Tempat Wisata

14 Air Terjun Tertinggi di Indonesia, Pesona Alamnya Menakjubkan

14 Air Terjun Tertinggi di Indonesia, Pesona Alamnya Menakjubkan

Indonesia mempunyai banyak tempat wisata alam menakjubkan yang tersebar di berbagai daerah. Ini beberapa Air terjun ini dinobatkan sebagai air terjun tertinggi di Indonesia.

Air terjun merupakan salah satu tempat wisata alam Indonesia dan sangat populer di kalangan wisatawan. Karena banyaknya tempat wisata pegunungan di Indonesia, maka banyak pula wisata air terjunnya. Objek wisata ini sendiri memiliki ketinggian yang berbeda-beda, ada yang tergolong rendah, sedang hingga tinggi.

Di Indonesia sendiri terdapat beberapa tempat wisata air terjun yang tergolong air terjun tertinggi yang tersebar di seluruh wilayah Indonesia. Objek wisata ini selain unik karena ketinggiannya, juga sangat populer karena pemandangan alamnya yang indah. Pesona air terjun di Indonesia menarik banyak wisatawan.

Berbicara soal liburan, Indonesia sendiri mempunyai banyak tempat wisata yang sangat menarik salah satunya adalah air terjun. Objek wisata ini mampu menarik pengunjung karena beberapa faktor seperti ketinggian yang spektakuler, pemandangan yang indah, dan suasana yang tenang. Berikut beberapa air terjun tertinggi di Indonesia yang layak untuk dijelajahi.

1. Air Terjun Curup yang Tenang

Air terjun Curup yang tenangFoto: Google Maps/Yosafat Dhimas

Air terjun yang pertama adalah Air Terjun Curup Tenang, salah satu air terjun yang bisa dikatakan memiliki ketinggian sedang yaitu setinggi 99 meter. Tempat wisata ini terletak di daerah palembang tepatnya di kabupaten muara enim. Objek wisata ini mempunyai keindahan alam yang mempesona dimana alam disekitarnya begitu alami dan sangat tenteram.

Di objek wisata ini Anda bisa bermain air di pinggir air terjun dan menikmati sejuknya udara. Selain itu, Anda juga bisa berfoto dengan latar belakang air terjun atau pemandangan sekitar. Memang sangat menyenangkan untuk bernostalgia saat berkunjung ke sini.

Harga tiket: Rp5.000; Map: Periksa lokasinya
Alamat: Penetapan, kabupaten. Tanjung Agung, Kab.Muara Enim, Sumatera Selatan.

2. Air Terjun Kabut Pelangi

Air Terjun Kabut PelangiFoto: Google Maps/Pay Rifa’i

Selanjutnya ada objek wisata yang sama namun berbeda ketinggian yaitu Air Terjun Kabut Pelangi yang terletak di Lumajang, Jawa Timur. Perbedaan ketinggian dengan air terjun sebelumnya tidak terlalu besar, hanya berbeda 1 meter saja, tepatnya memiliki ketinggian 100 meter, namun keindahan alamnya juga mampu bersaing dengan tempat wisata lainnya.

Dari namanya tempat wisata ini sudah bisa disimpulkan bahwa keindahan tempat ini sungguh mempesona. Jika beruntung, Anda bisa melihat pelangi di sekitar air terjun saat sampai di sini. Pasalnya, cipratan air terjun tersebut dibiaskan oleh sinar matahari sehingga menimbulkan pemandangan yang sangat estetis.

Harga tiket: Rp5.000; Map: Periksa lokasinya
Alamat: Mulyoarjo, Kec. Pronojiwo, Kab.Lumajang, Jawa Timur.

3. Air Terjun Sedudo

Air Terjun SedudoFoto: Google Maps/Hendrik Bahagia

Air terjun Sedudo memiliki ketinggian 105 meter. Objek wisata ini terletak di kabupaten Sawahan. Jarak antara tempat ini dengan kabupaten Nganjuk sekitar 30 menit, bisa dibilang jaraknya tidak jauh. Anda yang berasal dari daerah Nganjuk bisa mengunjungi tempat ini karena memiliki keindahan kuno dan keunikan lainnya.

Ada beberapa hal yang perlu anda ketahui sebelum mengunjungi tempat ini dan ada beberapa peraturan yang harus anda ikuti antara lain karena memiliki ketinggian yang dapat menyebabkan air mengalir dengan sangat deras, oleh karena itu Pengunjung dilarang bermain secara langsung. di bawah arus air terjun.

Harga tiket: Rp10.000; Map: Periksa lokasinya
Alamat: J L. Sedudo, Hutan, Kecamatan. Sawahan, Kab. Nganjuk, Jawa Timur.

4. Air Terjun Ponot

Air Terjun PonotFoto: Google Maps/大仁偉

Air terjun dengan ketinggian 100 meter ini banyak terdapat di beberapa daerah di Indonesia, walaupun tingginya sama dengan tempat wisata air terjun lainnya. Air Terjun Curup Tenang mempunyai beberapa keistimewaan. Objek wisata ini terletak di wilayah Sumatera Utara, tepatnya di Dusun Sampuransarimo.

Karena letak objek wisata ini berada di ketinggian, udaranya sangat segar dan suasananya tenang. Anda akan merasa nyaman berada di sini karena selain alamnya yang indah, udaranya yang sejuk dan suara gemericik air yang mengalir mampu menenangkan pikiran Anda. Namun anda harus ingat bahwa anda tetap harus mengikuti peraturan disana.

Harga tiket: Rp10.000; Map: Periksa lokasinya
Alamat: Desa Tangga, Kecamatan Sampuran Siarimo. Pohan Merant Door, Kab.Asahan, Sumatera Utara.

5. Jarak air terjun

Air terjun jarak jauhFoto: Twitter/Eduwork.id

Berikutnya adalah air terjun yang berada di kawasan Jawa Timur. Tempat ini mempunyai banyak tempat wisata air terjun diantaranya adalah Air Terjun Jarak.

Objek wisata ini berdiri di ketinggian 115 meter dan terletak di Kabupaten Maganu. Tempat ini merupakan objek wisata yang dikelola pemerintah sebagai objek wisata unggulan di wilayah tersebut.

Harga tiket: Bebas; Map: Periksa lokasinya
Alamat: Kawil, Kecamatan Ngancar. Plaosan, Cab.Matanz, Jawa Timur.

6. Air Terjun Sipiso Piso

Air Terjun Sipiso PisoFoto: Unsplash/Ivan Samudra

Ada pula air terjun yang sangat menarik di kawasan perbatasan Lumajang dan Malang yaitu Air Terjun Sipiso-Piso. Anda yang berasal dari Lumajang atau Malang bisa mencoba mengunjunginya. Ketinggian air terjun ini adalah 120 meter. Tempat ini juga dikenal dengan nama Air Terjun Coban Sewu.

Harga tiket: Rp5.000; Map: Periksa lokasinya
Alamat: Pengambaten, Kec. Merek, Kab.Karo, Sumatera Utara.

7. Air terjun Curug Cipendok

Air Terjun Curug CipendokFoto: Google Maps/Saluran Udar1der

Wilayah Jawa Tengah juga mempunyai objek wisata air terjun yang luar biasa: Objek wisata ini bernama Air Terjun Curug Cipendok dan terletak di Kecamatan Cilongok. Ketinggian tempat wisata ini adalah 92 meter, memang tidak terlalu tinggi, namun tempat ini memiliki panorama yang mampu memberikan rasa nyaman.

Harga tiket: Rp10.000; Map: Periksa lokasinya
Alamat: Dusun II Lebaksiu, Karanganyar, Karangtengah, Kecamatan. Cilongok, Kab. Banyumas, Jawa Tengah.

8. Air Terjun Penimbungan

Air Terjun PenimunganFoto: Google Maps/Tengakarta

Bisa dikatakan objek wisata air terjun ini masih sangat baru dan belum banyak diketahui wisatawan. Air Terjun Penimbung terletak di daerah Lombok, lebih tepatnya di Lombok Timur. Ketinggian objek wisata ini mencapai 100 meter.

Memang keindahan alam Lombok sudah tidak perlu diragukan lagi, namun jalur menuju tempat ini cukup berbahaya karena menyusuri lereng Gunung Rinjani.

Harga tiket: Bebas; Map: Periksa lokasinya
Alamat: Sembalun Lawang, Kecamatan. Sembalun, Kab.Lombok Timur, Nusa Tenggara Barat.

9. Air Terjun Moramo

Air terjun MoramoFoto: Google Maps/Iyn 22

Dengan ketinggian 100 meter, Air Terjun Moramo merupakan air terjun tertinggi kedelapan di Indonesia. Objek wisata ini terletak di kawasan Kendari. Meski memiliki ketinggian yang sama dengan beberapa air terjun lainnya, namun tempat ini memiliki keunikan tersendiri. Tempat ini terdiri dari 27 tingkat yang memanjang sepanjang 2 km.

Harga tiket: Rp3.000; Map: Periksa lokasinya
Alamat: Sumber Sari, Kec. Moramo, Kab.Konawe Selatan, Sulawesi Tenggara.

10. Air Terjun Tumpak Sewu

Air Terjun Tumpak SewuFoto: Elemen Envato/MelianChongQ

Daerah Malang juga mempunyai salah satu air terjun tertinggi di Indonesia. Nama tempat wisata ini adalah Air Terjun Tumpak Sewu yang tingginya sama dengan Air Terjun Sipo-piso yaitu 120 meter. Air terjun ini memiliki keindahan alam yang mempesona, suasana alam sangat terasa di tempat ini.

Harga tiket: Rp10.000; Map: Periksa lokasinya
Alamat: Desa Siji, Jl. Raya Sidomulyo, Besukcukit, Kecamatan Sidomulyo. Pronojiwo, Kab.Lumajang, Jawa Timur.

11. Air Terjun Nokan

Air Terjun NokanFoto: Twitter/Kediaman Adhara

Wilayah Indonesia yang memiliki air terjun tertinggi adalah Kalimantan. Ada destinasi wisata yang sangat terkenal di tempat ini yaitu Air Terjun Nokan dengan ketinggian 180 meter. Selain ketinggiannya yang menarik dan kedua aliran sungainya, sangat menarik untuk dikunjungi saat liburan.

Harga tiket: Bebas; Map: Periksa lokasinya
Alamat: Nanga Menantak, Kec. Ambalau, Kab.Sintang, Kalimantan Barat.

12. Air Terjun Payakumbuh

Air Terjun PayakumbuhFoto: Twitter/Greenday Pj 2016

Salah satu daerah di Indonesia yang terkenal dengan air terjunnya yang tinggi adalah Sumatera. Salah satu tempat wisata air terjun yang sangat terkenal karena ketinggiannya adalah Air Terjun Payakumbuh dengan ketinggian 150 meter. Tempat ini mempunyai pemandangan yang sangat indah dan alamnya yang masih sangat asri.

Harga tiket: Rp5.000; Map: Periksa lokasinya
Alamat: Tarantang, Kec. Harau, Cab.Lima Puluh Kota, Sumatera Barat.

13. Air Terjun Madakaripura

Air Terjun MadakaripuraFoto: Google Maps/Mario Najjar

Air terjun tertinggi kedua di Indonesia bernama Air Terjun Madakaripura dan terletak di Jawa Timur. Ketinggian air terjun ini mencapai 200 meter. Tempat wisata ini terkenal sebagai tempat pertapaan Patih Gajah Mada. Tempat ini tidak hanya indah sekali memanjakan mata, namun juga penuh dengan nilai sejarah.

Anda bisa menikmati suara aliran air dari ketinggian yang memberikan kesan dramatis. Selain itu, pengunjung juga dapat menikmati segarnya aliran air terjun dan membawa oleh-oleh berupa foto-foto dengan latar belakang aliran air terjun. Namun perlu diketahui pengunjung dilarang untuk terjun langsung ke bawah air terjun karena sangat berbahaya.

Harga tiket: Rp 22.000; Map: Periksa lokasinya
Alamat: Sapih, Braggah, Kec. Lumbang, Cab.Probolinggo, Jawa Timur.

14. Air Terjun Sigura Gura

Air Terjun Sigura GuraFoto: Google Maps/大仁偉

Terakhir di Indonesia ada air terjun dengan ketinggian 250 meter yang terletak di kawasan Medan. Nama objek wisata ini adalah Air Terjun Sigura-gura. Air yang mengalir di objek wisata ini merupakan air Sungai Asahan yang mengalir dari Danau Toba. Selain memiliki ketinggian yang sangat spektakuler, tempat ini juga sangat indah.

Objek wisata ini memiliki reputasi yang sangat baik di kalangan wisatawan domestik dan internasional. Pesona alamnya yang indah menambah daya tarik tempat ini. Anda tidak akan menemukan banyak wisatawan di hari libur, jadi Anda harus pintar-pintar memilih hari untuk datang ke sini.

Harga tiket: Rp10.000; Map: Periksa lokasinya
Alamat: Halado, distrik. Pohan Merant Door, Kab.Toba Samosir, Sumatera Utara.

Mengapa masih belum cukup? Sebenarnya masih banyak tempat wisata di Indonesia yang memiliki air terjun dengan ketinggian yang sangat mengesankan. Namun karena berbagai kendala, sebagian besar tempat wisata tersebut sulit diakses. Karena air terjunnya sangat curam, wisatawan sulit mencapainya.

Source: www.pesisir.net

Related Articles

Back to top button