Berita Wisata

12 tempat wisata favorit di Riau untuk liburan tahun 2022

TIMESINDONESIA, RIAU – Bingung menentukan hari libur di akhir tahun 2022? Jangan khawatir, ada 12 rekomendasi tempat wisata favorit di Riau yang pasti cocok untuk liburan.

Tidak ada salahnya jika kita mengunjungi bersama keluarga, orang tersayang atau orang tersayang tempat-tempat tersebut beberapa di antaranya sudah sangat terkenal dan sudah menjadi destinasi wisata nasional. Memang, beberapa lokasi wisata penuh dengan tantangan dan membutuhkan keahlian khusus.

Tingkat kunjungan wisatawan ke tempat wisata favorit Riau juga cukup tinggi. Selain lokasinya yang menarik untuk dikunjungi, biaya akomodasi relatif terjangkau dan hemat biaya, terutama bagi wisatawan lokal.

Lantas apa saja 12 tempat wisata favorit di Riau yang sangat perlu Anda kunjungi?

1. Pantai Rupat

Pantai-Rupat.jpgPantai Rupat. (Foto: Provinsi Riau)

Sebagai wisata alam, Pantai Rupat menjadi tujuan wisata favorit di musim liburan saat ini. Pantai ini merupakan salah satu pantai terbaik dan menjadi salah satu tujuan wisata yang diburu masyarakat Riau. Apalagi keberadaan wisata tepi laut cukup langka di Riau. Tidak ada salahnya mampir ke Pantai Rupat saat berada di kawasan Bengkalis. Yang tidak boleh dilewatkan adalah penyeberangan Bank Aceh, sebuah pulau kecil yang eksotik. Selain lebih putih di pantainya, pantai Beting Aceh memiliki keistimewaan yaitu pasir di pantainya mengeluarkan bunyi saat digeser. Oleh karena itu, pantai ini juga dikenal sebagai Pantai Berbisik.

2. Gelombang Bono

Ombak-Bono.jpgGelombang Bono (Foto: Riau.go.id)

Wisata alam lain yang menjadi destinasi favorit di Riau adalah Ombak Bono. Bagi yang suka berselancar di air, ombak Bono menjadi tantangan baru bagi para peselancar. Selain itu, tempat wisata ini merupakan tempat surfing terbaik di dunia. Menariknya, ombak biasanya terjadi di pantai, namun di lokasi ini, ombak Bono merupakan fenomena alam yang terjadi di Sungai Kampar. Gelombang akan bergerak dari muara Sungai Kampar dan berlanjut sejauh 60 km ke arah hulu desa Teluk Meranti.

3. Istana Siak

Istana-Siak.jpgIstana Siak (Foto: Riau.go.id)

Salah satu daya tarik Siak adalah Istana Siak. Sebagai wisata sejarah, kompleks wisata Istana Siak memiliki banyak tempat wisata lain di dekatnya. Saat liburan, banyak orang yang menghabiskan waktunya di tempat wisata ini. Istana Siak selalu ramai dikunjungi wisatawan, terutama saat hari libur. Setiap hari pengunjung akan melimpah dari masyarakat setempat maupun dari luar daerah. Selain itu, jika wisata sungai dibuka dengan menggunakan perahu dan perahu yang disediakan pihak pengelola, wisatawan akan betah melihat pemandangan Sungai Siak.

4. Lubuk Bigau Batang Kapas, air terjun tertinggi di Riau

Air terjun-yang-tertinggi-riau.jpgLubuk Bigau Batang Kapas (Foto: Riau.go.id)

Riau memiliki air terjun tertinggi nomor 5 di Indonesia dan nomor 3 di Sumatera yaitu air terjun Batang Kapas, meskipun terkenal sebagai daerah sebagian di pesisir laut dan agak datar dengan tanah gambut. Wisata air terjun ini terletak di desa Lubuk Bigau, Kampir Kiri. Untuk mencapainya, Anda harus memiliki kekuatan untuk mendaki dan Anda harus tinggal di tempat yang telah menyediakan tempat tidur terpanjang di dunia.

5. Candi Muara Takus

Candi-Muara-Takus.jpgCandi Muara Takus (Foto: Museum Nusantara)

Dalam kegiatan wisata sejarah Riau, candi Muara Takus yang terletak di Kabupaten Kampar dapat dijadikan sebagai tujuan wisata saat musim liburan. Lokasi candi ini berdekatan dengan Sungai Kampar dan tidak jauh dari pusat kota Pekanbaru. Warga Kota Pekanbaru menjadikannya alternatif kunjungan sebagai satu-satunya candi di Riau.

6. Taman Nasional Teso Nilo

Teso-Nilo-National-Park.jpgTaman Nasional Teso Nilo (Foto: Antara)

Sebagai wisata alam dan wisata minat khusus, Taman Nasional Teso Nilo yang terletak di Pelalawan banyak dikunjungi wisatawan liburan. Berbagai pemandangan flora dan fauna langka di hutan wisata ini menjadi tempat menginap para wisatawan. Tak heran jika Taman Nasional Teso Nilo juga memiliki banyak pohon sialang untuk lebah madu.

7. Bukit Suligi 812 mdpl

Suligi-Bukit-812-mdpl.jpgBukit Suligi 812 mdpl (Foto: Dinas Pariwisata Riau)

Tempat wisata ini terletak di Desa Aliantan, Kecamatan Kabun, Rokan Hulu Riau. Bukit Suligi 812 m dpl masuk dalam daftar wisata yang paling banyak dikunjungi wisatawan saat liburan. Ada jalur pendakian dan Anda harus berkemah di sana, yang menjadikan wisata alam ini salah satu wisata petualangan. Indahnya awan yang mengapung di ketinggian 812 mdpl bisa dinikmati pengunjung. Kemunculan awan ini hanya terlihat mulai pukul 06:00 WIB hingga 09:00 WIB. Karena itu, untuk bisa menikmatinya, pengunjung harus tetap diam.

8. Wisata Okura Dakwah

Okura.jpgWisata Dakwah Okura (pariwisata.pekanbaru.go.id)

Tempat wisata minat khusus di pinggiran kota Pekanbaru ini menjadi tempat menarik bagi wisatawan. Di Okura Da’wah Tour, wisatawan dapat menikmati menunggang kuda, memanah, dll. Letaknya yang tidak begitu jauh dari pusat kota Pekanbaru dan suasana alamnya yang sejuk membuat wisatawan betah berlama-lama di wisata Okura Da’wah. Tak heran, tempat ini dipadati wisatawan saat liburan.

9. Danau Raja

Lac-Roi.jpgDanau Raja (Foto: Pemerintah Provinsi Ruai)

Berada di pusat kota Rengat, Danau Raja bisa dikatakan menjadi salah satu favorit kunjungan warga Inhu. Wisatawan dari berbagai usia dari pagi hingga malam mengunjungi tempat-tempat tersebut, terutama pada hari raya Idul Fitri. Lokasinya yang persis di pinggir jalan di pintu masuk kota Rengat dan tersedianya fasilitas penginapan yang memadai menjadi daya tarik tersendiri. Telaga ini bebas untuk dikunjungi sebagai bagian dari taman kota, juga terdapat banyak fasilitas bermain anak dan kuliner yang berjejer di sepanjang tepian telaga.

10. Desa Wisata Bokor

Sungai-Bokor.jpgDesa Wisata Bokor (Foto: Destinasi Riau)

Wisata budaya yang terletak di Kabupaten Kepulauan Meranti ini memiliki banyak keunikan budaya dan pemandangan alam. Aktivitas di tepi pantai Desa Wisata Bokor biasanya menjadi alasan wisatawan datang ke tempat wisata ini. Berbagai hiburan dan tradisi yang menggugah minat banyak pengunjung biasanya berlangsung saat musim reuni seperti saat ini.

11. Desa Sentajo

Desa-Sentajo.jpgDesa Sentajo (Foto: doni, Fadli. Dinas Pariwisata Riau)

Wisata desa yang menjadi tempat wisata favorit lainnya adalah Desa Sentajo di Kabupaten Kuantan Singingi. Berbagai pertunjukan wisata budaya juga layak disaksikan di desa ini. Obyek wisata ini juga masuk dalam daftar tempat wisata menarik untuk dikunjungi di Riau selain wisata perahu Baganduang Taluk Kuantan.

12. Perang Klan

Warring-Puak.jpgPerang Puak (Foto: Destinasi Wisata)

Puak Warden menjadi tempat wisata favorit di Riau karena pemandangan alamnya yang sejuk dan dingin bisa dinikmati pengunjung. Sebagai tempat wisata alam yang menarik di musim panas, tempat ini banyak ditumbuhi pepohonan tropis. Kebahagiaan pengunjung di lokasi semakin lengkap karena berkesempatan menikmati buah durian Pelintung. Jangan lupa juga ke Bandar Bakau yang merupakan tempat wisata alam di Dumai lainnya yang juga merupakan tempat penyimpanan Mangrove Kota Dumai.

Inilah destinasi wisata di Riau. Tidak ada salahnya mengunjungi tempat-tempat populer di atas dan tempat wisata di sekitarnya untuk mengisi waktu liburan yang tersisa. Silahkan coba kunjungi 12 tempat wisata favorit di Riau diatas.

**) Ikuti berita terbaru KALI Indonesia di berita Google

Klik link ini dan jangan lupa follow.

Source: news.google.com

Related Articles

Back to top button