Tempat Wisata

12 Spot Foto di Pantai Slili Gunung Kidul – Tiket Masuk

Jangan tinggalkan Yogyakarta jika belum mengunjungi Pantai Slili. Kawasan alam yang dihadirkan di Gunung Kidul ternyata mampu menarik wisatawan.

Di tengah banyaknya wisata pantai di Kabupaten yang terkenal dengan makanan khasnya berupa ikan paus goreng atau belalang goreng ini.

Menurut warga sekitar, nama Slili sendiri berasal dari bahasa Jawa yaitu Mlili yang artinya ‘lancar’. Namun, dulu ada warga yang setiap hari mencari alga.

Suatu hari ia menemukan sebuah gua di pantai.

Orang itu mencoba memberi tahu warga lainnya. Soalnya penasaran sama ceritanya. Banyak orang datang untuk mengunjunginya.

Mereka pun menggali gua, dan tidak lama kemudian, air tampak mengalir dari dalam gua. Setelah kata fasih ini, penduduk setempat menyebut daerah ini Slili.

Biaya masuk ke Pantai Slili

Biaya masuk ke pantai SliliFoto:

Tiket masuk Pantai Slili seharga 10.000 rupiah. Tarifnya cukup murah mengingat biaya ini juga sudah termasuk tiket masuk ke 9 objek lainnya.

Mulai dari Baron hingga Indrayanti. Untuk biaya parkir akan dikenakan biaya 5.000 rupiah untuk kendaraan bermotor dan 10.000 rupiah untuk mobil.

Nominal biaya masuk Pantai Slili dapat berubah sewaktu-waktu.

Lihat juga daftar 50 pantai terindah di Gunung Kidul.

Rute ke lokasi

Alamat pantai SliliFoto:

Alamat Pantai Slili terletak di Jalan Pantai Krakal, Tepus, Kabupaten Gunung Kidul, Daerah Istimewa Yogyakarta. Jarak dari kota Yogyakarta sekitar 80 km. atau memakan waktu sekitar 2 jam.

Rute menuju Pantai Slili bisa mengarah dari berbagai daerah. Jika Anda berangkat dari Jogja. Arahkan kendaraan ke Wonosari. Kemudian masuk ke kawasan Tepus dan akhirnya sampai di objek wisata ini.

Jalan menuju Pantai Slili juga bisa dilalui dari Jalan Baron. Setelah sampai di pertigaan TPR-T belok kiri menuju Kukup, Drini, Sepanjang dan terakhir Krakal hingga tiba di titik lokasi.

Jika Anda datang dari Kota Solo, Anda bisa berkendara melalui Wonogiri dan Praci, belok kanan dan ikuti jalan tersebut hingga sampai di Tepus dan tiba di tempat wisata ini.



Kunjungi juga Pantai Baron yang tak kalah menarik.

Kegiatan yang dapat dilakukan

Wisata pantai SliFoto:

Wisata pantai di Slili sangat ramah bagi wisatawan terbukti dengan berbagai fasilitas yang tersedia disini. Mulai dari kamar mandi, mushola, hingga paviliun yang bisa digunakan secara gratis.

Tidak cukup hanya datang ke sini. Selain itu, kita juga diperkenalkan dengan beberapa fasilitas menarik lainnya. Dijamin bikin kamu ragu untuk meninggalkan tempat ini.

1. Nikmati pantai

Wisata pantai SliFoto:

Pasir pantainya halus dan lembut. Banyak warung berjejer dan menyajikan berbagai macam makanan dan minuman. Anda bisa membelinya dan menikmatinya sambil menatap birunya air laut.

Jangan lupa beli es kelapa muda yang dipetik langsung dari pohonnya. Rasanya sangat segar dan menggoda, apalagi jika dinikmati saat matahari masih terik, rasanya semua dahaga hilang seketika.

2. Mendaki gunung

Wisata pantai SliFoto:

Cobalah berjalan ke timur pantai. Anda akan menemukan bukit yang harus Anda nikmati. Naik ke puncak dan lihat betapa mempesona dan indahnya area ini dari atas.

3. Bermain dengan udang

Wisata pantai SliFoto:

Daerah ini terkenal dengan produksi udangnya yang besar, apalagi jika Anda datang ke sini pada musim kemarau. Udang ini tersembunyi di antara karang. Kami juga dapat membantu warga untuk menangkapnya.

Mengapa harus mencari di musim kemarau? Karena ada banyak ganggang untuk dilihat di sini. sekarang ganggang itu sendiri menjadi tempat persembunyian udang. Ini membuatnya lebih efektif karena Anda bisa yakin dengan tempat persembunyiannya.

Kunjungi juga pantai Indrayanti yang paling terkenal dan memiliki pemandangan yang indah.

Atraksi lainnya: Pantai Slili

pesona Pantai SliFoto:

Dengan beberapa fasilitas yang tersedia di sini, itu saja tidak cukup. Anda juga akan disuguhkan dengan atraksi lain yang juga sangat bagus untuk dinikmati.

1. Porsi kuliner

pesona Pantai SliFoto:

Di belakang pendopo kita disuguhkan berbagai stand yang menawarkan berbagai sajian kuliner yang rasanya sungguh menggoda. Namun, kita harus sedikit berhati-hati saat memilih stand makanan. Karena saat musim lebaran ada beberapa warung yang nakal.

Mereka menghapus daftar harga dan dengan sengaja menaikkan harga selama perhitungan untuk melipatgandakan keuntungan yang dihasilkan. Karena itu, disarankan untuk membeli makanan dari warung dengan label harga.

2. Snorkling

pesona Pantai SliFoto:

Pantai Slili juga memiliki keindahan bawah laut yang sayang jika Anda abaikan begitu saja. Selain itu, cukup murah untuk menyewa semua peralatan snorkeling. Hanya dengan 50.000 rupiah. Anda dapat menjelajahi dan mengenal semua penghuni bawah air.

Di sini juga ada guide yang bersedia memandu dan membantu dalam proses pemotretan. Jadi jangan sampai ketinggalan. Rugi rasanya jika tiba di Jogja tanpa melihat pesona terumbu karang dan ikan warna-warni.

3. Pesta Laut

pesona Pantai SliFoto:

Sebagian besar penduduk setempat bekerja sebagai petani. Namun ketika musim kemarau tiba, mereka mendapatkan penghasilan tambahan dengan mencari udang di laut kemudian menjual hasilnya. Tidak hanya udang, tapi juga rumput laut dan kerang.

Nah, setiap tahun penduduk setempat memelihara tradisi yang diwariskan dari generasi ke generasi. Namanya Sadranan atau Nyadran. Sebenarnya ada dua tradisi. Nyadran pertama adalah mengunjungi makam. Dan yang kedua adalah mensyukuri pemberian Tuhan dan berharap panen akan berlimpah di masa depan.

Untuk menyambut prosesi adat Nyadran. Penduduk setempat akan mempersiapkan berbagai jenis kebutuhan. Seperti memasak tumpeng yang dilakukan oleh seluruh warga. Tidak hanya tradisi yang dilestarikan di sini, tetapi juga persatuan dan kesatuan. Melihat mereka semua kompak adalah aset yang tak ternilai harganya.

Nasi tumpeng ini dilengkapi dengan beberapa lauk pauk seperti ayam jago, lendang hijau disajikan dalam tampah dan buah-buahan. Selain itu, tumpeng ini dibawa ke laut lalu dilarung.

Prosesi upacara adat ini biasanya berlangsung pada hari Minggu Pahing, menurut perhitungan orang Jawa.

Lihat juga Pantai Banyunibo yang masih dekat dengan Slili.

Slili Beach Inn, Gunung Kidul

Tempat wisata Pantai SliliFoto:

Bagi anda yang sedang mencari penginapan di tempat wisata Pantai Slili tidak perlu ragu dan takut. Ada berbagai macam akomodasi di sini, mulai dari homestay hingga hotel dan vila hingga resor megah, dengan harga dan fasilitas yang dapat dipilih.

Rekomendasinya adalah Jasmine guest house Puri Thalaso dengan tarif kamar antara 150.000 hingga 300.000 rupiah. Ada juga Watu Lawang Adventure Resort. Harganya mencapai 1 juta rupiah per malam. Namun, fasilitas yang Anda terima akan sangat memanjakan Anda.

Ada juga hotel surga, penginapan Shakuntala, dan banyak lagi pilihan akomodasi yang dapat dipilih berdasarkan anggaran Anda.

Pantai Slili atau disebut juga Pantai Watu Lawang merupakan pesona di Yogyakarta yang tidak akan pernah kehilangan panoramanya. Ini bukti bahwa Yogyakarta belum selesai.

Keindahan dan pemandangan inilah yang menjadi alasan banyak wisatawan mengunjungi tempat ini. Jika demikian, apakah Anda? Lalu kapan Anda akan mengunjungi tempat wisata ini?

Source: mytrip123.com

Related Articles

Back to top button