Tempat Wisata

11 Wisata Pantai Bagus di Bantul Jogja dan Tempat Menikmati Sunset

Temukan keindahan tersembunyi di Pantai Bantul di Yogyakarta, tempat pasir putih bertemu dengan birunya Samudera Hindia.

Pantai-pantai di Bantul dan Jogja menawarkan keindahan khas pantai selatan dan cocok dijadikan destinasi liburan. Popularitas pantai-pantai ini tak kalah dengan deretan pantai di Bali.

Pantai Bantul populer tidak hanya di kalangan wisatawan domestik tetapi juga di kalangan wisatawan mancanegara. Buktinya, banyak wisatawan mancanegara yang selalu menikmati liburannya di sana.

Masih tidak percaya? Lihatlah daftar tempat wisata pantai di Bantul berikut ini. Beberapa nama mungkin terdengar asing bagi Anda karena sangat populer di kalangan wisatawan.

Rekomendasi pantai yang bagus di Bantul

1. Pantai Parangtritis

Pantai ParangtritisFoto: Unsplash/Kurniawan Kami Saputra

Siapa yang tak kenal Pantai Parangtritis? Pantai ini merupakan destinasi wisata bahari dan dianggap paling terkenal di Yogyakarta. Hampir di semua paket wisata Jogja, Pantai Parangtritis masuk dalam daftar kunjungan.

Bukan tanpa alasan, sebab pantai di kawasan Kretek ini sangat istimewa. Pantai berpasir hitam ini sangat eksotis dan menawarkan spot matahari terbenam yang indah. Selain itu, ada pula legenda Nyi Roro Kidul yang menjadi daya tarik tersendiri.

Berbagai aktivitas yang dapat dilakukan pengunjung di Pantai Parangtritis yaitu berkuda, menyewa dan mengendarai ATV, paralayang, selancar, dan berenang di pemandian Parangwedang.

Harga tiket: Rp10.000; Map: Periksa lokasinya
Alamat: Kapanéwon Kretek, Kab.Bantul, DI Yogyakarta.

2. Pantai Parangkusumo

Pantai ParangkusumoFoto: Unsplash/Bagus Ilham

Pantai Parangkusumo juga merupakan salah satu pantai di Bantul yang sangat populer di kalangan wisatawan. Jarak menuju Pantai Parangtritis hanya sekitar 55 meter, jadi Anda bisa berjalan kaki dari satu pantai ke pantai lainnya.

Pantai ini terkenal tidak hanya karena keindahannya saja. Keberadaan Panembahan Senopati Petilasan di tepi pantai berhasil menarik banyak pengunjung. Begitu pula dengan Batu Cinta yang konon pernah menjadi tempat pertemuan Panembahan Senopati dan Ratu Kidul.

Selain itu Pantai Parangkusumo sering digunakan sebagai tempat upacara sakral seperti Labuhan Alit, Tirakatan, Melasti dan meditasi.

Harga tiket: Rp5.000; Map: Periksa lokasinya
Alamat: Kecamatan Kretek, Kab. Bantul, Jawa Tengah.

3. Pantai Pandansari

Pantai PandansariFoto: Pexels/Al Fariz

Pantai Pandansari dengan pasir hitam pekatnya yang eksotis dan banyak pohon pinus dinobatkan sebagai salah satu pantai terindah di Bantul. Untuk melihat semua keindahan ini lebih jelas, Anda bisa naik ke mercusuar dengan membayar Rp. hanya 5.000 per orang.

Mercusuar Kalajivamasti yang dibangun sejak tahun 1996 ini sering dijadikan backdrop foto karena menara berbalut warna putih ini terlihat sangat instan.

Selain mercusuar, daya tarik lain dari Pantai Pandansari adalah kebun buah naga yang terletak tidak jauh dari bibir pantai. Di sana Anda bisa melakukan agrowisata dan membawa pulang buah naga.

Harga tiket: Rp5.000; Map: Periksa lokasinya
Alamat: Wonoroto, Kecamatan Gadingsari. Sanden, Kab. Bantul, DI Yogyakarta.

4. Pantai Samas

Pantai SamasFoto: Google Maps/Mukdin Manik

Pantai Samas merupakan salah satu pantai yang bagus di Bantul dan memiliki ombak yang cukup besar sehingga tidak disarankan untuk berenang di laut. Namun, ada banyak aktivitas yang bisa Anda nikmati selama berkunjung ke sini.

Misalnya mengamati konservasi penyu sisik dan penyu hijau, menikmati taman bunga matahari, serta berfoto di jembatan bambu.

Selain itu, ada yang namanya Pesona Pengklik di Pantai Samas. Merupakan laguna tepi pantai dimana Anda bisa menikmati keindahan laut lepas sambil memancing atau sekedar bersantai.

Tak jauh dari Pesona Pengklik terdapat gardu pandang yang juga bisa Anda daki untuk melihat pemandangan sekitar dengan lebih leluasa.

Harga tiket: Rp 4.000; Map: Periksa lokasinya
Alamat: J L. Samas, Dodogan, Srigading, Kab. Sanden, Kab. Bantul, DI Yogyakarta.

5. Pantai Depok

Pantai depokFoto: Google Maps/Raditya Anjar

Pantai Depok termasuk dalam rangkaian Pantai Parangtritis dan Pantai Parangkusumo, sehingga Anda juga bisa memikirkan untuk mampir ke sini. Banyak yang menyebutnya sebagai pantai kuliner karena banyak kuliner lezat yang bisa ditemukan di sini.

Jika Anda datang pagi hari, Anda bahkan bisa menjumpai kawasan pasar pagi yang tak jauh dari bibir pantai. Anda bisa sarapan dengan membeli menu sederhana di pasar. Pasti akan terasa lebih nikmat ketika menikmati keindahan laut lepas.

Karena datang pada pagi hari, Anda bisa lebih leluasa menikmati keindahan pantai karena tidak terganggu dengan banyaknya pengunjung dan panas matahari yang tidak terlalu terik.

Harga tiket: Rp7.500; Map: Periksa lokasinya
Alamat: Kecamatan Kretek, Kab. Bantul, DI Yogyakarta.

6. Pantai Cemara Sewu

Pantai Cemara SewuFoto: Twitter/Albert Ghana Pratama

Sama seperti Pantai Depok, Pantai Cemara Sewu juga merupakan bagian dari pantai Parangtritis dan Parangkusumo. Jadi pilih saja pantai yang ingin dikunjungi atau bahkan ingin berwisata pantai?

Yang pasti Pantai Cemara Sewu layak untuk dipertimbangkan karena tak kalah indahnya untuk dikunjungi. Pantai di Bantul Jogja yang berseberangan dengan Gumuk Pasir ini menawarkan area yang luas untuk beraktivitas.

Letaknya yang landai dan berpasir lembut membuat pengunjung dapat berkemah di sana sehingga dapat menikmati keindahan pantai lebih lama.

Harga tiket: Rp10.000; Map: Periksa lokasinya
Alamat: J L. Pantai Parangkusumo, Kecamatan. Kretek, Kab. Bantul, DI Yogyakarta.

7. Pantai Goa Cemara

Pantai Goa CemaraFoto: Google Maps/Amalia Bagus

Selain Pantai Cemara Sewu, Pantai Goa Cemara menjadi pantai lain yang biasa dijadikan tempat perkemahan di Bantul. Anda bahkan bisa mengendarai RV di pantai ini hanya dengan membayar biaya parkir dan tiket masuk saja, sehingga tidak ada biaya tambahan lainnya. Biaya masuknya sendiri berkisar Rp 5.000, terjangkau sekali bukan?

Selain area camping, masih ada tempat lain di Pantai Goa Cemara yang tak kalah seru untuk dijelajahi. Diantaranya destinasi tamasya, perlindungan penyu, taman hutan, pasar tradisional, dan mercusuar setinggi 40 meter. Jadi dijamin anda tidak akan bosan berlibur ke Pantai Goa Cemara.

Harga tiket: Rp10.000; Map: Periksa lokasinya
Alamat: J L. Lintas Selatan, Patihan, Gadingsari, Kecamatan. Sanden, Kab. Bantul, DI Yogyakarta.

8. Pantai Kuwaru

Pantai KuwaruFoto: Google Maps/Ana Diyana

Pantai Kuwaru adalah surganya pecinta makanan laut. Meski Pantai Depok sering disebut sebagai pantai kuliner, namun jika berbicara soal makanan laut, tidak ada yang lebih baik dari Pantai Kuwaru. Banyak nelayan di sini setiap hari yang berlayar dan berlabuh setelah melaut.

Beragam makanan laut mentah dan olahan bisa Anda beli dengan harga terjangkau, mulai dari ikan hingga udang. Hidangan lezat tersebut bisa Anda nikmati sambil menikmati indahnya keindahan pantai.

Selain itu, pantai di Bantul ini menawarkan beberapa wahana menarik untuk dicoba. Seperti ATV yang bisa Anda sewa untuk berkeliling pantai.

Harga tiket: Rp5.000; Map: Periksa lokasinya
Alamat: Kawaru, Kecamatan Poncosari. Srandakan, Kab. Bantul, DI Yogyakarta.

9. Pantai Baru

Pantai baruFoto: Google Maps/Bayu Leodypta

Secara umum pengunjung disarankan untuk tidak berenang di pantai selatan. Namun Pantai Baru memiliki keunikan karena Anda bisa bermain air tanpa harus khawatir dengan ombak besar.

Pasalnya, kawasan pantai menawarkan pengunjungnya area berenang air tawar. Meski tidak bisa berenang di laut, Anda bisa bermain di kolam sepuasnya.

Setelah berenang, Anda dapat melakukan aktivitas lain seperti: B. naik ATV, wisata edukasi tiang kincir angin yang merupakan PLTH dan berburu aneka makanan laut.

Harga tiket: Rp 4.000; Map: Periksa lokasinya
Alamat: Ngentak, Kecamatan Poncosari. Srandakan, Kab. Bantul, DI Yogyakarta.

10. Pantai Pandansimo

Pantai PandansimoFoto: Google Maps/Isna Chanel

Pantai Pandansimo terletak di Dusun Ngentak, Desa Poncosari, Srandakan. Menemukan lokasinya tidak terlalu sulit karena Anda akan melihat mercusuar terkenal saat mendekati pantai.

Tempat ini hanya berjarak sekitar 400 meter dari Pantai Baru, sehingga Anda juga bisa menikmati wisata edukasi tiang-tiang kincir angin penyedia listrik.

Harga tiket: Rp5.000; Map: Periksa lokasinya
Alamat: Ngentak, Kecamatan Poncosari. Srandakan, Kab. Bantul, DI Yogyakarta.

11. Pantai Paragendog

Pantai ParagendogFoto: Google Maps/Ai Mubaroh

Pantai di Bantul terdekat yang bisa Anda kunjungi adalah Pantai Paragendog. Sesuai dengan namanya, pantai ini sangat unik karena memiliki bebatuan yang berbentuk seperti telur.

Daya tarik tersendiri adalah bebatuan karang berukuran besar yang membuat pantai ini tampil semakin eksotis. Biasanya pengunjung menggunakan batu ini sebagai background untuk mengambil foto-foto lucu.

Harga tiket: Rp5.000; Map: Periksa lokasinya
Alamat: Parang Reja, Kecamatan Girijati. Purwosari, Kab.Gunung Kidul, DI Yogyakarta.

Masih belum tahu mau berlibur ke mana? Simak daftar wisata pantai Bantul di atas. Saat musim liburan, bersantai di pantai selalu menjadi pilihan menarik. Apalagi masih banyak pantai eksotis di Bantul yang menawarkan beragam aktivitas seru. Pastinya akan membuat liburan Anda tak terlupakan!

Source: www.pesisir.net

Related Articles

Back to top button