Berita Wisata

13 Tempat Wisata Alam di Jogja yang Indah dan Menakjubkan, Cocok Untuk Liburan

Merdeka.com – Tempat wisata alam di Jogja selalu menarik untuk dikunjungi. Banyaknya wisata yang indah dan menakjubkan membuat kota pelajar ini selalu ramai dikunjungi wisatawan di akhir pekan. Tidak hanya menawarkan pemandangan alam yang memukau, namun banyak tempat wisata alam di Jogja yang memiliki konsep edukatif.

Menikmati liburan di Jogja tentu sangat menyenangkan. Selain dikenal dengan wisata alamnya yang banyak, Jogja juga menawarkan berbagai kuliner unik, murah dan memanjakan lidah. Banyaknya kuliner khas Jogja yang enak juga menjadi salah satu daya tarik bagi wisatawan baik lokal maupun mancanegara.

taboola tengah artikel

Tempat wisata alam jogja bisa menjadi rekomendasi untuk memenuhi liburan keluarga. Selain indah dan Instagrammable, beberapa tempat wisata alam di Jogja juga memiliki nilai sejarah yang wajib diketahui. Berikut beberapa tempat wisata alam di Jogja :

2 dari 4 halaman

Pantai Depok

ilustrasi pantai nudis

© Telegraph.co.uk/GETTY

Tempat wisata alam di Jogja yang pertama untuk dikunjungi adalah Pantai Depok. Melansir dari laman Aneka Wisata, pantai pasir hitam ini selalu terlihat asri dan alami. Banyaknya pepohonan di sekitar pantai menjadikan tempat wisata ini begitu asri dan menenangkan.

Selain keunikan pantai dan keindahan lautnya, pengunjung juga bisa menikmati berbagai kuliner lezat di tempat ini. Cukup membayar biaya Rp 10.000 dan Anda sudah bisa menikmati panorama alam pantai Depok yang mempesona. Bagi yang berminat mengunjungi tempat ini, langsung saja ke Jalan Parangtritis, Kretek, Bantul.

Pantai Pok Tunggal terletak di Tepus, Gunungkidul, Yogyakarta. Pantai ini memiliki pasir putih yang selalu bersih dan asri. Suasana asri dan segar membuat wisatawan betah berlama-lama di tempat ini.

Bagi Anda yang berada di Yogyakarta, Anda harus menyempatkan diri untuk mengunjungi tempat wisata ini. Cukup membayar biaya Rp 10.000/orang, pengunjung sudah bisa menikmati panorama keindahan alam yang mempesona.

Wisata Jogja terbaru berikutnya adalah The Lost World Castel, yang mungkin akan membuat Anda seperti berada di atas banteng Takeshi, salah satu acara TV di Jepang.

Tempat wisata ini dibangun untuk tujuan edukasi terkait letusan Gunung Merapi yang terjadi beberapa tahun lalu. Letusan tersebut melenyapkan beberapa desa, termasuk desa Kepuharjo.

Untuk memasuki kawasan wisata ini, Anda bisa menyiapkan uang Rp 25.000 dan menikmatinya mulai pukul 07.00 hingga 18.00 WIB.

Tempat wisata alam di Jogja selanjutnya yang bisa dikunjungi adalah Candi Ijo. Situs yang terletak 18 km sebelah timur Yogyakarta ini dibangun di atas bukit hijau atau Gumuk Ijo sekitar abad ke-9. Candi Ijo merupakan salah satu candi tertinggi di Jogja dengan ketinggian 375 meter.

Candi Ijo menawarkan keindahan panorama alam yang menawan, terutama di sore hari. Hanya dengan membayar biaya Rp 5.000, Anda sudah bisa menikmati keindahan arsitektur bangunan Candi Ijo yang sarat akan nilai sejarah.

3 dari 4 halaman

Air Terjun Sri Gethuk

simak keseruan liburan keluarga luna maya di bali sambil bermain air terjun

Instagram @lunamaya ©2022 Merdeka.com

Tempat wisata alam murah di Jogja yang wajib dikunjungi selanjutnya adalah Air Terjun Sri Gethuk. Wisata alam yang mulai populer di tahun 2010-an ini memiliki keindahan alam yang mempesona. Tak hanya itu, di tempat ini Anda bisa merasakan kesejukan air terjun yang selalu jernih.

Air terjun Sri Gethuk sendiri terletak di desa Bleberan, Kapanewon Playen atau sekitar 45 km dari pusat kota Yogyakarta. Dari arah kota Yogya, dibutuhkan waktu sekitar 1 jam.

Dari laman Aneka Tempat Wisata, banyak sekali tempat wisata alam di Jogja, yang terbaru namun tak kalah pentingnya adalah Air Terjun Pulosari. Tempat ini merupakan air terjun yang airnya berasal dari aliran alami air sungai di kawasan perbukitan.

Meski curahan air Curug Pulosari tergolong kecil, namun destinasi wisata Kabupaten Bantul ini memiliki air yang jernih dan pemandangan alam yang eksotik. Bagi yang menyukai wisata alam yang tetap bersih dan asri, tempat ini wajib dikunjungi.

Tak hanya Curug Pulosari, wisata alam di Jogja juga memiliki air terjun Randusari. Obyek wisata yang memiliki ketinggian sekitar 12-15 meter dengan kedalaman 1-3 meter ini terletak di Rejosari, Jatimulyo, Dlingo, Bantul. Selain memiliki air yang jernih, tempat wisata ini juga menawarkan panorama alam yang menakjubkan.

Bagi yang datang dari kota Jogja bisa melalui jalan Jalan Jogja-Wonosari atau melalui jalan Gunung Api Purba Nglanggeran. Panorama alam yang masih terlihat hijau akan memanjakan mata Anda saat menuju objek wisata yang satu ini.

Salah satu tempat wisata alam di Jogja yang paling populer adalah Pantai Parangtritis. Pantai yang terletak sekitar 27 km dari pusat kota Jogja ini memiliki bukit pasir atau gumuk pasir di sekitar pantai. Padahal, bukit pasir ini merupakan satu-satunya gurun pasir di Asia Tenggara.

Selain itu, Parangtritis juga dianggap sebagai salah satu simbol kekuatan Trinitas di Yogyakarta, bersama dengan Gunung Merapi dan Keraton Kesultanan. Tak heran jika pantai ini memiliki peran penting bagi Yogyakarta. Bagi Anda yang berkunjung ke Yogyakarta, jangan lewatkan kesempatan untuk menikmati keindahan Parangtritis.

4 dari 4 halaman

Puncak Becici

Salah satu tempat wisata alam di Jogja yang saat ini sedang digemari anak muda adalah Puncak Becici. Obyek wisata alam yang terletak di Dusun Gunung Cilik, Desa Gunung Mutuk, Kecamatan Dlingo ini menawarkan panorama keindahan alam yang mempesona.

Bahkan, Presiden Amerika Serikat ke-44, Barack Obama pernah berkunjung ke tempat ini dan terpesona dengan keindahan alamnya.

Watu Lumbung merupakan salah satu tempat wisata alam di Jogja yang memiliki konsep edukasi. Tempat wisata yang terletak di sebelah utara pantai Parangtritis ini tidak hanya menawarkan keindahan alam, tetapi juga menyimpan nilai-nilai pendidikan yang tersirat dalam ritual dan sesaji sederhana.

Di objek wisata ini, Anda juga akan melihat rumah-rumah sederhana dari bambu dan kayu yang dibangun di antara pohon jati sebagai penopang.

Kampung Wisata Watu Lumbung juga menawarkan berbagai kuliner lezat khas Yogyakarta. Oleh karena itu, tempat wisata di Bantul ini wajib dikunjungi.

Indrayanti merupakan salah satu wisata Jogja murah yang banyak dikunjungi. Hamparan pasir putih berpadu dengan birunya air laut mampu memanjakan mata para wisatawan.

Cukup membayar biaya Rp 10.000 dan Anda sudah bisa menikmati pesona panorama alam Pantai Indrayanti. Oleh karena itu, bagi anda yang ingin berlibur ke Yogyakarta, jangan lewatkan mengunjungi tempat wisata di Gunungkidul ini.

Salah satu tempat wisata alam di Jogja yang wajib dikunjungi adalah Bukit Pengilon. Nama Bukit Pengilon sendiri berasal dari bahasa Jawa yang berarti cermin, karena di bukit ini terdapat sebuah batu yang bentuknya seperti cermin.

Tempat wisata di Kabupaten Gunungkidul ini memiliki keindahan alam yang eksotis. Dari atas, wisatawan bisa menikmati kesejukan dan panorama pantai yang menawan. Bukit Pengilon sendiri terletak di Desa Balong, Kecamatan Girisubo.

Tak hanya Curug Pulosari, wisata murah Jogja juga memiliki air terjun Randusari. Obyek wisata yang memiliki ketinggian sekitar 12-15 meter dengan kedalaman 1-3 meter ini terletak di Rejosari, Jatimulyo, Dlingo, Bantul. Selain memiliki air yang jernih, tempat wisata ini juga menawarkan panorama alam yang luar biasa.

Bagi yang datang dari kota Jogja bisa melalui jalan Jalan Jogja-Wonosari atau melalui jalan Gunung Api Purba Nglanggeran. Panorama alam yang masih terlihat hijau akan memanjakan mata Anda saat menuju objek wisata yang satu ini.

(mdk/jen)

TOPIK TERKAIT

Setelah

taboola di bawah artikel

Source: news.google.com

Related Articles

Back to top button