Tempat Wisata

12 Masakan Khas Depok yang Cocok Dibawa Pulang Sebagai Oleh-Oleh!

Makanan khas depok – Kota Depok, salah satu kota besar di Indonesia, memiliki sederet keunikan yang kerap menjadikannya sebagai destinasi wisata.

Selain alamnya yang indah, kota ini juga menawarkan beragam kuliner lezat yang bisa dijadikan oleh-oleh.

Makanan khas Depok biasanya memadukan cita rasa tradisional dengan sentuhan modern yang khas, sehingga menciptakan pengalaman bersantap yang tak terlupakan. Berikut 12 rekomendasi makanan khas Depok yang wajib Anda coba.

1. Dodol Belimbing wuluh

Dodol Belimbing Khas DepokDodol Belimbing Khas Depok

Rekomendasi makanan khas Depok yang pertama dari Wisataseru.com adalah Dodol belimbing wuluh. Jika dodol sudah lama identik dengan makanan khas Garut, ternyata tidak sepenuhnya benar, karena kota depok juga memiliki keistimewaan dodol tersendiri.

Berkat ide kreatif masyarakat Kota Depok, tercetuslah ide untuk mengolah buah belimbing wuluh yang banyak terdapat di Kota Depok menjadi sebuah makanan lezat yang bisa dijadikan camilan.

Sobat Seru bisa dengan mudah membeli jajanan belimbing Dodol ini di berbagai toko oleh-oleh khas Depok, khususnya di kawasan sekitar tempat wisata, termasuk kawasan Margona.

Untuk bahannya sendiri umumnya sama dengan dodol lainnya yaitu ketan, santan dan gula merah, kemudian ditambahkan belimbing wuluh yang sebelumnya diolah dengan cara dihaluskan.

Rasa unik dan dodol belimbing wuluh menarik wisatawan untuk kembali membawa jajanan berbentuk silinder ini sebagai oleh-oleh. Konsistensinya kenyal dan lembut, rasanya manis tapi tidak basi.

2. Ketoprak Cimol

Ketoprak CimolKetoprak Cimol

Ketoprak cimol merupakan makanan khas depok yang dijamin bikin ketagihan. Cimol ketoprak khas depok mempunyai cita rasa yang lebih istimewa dengan kuah bumbu kacangnya yang kental membuatnya sangat digemari dan digemari.

Satu porsi Ketoprak Cimol berisi ketupat, tahu atau lontong dan ditaburi saus kacang. Lalu masukkan cimol yaitu bola-bola goreng renyah yang terbuat dari tepung tapioka

Dengan menambahkan cimol atau bola-bola tepung tapioka Anda bisa merasakan sensasi yang sangat berbeda, ditambah dengan kayanya rasa ketoprak membuat semuanya menjadi istimewa.

3. Tauge goreng

Tauge goreng lewat Endues TVTauge goreng lewat Endues TV

Kota depok juga terkenal dengan salah satu jajanan uniknya yaitu tauge goreng. Tauge goreng khas kota depok ini digoreng lalu diberi bubuk khusus.

Tauge goreng biasanya disajikan dengan tahu goreng, mie kuning, dan irisan timun segar.

Rasanya yang cukup unik, renyahnya tauge goreng yang dipadukan dengan rasa gurih membuat jajanan ini sangat digemari dan bisa menemani waktu santai bersama keluarga.

4. Gado gado depok

Gado-gado Depok via GridGado-gado Depok via Grid

Rekomendasi makanan khas depok selanjutnya adalah Gado-gado depok. Kuliner yang satu ini sebenarnya terdapat di berbagai kota di Indonesia, namun setiap daerah memiliki varian dan bumbu khasnya masing-masing, begitu pula dengan Kota Depok.

Gado-gado khas depok ini mempunyai satu keistimewaan yaitu hadir dengan kuah kacang yang kental dan gurih. Satu porsi Gado-Gado Depok berisi sayur-sayuran segar seperti kangkung, tauge, kol dan ketimun, di atasnya diberi telur rebus, tahu goreng, dan kerupuk.

Gado-gado Depok dapat dengan mudah kita jumpai baik di pedagang kaki lima maupun di warung atau toko tradisional yang ada di sekitar kota depok.

5. Roti panggang

Roti Bakar via DetikRoti Bakar via Detik

Perkedel bakar khas depok ini sekilas menyerupai tutup berwarna pastel, dimana perkedel bakar ini terbuat dari campuran kentang, daging, dan bumbu lalu dipanggang hingga matang.

Agar donat panggangnya semakin nikmat, donat panggang tersebut ditaburi keju parut sehingga selain terasa lebih enak, juga timbul aroma yang tidak biasa.

Baca juga: 28 restoran di depok

6. Dodol Jambu Biji

Dodol Jambu BijiDodol Jambu Biji

Jika anda kebetulan sedang berada di kota depok, jangan lupa untuk mencoba salah satu masakan khas depok yang sangat populer yaitu dodol jambu biji.

Dodol jambu khas depok ini mempunyai cita rasa dan aroma yang berbeda dengan dodol pada umumnya yang terbuat dari tepung ketan dan gula merah.

Penambahan jambu biji membuat aroma Dodol semakin menggoda dan memberikan cita rasa yang istimewa, yaitu pengalaman rasa asam manis segar yang lebih dominan dan membuat ketagihan.

Dodol jambu biji dikemas lebih menarik dan modern sehingga semakin menarik minat wisatawan untuk membawanya pulang sebagai oleh-oleh khas Depok.

7. Galih/Gale penyok

penyok Galihpenyok Galih

Peyek Galih khas depok ini sekilas lebih mirip dengan Kembang Goyang, dimana peyek umumnya lebih mirip dengan kerupuk, namun berbeda dengan yang satu ini.

Peyek Galih terbuat dari adonan tepung beras yang digoreng untuk menjaga konsistensinya.

Selain versi original, ada juga Galih Peyek yang sudah dimodifikasi, ditambah dengan bayam, wijen, udang rebon, dan kacang tanah.

8. kue tema

Kue temma melalui ElrajabKue temma melalui Elrajab

Kue-kue bertema merupakan salah satu kreativitas masyarakat Kota Depok. Makanan ini mungkin tidak dapat ditemukan di daerah lain karena merupakan makanan khas kota depok.

Nama temanya sendiri diambil dari bahan baku kue yang digunakan yaitu campuran tepung tempe dan selai kurma.

Siapa sangka perpaduan kedua bahan ini menghasilkan cookies dengan rasa gurih dan manis yang khas.

Periksa juga: 18 Restoran Paling Enak di Depok

9. Bakso Comberan

Bakso ComberanBakso Comberan

Rekomendasi makanan khas depok selanjutnya adalah bakso limbah. Mendengar namanya mungkin agak aneh dan menggelikan, namun siapa sangka kalau bakso terkenal aneh ini memiliki rasa yang tidak biasa.

Berdiri sejak tahun 1995 dan terus menggairahkan industri kuliner di Kota Depok hingga saat ini.

Nama air limbah sendiri berasal dari kuah bakso hitamnya, namun siapa sangka rasanya begitu gurih dan nikmat.

Rasa unik biasanya tidak Anda dapatkan dari bakso. Menyantap semangkuk bakso selokan pun dibuat semakin sempurna dengan tambahan ceker ayam, sayap, bahkan tulang ayam.

10. Nastar Belimbing wuluh

Belimbing nastarNastar Belimbing melalui cenderamatadepok.wordpress.com

Selain itu, di Seru Friends kamu juga bisa mendapatkan belimbing nanas sebagai camilan sambil nonton TV atau ngobrol.

Jika nastar biasanya diisi dengan nanas atau stroberi, di Depok Anda bisa mengisi nastar dengan belimbing wuluh yang rasanya lebih unik.

11. Rujak cireng

Jual lewat shopeeJual lewat shopee

Makanan khas Depok selanjutnya yang bisa kita nikmati adalah Rujak Cireng. Rujak Cireng sendiri merupakan salah satu kuliner khas yang berasal dari Jawa Barat, termasuk Kota Depok.

Rujak cireng ini berbeda dengan cireng yang biasa kita santap karena pada kcireng ini ditambahkan bumbu rujak yang dicampur gula merah dan cabai.

Rujak Cireng ini menawarkan varian oncom, pedas, dan keju tergantung selera. Bumbu Rujak ini sendiri menjadi pendamping menikmati Cireng. Kita bisa mencampurkan cireng dengan kuah rujaknya. Menikmati rasa manis, gurih dan pedas yang selalu membuat kita ingin lebih.

12.SotoDepok

Soto Depok melalui TokopediaSoto Depok melalui Tokopedia

Rekomendasi makanan khas depok yang pertama adalah Soto depok. Soto versi kota di Depok ini memiliki cita rasa khas yang lebih mengenyangkan dan beraroma dibandingkan Soto pada umumnya.

Satu porsi Soto Depok berisi mie kuning, suwiran ayam, daun seledri dan ditaburi bawang goreng.

Soto Depok cocok dinikmati saat hujan dan cuaca dingin.

Menutup

Sekian informasi yang bisa kami berikan mengenai beragam kuliner khas kota depok yang dijamin enak dan membuat ketagihan. Semoga bermanfaat dan terima kasih.

Baca juga: 23 Tempat Nongkrong di Depok

Source: tempatwisataseru.com

Related Articles

Back to top button