Berita Wisata

12 Tempat Ayunan Terkenal Di Bali

Jakarta

Pulau Bali tidak hanya terkenal dengan pantainya saja. Berbagai wahana menarik bisa kita temukan di Bali diantaranya adalah Bali Swing. Menawarkan sensasi berayun tinggi, Bali Swing menjadi incaran wisatawan domestik maupun mancanegara.

Bagi Anda yang menginginkan keseruan dan tantangan, Bali Swing patut dicoba. Kedua tali ayun ini dilekatkan pada batang pohon atau tiang yang dipasang di tepi bukit. Kemudian para wisatawan terombang-ambing hingga serasa terbang sambil melihat pemandangan alam.

Dan yang terpenting, Anda akan mendapatkan foto-foto yang instagramable dengan background pemandangan hijau, danau dan langit biru. Nah, berikut ini kami ulas beberapa lokasi Bali Swing yang ada di pulau Bali.

Rekomendasi Bali Swing di Bali

Menurut website Pesona Indonesia, indonesia.travel, berikut kami rekomendasikan 12 tempat yang menawarkan wahana Bali Swing yang asyik.

1. Alas Wangi

• Lokasi: Alas Harum berada di Jalan Raya Tegallalang, Gianyar, Bali. Sekitar 25 menit dari pusat Ubud.

• Harga Tiket: Diambil dari laman alasharum.com, harga tiket dibedakan menurut jenis ayunan yang digunakan. Yang pertama adalah ayunan ekstrim dengan ketinggian 15 meter dari permukaan tanah yang umumnya disukai oleh anak-anak dan penderita vertigo. Yang kedua super ekstrim dengan ketinggian 25 meter dari permukaan tanah.

Selain itu, disediakan juga ayunan untuk pasangan yang bisa duduk bersama di ayunan dari ketinggian 20 meter di atas tanah. Sedangkan paket ayunan merupakan kombinasi dari dua ayunan tunggal dan satu pasang ayunan pada lokasi yang sama. Selain itu, ada juga harga khusus untuk layanan tanpa antri.

Biasa:

Rp 150.000 – Ekstrem
Rp 200.000 – Super Ekstrim
Rp 300.000 – Torsi

Ekspres, tidak ada antrian:

Rp 250.000 – Ekstrem
Rp 300.000 – Super Ekstrim
Rp 450.000 – Torsi

Paket ayunan:

Rp 250.000 – 2 ayunan 1 tempat

• Kelebihan: Selain permainan ayunan, Alas Harum juga menawarkan wahana lain, seperti sky bike atau high bike, serta kelelawar buah. Alas Harum juga dikenal dengan kopi luwak premiumnya.

Di sini Anda bisa mengetahui bagaimana kopi luwak diproses sehingga bisa disajikan di kafe. Anda juga dapat membeli kopi luwak berkualitas tinggi dari toko Alas Harum.

2. Aloha Ubud

• Lokasi: Aloha Ubud masih berada di kawasan yang sama dengan Alas Harum, yaitu di Jalan Raya Tegallalang, Gianyar, Bali. Sekitar 20 menit dari pusat Ubud.

• Harga: Menurut website alohaubudswing.com, Aloha Ubud menawarkan beberapa paket mulai dari Ayam Rp.), batu besar dengan pemandangan sawah dan taman kupu-kupu. Berikut rinciannya:

– Paket Rp 400 ribu (fasilitas pokok, tanpa transportasi)
– Paket Rp 500.000 (fasilitas dasar, transportasi dari hotel di sekitar Ubud, minimal 2 orang)
– Paket Rp 600 ribu (fasilitas dasar, transportasi dari Payangan, Pejeng, Sayan, Sanur, Canggu, Seminyak, Kuta, hotel Legian, minimal 2 orang)
– Paket Rp 650 ribu (fasilitas dasar, transportasi dari hotel Nusa Dua, Jimbaran, Benoa, minimal 2 orang)

• Kelebihan: Dilihat dari situs resminya, Aloha Ubud Swing menjanjikan ayunan dengan pemandangan sawah, serta taman kupu-kupu yang spektakuler. Pengunjung juga bisa menyaksikan prosesnya di Perkebunan dan Kedai Kopi Luwak.

3. Pelopor Ayunan Bali

• Lokasi: Bali Swing Pioneer berlokasi di Jalan Dewi Saraswati No. 5, Bongkasa Pertiwi, Kecamatan Abiansemal, Kabupaten Badung, Bali.

• Harga: Menurut laman baliswingpioneer.com, Bali Swing Pioneer menawarkan beberapa paket mulai dari Rp 370.000 hingga Rp 510.000 dengan fasilitas dasar dua ayunan tunggal, 1 ayunan romantis, 1 ayunan tempat tidur, 1 tempat tidur langit, 1 sarang burung dan 1 lubang. Berikut rinciannya:

– Paket Rp 370.000 (fasilitas dasar, transportasi dari hotel di sekitar Ubud, minimal 2 orang)
– Paket Rp 440 ribu (fasilitas dasar, transportasi dari Payangan, Pejeng, Sayan, Sanur, Canggu, Seminyak, Kuta, hotel Legian, minimal 2 orang)
– Paket Rp 510 ribu (fasilitas pokok, transportasi dari hotel Nusa Dua, Jimbaram, Benoa)

Di luar itu, ada juga biaya tambahan sebesar Rp 250.000 jika pengunjung menyewa pakaian. Menyewa fotografer akan dikenakan biaya tambahan sebesar Rp 200.000. Membawa fotografer dari luar juga dikenakan biaya Rp 200.000 lagi.

• Manfaat: Selain fasilitas ayunan yang disebutkan di atas, pengunjung juga dapat mencoba petualangan arung jeram di Sungai Ayung dengan pemandu profesional. Selain itu, ada juga paket naik mobil antik Volkswagen di Air Terjun Tegenungan.

4. Klub Sungai D’tukad

• Lokasi: D’tukad River Club terletak di Desa Wisata Blangsinga, Saba, Kecamatan Blahbatuh, Kabupaten Gianyar, Bali.

• Harga: Ada tiga paket yang bisa dipilih, yaitu Paket Tiket Masuk seharga Rp95.000, Paket Swim and Swing seharga Rp230.000 dan Paket Swim and Swing dengan Makan Siang seharga Rp250.000.

Paket tiket masuk sudah termasuk welcome drink, akses kolam renang, tiket masuk air terjun Blangsinga. Jika Anda memilih paket Swim and Swing, Anda akan mendapatkan fasilitas tambahan swing dan asuransi. Jika Anda memilih paket Swim and Swing dengan makan siang, Anda akan menikmati tambahan restoran a la carte Indonesia dan internasional.

• Kelebihan: Di D’tukad River Club, pengunjung dapat melakukan beberapa sirkuit sekaligus, yaitu berenang, berayun dan menikmati suasana air terjun. Selain itu, pengunjung juga bisa berfoto selfie di sarang burung walet dengan latar belakang sungai.

5. Ayunan Lekaja Bali

• Lokasi: Lekaja Bali Swing terletak di desa wisata Carangsari, Kabupaten Badung, Bali.

• Harga: Di situs Jaringan Desa Wisata Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, jadesta.kemenparekraf.go.id, disebutkan harga paket wisata Lekaja Bali Swing mulai dari Rp 250.000.

• Kelebihan: Di sini pengunjung dapat memilih ketinggian ayunan antara 10 meter hingga 15 meter. Selain ayunan, Lekaja juga menawarkan aktivitas seru lainnya, seperti arung jeram dan flying fox. Lokasinya berada di desa wisata bersejarah, sehingga pengunjung juga bisa menikmati wisata sejarah, wisata spiritual, dan seni budaya.

6. Bass Atayana

• Lokasi: BAS De Atayana terletak di Jalan Raya Tampaksiring – Kintamani, Banjar Sribatu, Penglumbaran, Susut, Kabupaten Bangli, Bali.

• Harga: Masuk ke area BAS De Atayana gratis. Namun jika mencoba wahana ayunan di BAS De Atayana, pengunjung dikenakan tiket dengan harga Rp 150 ribu.

• Manfaat: Selain memberikan pemandangan alam, pengguna wahana Swing in Love akan mengayunkan ayunan berbentuk hati yang besar. Selain Swing in Love, pengunjung bisa berfoto di Tower in Love, Air Terjun Cinta, dan Sarang Burung.

Di BAS De Atayana, pengunjung juga dapat menikmati objek agrowisata yang menghasilkan kopi dan rempah-rempah. Tidak ada biaya tambahan jika pengunjung ingin berjalan-jalan di sekitar kebun kopi dan mencoba kopi.

7. Ayunan Kolam Renang Dek Sungai

• Lokasi: Terrace River Pool Swing terletak di Jalan Raya Tegallalang, Kabupaten Gianyar, Bali.

• Harga: Ada tiga pilihan harga untuk mendapatkan pengaturan ayunan ekstrim. Pertama, ayunan ekstrim, yaitu ayunan di ketinggian 45 meter dengan harga Rp 125 ribu. Kedua, ayunan pasangan, yaitu ayunan bersama di ketinggian 45 meter dengan biaya Rp 250.000 atau Rp 125.000 per orang. Yang ketiga adalah ayunan super ekstrim yaitu ayunan di ketinggian 60 meter dengan harga Rp 150 ribu.

• Keuntungan: Di menara ayunan, pengunjung memiliki kesempatan untuk mengayun sebanyak 15 kali. Selain itu, pengunjung dapat minum air mineral, teh atau kopi dan berfoto di enam sarang burung raksasa.

8. Uma Pakel

• Lokasi: Agrowisata dan Ayunan Uma Pakel terletak di Jalan Raya Tegallalang, Kabupaten Gianyar, Bali.

• Harga: Untuk bisa naik ayunan ini pengunjung dikenakan biaya Rp 150.000.

• Manfaat: Seperti agrowisata lainnya di Gianyar, Uma Pakel juga menawarkan wisata perkebunan kopi dengan wahana ayunan dan spot foto sarang burung walet. Selain itu, pengunjung juga bisa menikmati tujuh jenis kopi secara gratis, kecuali kopi luwak.

9. Bukit Tersembunyi Wanagiri

• Lokasi: Wanagiri Hidden Hill terletak di Jalan Munduk-Wanagiri, Wanagiri, Sukasada, Pancasari, Kecamatan Sukasada, Kabupaten Buleleng, Bali.

• Harga: Pengunjung bisa masuk ke Wanagiri Hidden Hill secara gratis. Namun, setiap spot foto seperti ayunan, sarang burung dan lain-lain dikenakan biaya antara Rp 40.000 hingga Rp 60.000 per orang.

• Kelebihan: Wahana ayunan di Wanagiri cukup berbeda dengan yang ada di Gianyar. Di sini, wahana ayunan menawarkan pemandangan Danau Buyan dan Danau Tamblingan yang dikelilingi hutan. Selain ayunan dan sarang burung, ada beberapa spot foto menarik, seperti haluan kapal, rumah pohon, dan Menara Eiffel.

10. Penampungan Zen

• Lokasi: Zen Hideaway terletak di Jalan Dewi Saraswati, Banjar Tegalkuning, Bongkasa Pertiwi, Abiansemal, Kabupaten Badung, Bali, kurang lebih 30 menit dari Ubud.

• Harga: Saat memasuki area Zen Hideaway, pengunjung akan dikenakan biaya sekitar Rp 250.000.

• Manfaat: Saat berayun di Zen Hideaway, pengunjung akan mendapatkan pengalaman seru serta pemandangan alam Gunung Agung, Sungai Ayung, air terjun kecil, dan persawahan yang hijau.

11. Ayunan Teras Sawah Tegalalang

• Lokasi: Ayunan Teras Sawah Tegalalang terletak di Desa Tegalalang, Ubud, Gianyar, Bali.

• Harga: Untuk menikmati ayunan di Tegalalang Swing, pengunjung dikenakan biaya Rp 150.000 per orang.

• Kelebihan : Seperti halnya wisata Bali Swing di Gianyar, ayunan ini juga menghadirkan tantangan sekaligus panorama persawahan yang indah. Dengan jepretan yang tepat, foto Anda akan menarik.

12. Sidemen Bali Swing

• Lokasi: Sidemen Bali Swing terletak di Bali Selatan, tepatnya di Desa Sidemen, Kabupaten Karangasem, Bali.

• Harga: Wisatawan akan dikenakan biaya USD 35 atau sekitar Rp 525.000 dengan asumsi kurs Rp 15.000 per dolar. Biaya ini termasuk ayunan, minuman selamat datang, makan, dan beberapa fasilitas tambahan.

• Kelebihan: Lokasi berada di desa wisata, sehingga pengunjung dapat menikmati wisata baik seni maupun budaya. Daerah ini menghasilkan kain songket dan endek yang merupakan kain tradisional lokal.

Nah itulah 12 tempat wisata Bali Swing yang ada di beberapa daerah di Bali. Mau piknik kemana?

Tonton video “Sensasi Makan Raos Pisaan Euy, Dapur Istana Cimahi”
[Gambas:Video 20detik]
(teluk/baris)

Source: news.google.com

Related Articles

Back to top button