Berita Wisata

12 Tempat Wisata di Jawa Barat yang Menakjubkan dan Wajib Dikunjungi

Merdeka.com – Tempat wisata Jawa Barat menawarkan banyak pilihan menarik mulai dari pegunungan hingga pantai yang indah. Panorama alamnya memanjakan mata dan cocok untuk menghibur hati saat penat bersama keluarga, sahabat atau pasangan.

Ada banyak pilihan yang bisa dikunjungi mulai dari air terjun, danau, kebun raya, taman bunga, taman safari, gunung, pantai, hingga tempat-tempat yang penuh legenda seperti Tangkuban Perahu.

taboola di tengah artikel

Tempat wisata di Jawa Barat tersebar di berbagai daerah, sehingga Anda tidak perlu khawatir jika hanya mengunjungi beberapa kota di Jawa Barat. Merdeka.com merangkum berikut kumpulan tempat wisata di Jawa Barat yang wajib dikunjungi:

2 dari 3 halaman

Kebun Raya Cibodas

cibode

© Instagram/indonesia_archipelago

Kebun Raya Cibodas merupakan salah satu tempat wisata favorit di Jawa Barat dan sudah terkenal cukup lama. Taman ini terletak di Sindang Laya, Cipanas, Cianjur. Daya tarik utama Kebun Raya Cibodas adalah pohon sakura yang ditanam di kebun ini sejak tahun 1971.

Waktu yang tepat untuk mengunjungi Kebun Raya Cibodas adalah sekitar bulan Januari-Februari dan Juli-Agustus. Selama bulan-bulan tersebut, pengunjung akan disuguhi indahnya bunga sakura yang bermekaran di Kebun Raya Cibodas.

Selain itu, pengunjung juga dapat menikmati indahnya pemandangan Gunung Gede-Pangrango dari taman ini.

Istana Cipanas

istana cipanas di cipanas

©2019Google Maps

Saat mengunjungi tempat wisata di Jawa Barat, Anda bisa singgah dan mengagumi keindahan Istana Kepresidenan Cipanas. Istana ini terletak di Desa Cipanas, Kecamatan Pacet, Kabupaten Cianjur, sekitar 20 km dari Kota Kabupaten Cianjur atau 103 km dari Kabupaten Cianjur. Jakarta.

Istana ini didirikan pada tahun 1740 oleh seorang pemilik Belanda bernama Van Heots.

Istana ini dikelilingi oleh hutan atau taman yang dipenuhi dengan berbagai tanaman. Taman hijau yang rimbun dan segarnya udara pegunungan menjadikan keraton ini sebagai tempat peristirahatan dan persinggahan favorit sejak zaman Hindia Belanda.

Taman Bunga Nusantara

Jika Anda ingin menghabiskan waktu bersama keluarga, Anda bisa mengunjungi tempat wisata di Jawa Barat ini. Taman Bunga Nusantara terletak di Jl. Mariwati No. KM. 7, Kawungluwuk, Kec. Sukaresmi, Kabupaten Cianjur, Jawa Barat.

Di taman ini, Anda bisa menikmati keindahan berbagai jenis tanaman dan bunga dari berbagai daerah di Indonesia. Taman ini juga ditata secara tematis dimana pohon-pohon ditata menyerupai patung yang menambah daya tarik dan keindahan Taman Bunga Nusantara.

gunung galunggung


Gunung Galunggung merupakan tempat wisata di Jawa Barat yang sering menjadi tujuan utama para wisatawan. Gunung berapi aktif ini memiliki ketinggian 2.167 meter di atas permukaan laut.Pengunjung dapat merasakan udara yang sangat sejuk dan mengunjungi objek wisata alam lainnya di kawasan Gunung Galunggung, seperti Kawah Hijau, pemandian air panas, pos pengamatan, hingga Curug Agung.

Kawah hijau indah Galunggung terletak di bawah tebing dan dapat dicapai dengan menaiki 620 anak tangga. Pengunjung bisa menikmati pemandian air panas yang mengandung belerang sambil mengagumi pemandangan yang indah.

3 dari 3 halaman

Air Terjun Panatean


Curug Panetan juga dikenal dengan sebutan Curug Leuwi oleh warga sekitar yang artinya cekungan. Curug Paneteen memiliki banyak kolam yang berbentuk kolam bertingkat. Lokasinya tersembunyi di desa Pangliaran, Pancatengah, kota Tasikmalaya.

Kolam Curug Panetan tidak terlalu dalam dan airnya jernih. Pengunjung bisa berenang untuk merasakan sensasi air yang menyegarkan, berfoto-foto, atau sekedar bersantai dan merasakan kesejukan alam. Untuk memasuki Curug Paneteen, pengunjung tidak akan dikenakan biaya tiket masuk. Namun, pengunjung yang datang dengan kendaraan akan dikenakan biaya parkir.

Lembah Hijau Citumang


Citumang adalah sungai yang membelah hutan dengan aliran sedang menuju gua. Tempat wisata di Jawa Barat ini akan sangat indah, karena terdapat tumbuhan hutan yang indah dan menawan, selain kejernihan air Sungai Citumang juga menjadi daya tarik tersendiri bagi wisatawan. Wisata Pangandaran merupakan kawasan arung jeram dan arung jeram, sehingga sangat cocok dikunjungi oleh anda yang menyukai kegiatan yang memacu adrenalin.

Cukang Taneuh (ngarai hijau)

Tempat wisata Jawa Barat yang sangat populer dan diminati oleh semua orang adalah Cukang Taneuh atau yang juga dikenal dengan Green Canyon. Tempat yang terletak di Desa Kertayasa, Kecamatan Cijulang, Kabupaten Pangandaran ini berbentuk seperti ngarai yang terjadi akibat erosi tanah.

Erosi ini disebabkan oleh aliran Sungai Cijulang selama jutaan tahun, kemudian masuk ke dalam gua dengan stalaktit dan stalagmit. Pemandangan dan suasana yang kami temukan di sana membuat tempat wisata ini tidak pernah sepi pengunjung. Tempat wisata ini juga diapit oleh dua bukit dengan bebatuan dan pepohonan yang rimbun.

Wisata Taman Nasional Gunung Ciremai Kuningan

Gunung ini dikenal sebagai gunung tertinggi di Jawa Barat dengan ketinggian 3.078 mdpl. Gunung ini merupakan salah satu tempat wisata di Jawa Barat yang selalu menghebohkan, menjadi gunung primadona pulau Jawa. Medan pendakian yang terkenal menanjak dan terjal ini terbilang unik karena memacu adrenalin dan menguras tenaga jika ingin mendaki ke puncak.

Jika Anda ingin mendaki yang alami dan selalu hits di sirkuit Kuningan Jawa Barat, Anda akan melewati beberapa daerah yang berbeda. Dari perkebunan rakyat, hutan pinus, hutan pegunungan rendah dan tinggi dengan pepohonan yang cukup tinggi, hutan dataran tinggi yang ditumbuhi semak belukar termasuk bunga edelweis, hingga kawasan tanpa tanaman di dekat puncak membuat petualangan ke Gunung Ciremai semakin menarik.

kebun Raya Bogor

Tempat wisata di Jawa Barat yang bertemakan alam, selanjutnya adalah Kebun Raya Bogor. Di sini, pengunjung bisa berjalan-jalan di sekitar taman seluas 87 hektar ini. Sambil jalan-jalan, pengunjung bisa mengapresiasi dan menemukan berbagai koleksi flora di taman ini. Taman ini memiliki sekitar 15.000 koleksi tanaman dari berbagai jenis.

Selain itu, ada berbagai lokasi wisata menarik lainnya yang bisa Anda kunjungi di Kebun Raya Bogor mulai dari Monumen Lady Raffles, Danau Gunting, Patung Little Mermaid, Makam Belanda Kuno, Taman dan Monumen Teijsman, dari Museum Zoologi hingga Anggrek Grya. Keindahan dan rindangnya pepohonan di Kebun Raya Bogor, ditambah dengan segarnya udara pegunungan yang sejuk membuat pengunjung betah berlama-lama di sini.

Pantai Jayanti

Pantai Jayanti merupakan salah satu tempat wisata di Jawa Barat yang menawarkan pemandangan pantai yang indah. Tempat wisata ini terletak di Cianjur, Jawa Barat. Di sini, pengunjung akan disuguhi pesona Laut Jawa Selatan yang terkenal dengan ombaknya yang besar. Pantai ini juga merupakan pelabuhan tradisional yang menjadi tempat berlabuhnya nelayan setempat.

perahu tangkouban

Tempat wisata bertema alam di Jawa Barat selanjutnya adalah Tangkuban Perahu. Tangkuban Perahu terkenal dengan mitos atau legendanya. Di sini Anda bisa menikmati pesona kawah gunung berapi Gunung Tangkuban Perahu. Ada tiga kawah di kawasan ini, yaitu Kawah Ratu, Kawah Upas dan Kawah Domas.

taman safari indonesia

Taman Safari merupakan tempat wisata yang sangat populer di Jawa Barat dan menjadi kebanggaan Indonesia. Di sini, pengunjung bisa berkeliling menggunakan mobil pribadi atau bus yang disediakan oleh pengelola taman Safari. Pengunjung bisa langsung berinteraksi dengan segala jenis hewan dengan memberi mereka makan. Taman Safari berada di Jl. Puncak Raya No. 601, Cibeureum, Cisarua, Kabupaten Bogor, Jawa Barat.

Source: news.google.com

Related Articles

Back to top button