Berita Wisata

13 Galeri Seni di Jogja yang Wajib Dikunjungi Pecinta Pameran

jogja

Selain memiliki wisata alam dan kuliner yang membuat ketagihan, Jogja juga sangat erat dengan budayanya sehingga memiliki sejumlah galeri seni yang kerap mengadakan pameran.

Berbagai kegiatan menarik kerap dilakukan di berbagai sanggar seni ini, mulai dari acara budaya, pameran karya seniman Jogja, dll. Bahkan, beberapa sanggar seni di Jogja juga menyelenggarakan kegiatan bulanan atau tahunan yang tidak pernah sepi pengunjung.

Untuk itu, deretan galeri seni ini juga bisa menjadi pilihan destinasi wisata, khususnya bagi para pecinta seni. Nah berikut beberapa galeri seni di Jogja yang layak dikunjungi saat liburan di Kota Gudeg.

1. Taman Budaya Yogyakarta

Taman Budaya Yogyakarta atau Galeri Seni TBY adalah salah satu galeri seni paling populer di Jogja. Di TBY sering mengadakan kegiatan seni tahunan seperti Pasar Kangen yang biasanya ada pentas seni, menjual jajanan jadul, dll.

TBY terletak di zona nol kilometer Jogja, tepatnya di Jalan Sriwedani no. 1, Kupas, Gondomanan, Jogja.

Mengutip dari situs resmi, tby.jogjaprov.go.id, sebelumnya pada tahun 1977, TBY ini berlokasi di kawasan kampus Universitas Gadjah Mada (UGM) sebagai ‘Purna Budaya’. Namun seiring berjalannya waktu, gedung yang tadinya digunakan untuk Full Culture ini kembali dikelola oleh UGM untuk kegiatan kemahasiswaan.

2. Ruang Seni Pendhapa

Mengutip dari situs resmi, pendhapaartspace.comPendhapa Art Space atau yang lebih dikenal dengan PAS awalnya merupakan perluasan bangunan untuk proses kreatif Studio Satiaji Sculpture & Artwork of Dunadi (pematung).

Pendhapa Art Space mulai dibangun secara bertahap dan dirancang sendiri pada tahun 2006 oleh Dunadi (perupa tiga dimensi dan pemilik PAS). Awalnya, Pendhapa Art Space bernama Pendopo Sapto Aji dan merupakan gedung serbaguna yang dibuka untuk umum pada tahun 2011 dan kemudian berubah menjadi ruang seni pada tahun 2013. Pada tahun 2015 mulai meluncurkan program seni mandiri bernama STARTUP.

Pada tahun 2016, PAS selanjutnya didaftarkan sebagai badan usaha mandiri yang bergerak di bidang seni dan budaya. Di PAS juga sering diadakan program seni budaya berupa pameran, pentas tari, pentas teater, art talk, dan lain-lain.

Pendhapa Art Space terletak di Jalan Prof. Wirjono Projodikoro (Lingkar Selatan) Tegal Krapyak RT.01, Glugo, Panggungharjo, Sewon, Bantul, Jogja.

3.Museum Nasional Jogja

Museum Nasional Jogja (JNM) juga tak kalah menarik untuk dikunjungi. Mengutip dari situs resmi, jogjanationalmuseum.comJNM merupakan wadah kegiatan seni dan budaya yang kemudian menjadi ruang publik yang berbadan hukum di bawah Yayasan Seni Nusantara Yogyakarta (YYSN), sebuah yayasan nirlaba berbadan hukum yang khusus bergerak di bidang pelestarian dan pengembangan seni dan budaya.

Keberadaan JNM bermula dari kawasan kompleks bekas gedung Akademi Seni Rupa Indonesia (ASRI) dan Fakultas Seni Rupa dan Desain (FSRD) yang merupakan cikal bakal berdirinya Institut Seni Yogyakarta (ISI ) Yogyakarta. Pada tahun 2006, Presiden Yayasan Seni Nusantara Yogyakarta KPH Wironegoro merombak kompleks bangunan ini menjadi JNM.

4. Pewarta Budaya Yogyakarta

Salah satu sanggar seni yang selalu ramai di Jogja adalah Bentara Budaya Yogyakarta, sanggar seni ini terletak di Jalan Suroto No.2, Kotabaru, Gondokusuman, Jogja. Galeri ini biasanya memamerkan karya fotografi dan lukisan.

Agenda tetap Bentara Budaya Yogyakarta adalah mben senen jazz yang diadakan setiap hari Senin.

5. Galeri Jogja

Dikutip dari situs resminya, Jogja Gallery adalah galeri seni rupa di Jogja yang berdiri pada tanggal 19 September 2006 dan diresmikan oleh Sri Sultan Hamengku Buwono X. Jogja Gallery terletak di Jalan Perkapalan No. 7 Alun-alun Utara Jogja. .

Lokasi Galeri Jogja dulunya adalah gedung Teater Suboharsono yang dibangun pada tahun 1929. Galeri Jogja digunakan untuk berbagai acara, seperti pameran lukisan, karya seni, pemutaran film dan berbagai acara budaya lainnya.

6. Rumah Budaya Tembi

Tembi Rumah Budaya merupakan hostel yang juga memiliki museum yang menyimpan berbagai hal yang berkaitan dengan budaya Jawa. Dikutip dari situs resmi tembirumah Budaya.com, pada hari-hari tertentu Tembi Rumah Budaya kerap menggelar pertunjukan wayang dan macapatan.

Selain itu ada pula Perpustakaan Tembi yang mengoleksi sekitar 5000 manuskrip dan buku-buku tentang Jawa dan Museum Rumah Budaya Tembi yang menjadi tempat menyimpan dokumentasi sekaligus memberikan informasi tentang sejarah dan budaya Jawa serta koleksi ratusan keris.

7. Ruang Seni Sangkring

Dikutip dari sangkringart.com, Sangkring Art Space (SAS) merupakan galeri seni yang dirancang sesuai standar internasional. Sangkring Art Space diresmikan pada 31 Maret 2007. Galeri ini menyelenggarakan pameran seni, seperti lukisan, patung, dan instalasi seni.

SAS berlokasi di Jalan Nitiprayan, No.88, RT.01/RW.20, Sanggrahan, Ngestiharjo, Kasihan, Bantul, Jogja.

8. Rumah Seni Cemeti

Dikutip dari cemeti.art, Rumah Seni Cemeti terletak di Jalan DI Panjaitan 41 Jogja. Galeri Rumah Seni Cemeti atau Rumah Snei Cemeti didirikan pada tahun 1998 oleh Nindityo Adipurnomo dan Mella Jaarsma.

Setiap tahun, Rumah Seni Cemeti menyelenggarakan pameran, seperti pameran tunggal dan kelompok, pertunjukan, talkshow, presentasi program residensi dan artist talk yang melibatkan seniman, sastrawan, penggiat seni, kurator dan pengelola, di dalam dan luar negeri.

9. Yayasan Kesenian Langgeng

Dikutip dari repository ISI Yogyakarta bertajuk Reformasi Interior Langgeng Art Foundation (LAF) Yogyakarta, LAF merupakan lembaga seni rupa kontemporer yang memfasilitasi berbagai jenis seni rupa, khususnya bagi perkembangan seni rupa kontemporer Indonesia.

LAF terletak di Jalan Suryodiningratan No.37, Suryodiningratan, Mantrijeron, Jogja.

10. Kolektif Rumah Ace

Dikutip dari ACICIS Study Indonesia, Ace House Collective merupakan hasil kolaborasi antara seniman dan komunitas serta jejaringnya dalam mengelola ruang sebagai laboratorium seni budaya bagi anak muda. Ace House Collective berlokasi di Jl.Mangkuyudan No.41, Mantrijeron, Mantrijeron, Jogja.

Galeri seni ini didirikan pada tahun 2011 dengan swadana, komunitas ini berupaya untuk mendukung dan mengembangkan potensi dan kontribusi pada praktik artistik saat ini dengan menawarkan platform untuk produksi, dialog dan kolaborasi melalui forum pertemuan dan pertukaran, baik lokal maupun internasional.

11. Ruang di Rumah Seni

Dikutip dari laman ruangdalamarthouse.com, Ruang Dalam Art House merupakan sebuah ruang seni yang memiliki visi sebagai ruang inkubator dalam memperkenalkan dan menampilkan karya seni para seniman dan karyanya.

12. Forum Kedai Kebun

Dikutip dari tokokebun.com, Kedai Kebun Forum (KKF) merupakan alternatif ruang seni di Yogyakarta yang dikelola secara mandiri oleh para seniman yang terdiri dari galeri, ruang pertunjukan, toko buku, dan restoran.

KKF adalah komunitas kecil yang didirikan untuk belajar dan meneliti, mengembangkan kepekaan terhadap setiap gejala perubahan sosial, melalui kesenian.

13. Galeri Gajah

Dikutip dari elephantgallery.com, sejak 1996 Gajah Gallery telah menjadi badan perintis di kancah seni Asia Tenggara, mewakili portofolio seniman terkemuka di kawasan ini dan melibatkan bakat-bakat baru di dunia seni kontemporer saat ini.

Gajah Gallery mengoperasikan platform kolaborasi dan rumah pameran yang berkembang pesat di Jogja. Masing-masing ruang ini diisi dengan suasana yang unik, yang mengundang interaksi antara estetika kontemporer dan wacana kritis.

Gajah Gallery terletak di Jalan Keloran No.6, Senggotan, Tirtonirmolo, Kasihan, Bantul, Jogja.

(rih/ahr)

Source: news.google.com

Related Articles

Back to top button