Berita Wisata

13 Tempat Renewal Nyaman di Bogor untuk Menghabiskan Akhir Pekan

Jakarta

Memasuki akhir pekan, warga Jakarta biasanya menghabiskan waktu dengan jalan-jalan keliling kota atau memilih bersantai di rumah. Namun, bagi detikers yang ingin berobat karena penat, bisa datang ke Bogor untuk berobat.

Dengan melakukan penyembuhan di tempat-tempat indah di luar kota, diyakini mood akan kembali baik dan stres pun bisa terobati. Oleh karena itu, banyak warga Jakarta yang menghabiskan waktu di akhir pekan untuk meremajakan diri.

Di Bogor, ada sejumlah tempat peremajaan nyaman yang cocok untuk menghabiskan waktu di akhir pekan. Agar tidak penasaran, yuk simak rekomendasi tempat isi ulang di Bogor pada artikel kali ini.

PUBLISITAS

Gulir untuk melanjutkan konten

13 tempat penyembuhan di Bogor

Apakah detikers menginginkan penyembuhan? Tidak perlu jauh-jauh, di Bogor banyak tempat untuk bersantai, nyaman dan tenang. Berikut ini detikTravel rangkum 13 tempat peremajaan di Bogor yang nyaman untuk menghabiskan akhir pekan.

1. Riam Malaikat

Air Terjun Bidadari atau yang juga dikenal dengan Curug Bojong Koneng merupakan tempat penyembuhan yang nyaman di Bogor. Penduduk setempat menamai air terjun Bidadari karena dianggap sebagai tempat pemandian bidadari, karena suara perempuan sering terdengar bahkan saat diperiksa tidak ada orang.

Dibalik sejarahnya, air terjun Bidadari menawarkan pemandangan alam yang sangat indah. Selain menikmati air terjun, detikers juga bisa menjajal berbagai fasilitas lain seperti kolam ombak dan kolam malas.

Air Terjun Bidadari terletak di Jalan Sentul Paradise Park, Kecamatan Babakan Madang, Kabupaten Bogor. Jam buka hari kerja 08:00-17:00 WIB, lalu akhir pekan 07:30-18:30 WIB. Harga tiket masuknya Rp 30.000 (weekdays) dan Rp 40.000 (weekend).

2. Air Terjun Leuwi Hejo

Rekomendasi tempat penyembuhan di Bogor selanjutnya adalah Curug Leuwi Hejo. Seperti namanya, di air terjun ini detikers bisa melihat air jernih berwarna kehijauan, kemudian karena kondisi tersebut air terjun ini sering disebut dengan Green Canyon Bogor.

Air Terjun Leuwi Hejo terletak di Desa Wangan Cileungsi, Karang Tengah, Babakan Madang, Kabupaten Bogor. Air terjun ini buka setiap hari mulai pukul 08:00 hingga 17:00 WIB. Harga tiket masuknya adalah Rp 15.000.

3.Kampoeng Koneng

Kampoeng Koneng merupakan tempat makan yang menyajikan masakan khas desa. Selain itu, di tempat ini detikers juga bisa menikmati udara segar dan asri karena letaknya yang berada di dekat pegunungan, cocok untuk kamu yang ingin makan sambil berobat.

Kampoeng Koneng terletak di Jalan Tapos Bojong Koneng, Sentul Selatan, Bogor, Jawa Barat. Lokasi ini buka mulai pukul 09.00 hingga 17.00 WIB (Senin hingga Jumat) dan mulai pukul 09.00 hingga 19.00 WIB (Sabtu hingga Minggu).

4. Taman Wisata Alam (TWA) Mont Pancar.

Tempat ini terkenal dan selalu ramai dikunjungi wisatawan. Di TWA Gunung Pancar, detikers bisa melihat deretan hutan pinus dan suasana yang sejuk menenangkan, cocok untuk kamu yang ingin berobat.

Selain itu, TWA Gunung Pancar juga menawarkan berbagai paket pemotretan prewedding glamping (glamour camping). Tak hanya itu, pengelola TWA Gunung Pancar juga menyediakan tempat pemberangkatan.

TWA Gunung Pancar terletak di Desa Ciburial, Desa Karang Tengah, Kecamatan Babakan Madang, Kabupaten Bogor. Harga tiket masuknya adalah Rp 5.000 pada hari kerja dan Rp 7.500 pada akhir pekan. Oh iya, tempat ini buka 24 jam sehari ya.

5. Mandapa Kirana

Tempat penyembuhan di Bogor selanjutnya yang recommended adalah Mandapa Kirana. Selain digunakan sebagai tujuan wisata, tempat ini juga dijadikan sebagai penginapan dan restoran yang menonjolkan suasana Bali di perbukitan Kabupaten Bogor. Jadi Anda tidak perlu repot untuk pergi ke Pulau Dewata.

Selain bersantai dan menikmati suasana alam yang asri, detikers juga bisa berfoto. Masalahnya, di Mandapa Kirana terdapat spot foto replika Pura Lempuyang dan Pura Bentar yang selalu ramai dan menjadi daya tarik wisatawan saat datang ke Mandapa Kirana.

Mandapa Kirana terletak di Jalan Raya Bojong Koneng, Kecamatan Babakan Madang, Kabupaten Bogor. Buka setiap hari Selasa-Minggu mulai pukul 08:30 hingga 19:00 WIB. Harga tiket masuknya adalah Rp 50.000.

6. Kebun Raya Bogor

Ingin menghabiskan waktu di akhir pekan? Anda bisa mengunjungi Kebun Raya Bogor. Selain terletak di tengah kota dan mudah dijangkau dengan kendaraan umum, di sini Anda bisa berkeliling sambil menikmati udara segar Bogor dan melihat pohon-pohon kuno yang tinggi dan tinggi.

Kebun Raya Bogor terletak di Jalan Ir. H. Juanda No.13 Kota Bogor, Jawa Barat. Harga tiket masuk (Senin sampai Jumat) adalah Rp 16.500 untuk wisatawan lokal dan mancanegara. Pada akhir pekan, harga naik menjadi Rp 26.500 untuk wisatawan lokal dan mancanegara.

7. Desa Wisata Malasari

Salah satu tempat penyembuhan yang nyaman dan damai adalah desa wisata Malasari. Lokasinya berada di dekat Taman Nasional Gunung Halimun Salak, disini anda bisa menikmati pemandangan hijau sambil menghirup udara segar, stress dan penat di kepala dijamin langsung hilang.

Sayangnya, untuk bisa mencapai Desa Wisata Malasari jaraknya cukup jauh. Dilihat dari Google Maps, jaraknya sekitar 52 km atau sekitar 2,5 jam berkendara. Selain itu, detikers juga harus bersiap dengan kondisi kendaraan yang prima karena jalanan menanjak dan banyak bebatuan.

8. Hutan Wisata Giri Jaya

Wana Wisata Giri Jaya merupakan objek wisata penangkaran rusa dibawah pengelolaan Perum Perhutani. Selain memberi makan rusa, sepanjang perjalanan menuju tempat penangkaran, Anda akan disuguhi pemandangan hutan, persawahan, dan pepohonan yang masih rimbun dan rindang.

Ekowisata Giri Jaya terletak di Desa Buana Jaya, Kecamatan Tanjung Sari, Cariu, Kabupaten Bogor. Jaraknya memang cukup jauh dari kota Bogor, sekitar 60 km atau 2 jam perjalanan dengan mobil.

9. Curug Leuwi Balong Endah

Wilayah Jawa Barat memang terkenal dengan keindahan pemandangan alamnya dan banyaknya air terjun, termasuk Curug Leuwi Balong Endah yang terkenal. Selain berenang dan berendam di bawah derasnya air terjun, detikers juga bisa bersantai di bebatuan sambil menghirup segarnya udara pegunungan.

Curug Leuwi Balong Endah terletak di kawasan Taman Nasional Gunung Halimun Salak. Dari Kota Bogor jaraknya sekitar 30 km atau 2 jam dengan mobil.

10. Danau Puncak

Jika detikers ingin berobat di kawasan Puncak Bogor, Danau Puncak wajib kamu kunjungi. Untuk menuju Telaga Saat, Anda perlu berjalan kaki sekitar 1,4 km dari gerbang Telaga Saat.

Dilansir laman Instagram @telagasaatpuncak, alasan utama pengunjung harus jalan kaki adalah adanya perkebunan teh di sekitar Telaga Saat. Sehingga di sekitar kebun teh pasti jalan aspal yang tandus, sehingga jalan selalu tanah.

Selain penyembuhan, detikers bisa melakukan berbagai aktivitas lain seperti berkemah, piknik, berperahu keliling danau, berfoto dan bersantai sambil mengagumi pemandangan alam yang indah.

Tiket masuk Lake At Peak adalah Rp 10.000/orang. Jika detikers ingin mencoba beberapa wahana, akan dikenakan biaya tambahan.

11. Bukit Halimun Salak

Rekomendasi tempat penyembuhan di Bogor selanjutnya adalah Bukit Halimun. Meski tidak banyak wahana seperti tempat wisata lainnya, di Bukit Halimun Salak ini Anda bisa bersantai sambil menikmati pemandangan perbukitan yang indah dengan berbagai spot foto yang menarik.

Bukit Halimun Salak buka setiap hari mulai pukul 09:00 hingga 21:00 WIB. Anda juga bisa berkemah di kawasan wisata ini dengan membayar Rp 35.000 kepada pengelola Bukit Halimun Salak.

Oh ya, untuk memasuki kawasan Bukit Halimun Salak dikenakan biaya Rp 15.000/orang di pintu gerbang wisata. Kemudian ketika memasuki kawasan Bukit Halimun Salak, Anda membayar tiket Rp 10.000/orang.

12. Danau warna

Selain Telaga Saat, salah satu tempat penyembuhan di kawasan Puncak Bogor yang bisa dikunjungi adalah Telaga Warna. Di tempat ini, Anda bisa bersantai di tepi danau sambil menghirup udara segar sambil menyaksikan pemandangan alam yang mempesona.

Telaga Warna terletak di dekat Jalan Raya Puncak sehingga mudah diakses oleh wisatawan. Biaya masuknya adalah Rp 10.000/orang.

13. Curug Cinta

Salah satu air terjun yang juga wajib Anda kunjungi di Bogor adalah Curug Cinta atau lebih dikenal dengan Curug Cinta. Keistimewaan dari air terjun ini adalah memiliki nuansa ala Grand Canyon, namun yang Bogor bisa dibilang versi mininya.

Salah satu alasan mengapa air terjun ini dinamakan Curug Cinta adalah karena terdapat sebuah batu karang yang memiliki bentuk yang unik. Jika diperhatikan lebih detail, batu yang berada di tengahnya terlihat seperti simbol cinta berbentuk hati.

Nah, kalau detikers ada di Bogor sempatkan datang ke Trans Studio Mini Bogor ya. Selain penyembuhan, di Trans Studio Anda juga bisa menjajal berbagai atraksi seru. Jadi nggak cuma santai, mood detikers juga happy setelah main wahana di Trans Studio Mini Bogor.

Untuk lebih jelasnya silahkan follow akun Instagram resmi Trans Studio Mini Bogor di @transstudiomini.bogor. Jangan lupa nyalakan notifikasinya agar tidak ketinggalan berbagai promo akhir tahun yang menggiurkan!

Nah, itulah pembahasan 13 tempat refreshing di Bogor yang nyaman untuk nongkrong di akhir pekan. Selamat liburan dan pemulihan yang baik!

Simak video “Nikmati Enaknya Tahu Goreng di Kota Bogor”
[Gambas:Video 20detik]
(ilf/des)

Source: news.google.com

Related Articles

Back to top button