Berita Wisata

12 Wisata Alam Yogyakarta yang Terkenal, Dari Air Terjun Hingga Pantai

9. Air Terjun Tlogo Muncar, Sleman

Tempat wisata alam Yogyakarta ini terletak di kawasan Kaliurang, tepatnya di Jalan Tlogo Putri, Hargobinangun, Pakem, Sleman, DIY. Sumber air terjun ini berasal dari lereng bukit Plawangan, Gunung Merapi. Daerah sekitar air terjun sangat sejuk dengan udara yang bersih.

10. Air Terjun Kedung Kandang, Gunungkidul

Tempat wisata alam di Yogyakarta selanjutnya adalah Air Terjun Kedung Kandang. Lokasinya berada di sisi selatan Nglanggeran. Air terjun ini mengalir di atas batuan vulkanik yang sekilas terlihat seperti tangga raksasa. Musim hujan adalah waktu yang tepat untuk mengunjungi Air Terjun Kedung Kandang karena aliran air akan hilang saat puncak musim kemarau.

11. Air Terjun Luweng Sampang, Gunungkidul

Tempat wisata alam di Yogyakarta selanjutnya adalah Air Terjun Luweng Sampang. Air Terjun Luweng Sampang terletak di Jalan Juminahan, Sampang, Kecamatan Gedangsari, Kabupaten Gunungkidul. Air terjun ini cukup unik, karena air terjunnya dihiasi bebatuan putih sehingga kontras dengan air terjun yang jernih.

Apalagi batuan ini juga memiliki garis-garis unik yang terbentuk secara alami akibat erosi akibat aliran air. Air Terjun Luweng Sampang diapit oleh dua tebing batu yang memberikan keindahan alam yang eksotis.

Wisatawan juga bisa duduk sambil menikmati pemandangan dari atas bebatuan. Waktu terbaik untuk mengunjungi Air Terjun Luweng Sampang adalah saat musim hujan karena debit airnya cukup besar. Sebaliknya, pada musim kemarau, air surut.

12. Grojogan Sewu, Kulon Progo

Tempat wisata alam di Yogyakarta selanjutnya adalah Grojogan Sewu. Grojogan Sewu terletak di kawasan Perbukitan Menoreh. Tepatnya di Jatimulyo, Girimulyo, Kulon Progo. Grojogan Sewu memiliki banyak jebakan atau tingkatan, sehingga disebut Grojogan Sewu.

Air terjun ini memiliki pemandangan yang eksotis karena masih sangat alami. Suara tongkat menggemakan gemuruh air terjun. Namun, jalan menuju lokasi air terjun cukup curam, sehingga pengunjung harus berhati-hati.

Source: news.google.com

Related Articles

Back to top button