ini. Jika Anda pergi ke Pangalengan, luangkan waktu untuk tur ini.

6. Air Terjun Ketel

Apakah kamu suka basah? Cobalah mengikuti wisata alam Pangalengan berupa Air Terjun Ketel. Curug Ceret merupakan wisata air terjun dengan pemandangan eksotis yang akan membuat liburan Anda tak terlupakan.

Air terjun ini selalu membuat jalanan di sekitar PLTA Indonesia Power basah karena aliran airnya yang cukup deras. Selain itu, Curug Keret juga mempunyai ketinggian hingga 5 meter. Di air terjun ini Anda tidak hanya bisa berbasah-basahan, tapi juga melihat pelangi.

Ya, saat matahari bersinar, air memantulkan cahayanya dan menciptakan sedikit pelangi.

7. Air Terjun Pengantin

Selain Curug Keret, Anda juga bisa mengunjungi wisata air terjun lainnya yang bernama Curug Penganten. Wisata ini berarti “air terjun pengantin” dalam bahasa Sunda. Air terjun ini dinamakan “air terjun pengantin” karena terdapat dua buah air terjun cantik yang mengalir bak sepasang pengantin.

Menariknya, air di Air Terjun Penganten begitu jernih dan bersih. Wisatawan yang datang ke Air Terjun Penganten bisa berenang sepuasnya di sini. Selain itu Curug Penganten juga dikelilingi pepohonan hijau sehingga sangat sejuk.

8. Sungai Palayan

Wisata air Pangalengan lainnya yang bisa dikunjungi adalah Sungai Palayangan. Jika anda penyuka arung jeram, anda patut mencoba datang ke sungai ini karena arus airnya sangat seru untuk menguji adrenalin anda bersama teman-teman.

Air di sungai ini memiliki tingkat kesulitan yang berbeda-beda, sehingga arung jeram bersama teman-teman akan sangat mengasyikkan. Selain itu, Sungai Palayangan sendiri memiliki ketinggian hingga 1.200 meter sehingga semakin seru untuk arung jeram.

Jika Anda baru melakukan rafting, jangan khawatir, arusnya masih relatif aman. Menyeberangi sungai Anda dapat melihat taman yang indah, hutan dan sawah.

9. Situs Cileunca

Wisata berikutnya yang bisa Anda kunjungi saat berada di Pangalengan adalah Situ Cileunca. Wisata yang satu ini berupa danau buatan seluas 1400 hektar. Banyak wisatawan yang menjadikan Situ Cileunca sebagai tempat liburan populer.

Ada satu tempat yang selalu ramai di Situ Cileunca, yaitu Jembatan Cinta. Di jembatan ini banyak wisatawan yang menjadikan tempat untuk mengambil foto. Selain itu, ada juga tiket masuk Situ Cileunca yang sangat murah yaitu hanya Rp 5.000 per orang.

10. Hutan Pinus Rahong

Wisata Pangalengan yang satu ini tidak kalah populernya dengan Situ Cileunca. Ya, di sana terdapat hutan wisata dengan ratusan hutan pinus dan berbagai fasilitas pendukung pengunjung.

Nama wisata ini adalah Hutan Pinus Rahong. Hutan ini memiliki suasana yang sangat sejuk, cocok untuk bersantai. Selain itu, Hutan Pinus Rahong menawarkan panorama alam yang begitu eksotik sehingga pastinya Anda akan betah berlama-lama.

11. Pemandian Air Panas Cibolang

Jika ingin berendam air panas dengan pemandangan yang indah, datanglah ke Sumber Air Panas Cibolang. Mengapa datang ke sini? Sumber Air Panas Cibolang dikelilingi oleh kawasan perkebunan dan hutan pinus.

Maka tak heran setiap hari libur atau akhir pekan karena pemandian air panas Cibolang hampir selalu ramai dikunjungi. Wisata ini tidak hanya menawarkan kolam air panas saja, namun juga menawarkan banyak fasilitas yang membuat pengunjungnya betah.

Menutup

Wisata Pangalengan menawarkan banyak destinasi wisata yang bagus dan menarik untuk dikunjungi bersama keluarga. Jika Anda mempunyai rencana berwisata ke Bandung, maka luangkan waktu untuk datang ke Pangalengan dan jelajahi daftar wisata di atas!

Source: www.tempatwisata.pro

Related Articles

Back to top button