Tempat Wisata

14 gunung tertinggi di pulau sumatera posisi berturut-turut

14 gunung tertinggi di pulau sumatera posisi berturut-turut

Gunung tertinggi di pulau sumatera – Ada beberapa gunung di Pulau Sumatera yang sering dijadikan destinasi pendakian gunung oleh anak muda. Pegunungan di Sumatera juga terkenal dengan ketinggian dan keindahan alamnya.

Tak heran jika banyak pendaki yang mencari daftar gunung tertinggi di Sumatera dengan pemandangan alam yang mempesona. Berikut rangkuman daftar gunung tertinggi di Pulau Sumatera, yang pertama adalah Gunung Kerinci.

Pegunungan tertinggi di Sumatera

Indonesia memang terkenal dengan keindahan alamnya yang luar biasa. dimana terdapat pantai yang indah dan pegunungan yang menjulang tinggi dari Sabang sampai Merauke.

Indonesia sendiri terletak pada jalur pertemuan tiga lempeng besar yaitu Lempeng Eurasia, Lempeng Indo-Australia, dan Lempeng Pasifik.

Tak heran jika Ibu Pertiwi kita memiliki sederet gunung yang menjulang tinggi dengan pemandangan alam yang sangat mempesona.

Salah satunya di Pulau Sumatera, dimana pulau ini merupakan pulau terbesar keenam di dunia dengan luas sekitar 473.481 km².

Pulau ini memiliki rangkaian perbukitan yang membentang dari barat laut hingga tenggara dan panjangnya sekitar 1500 km.

Di sepanjang jajaran perbukitan banyak terdapat gunung-gunung aktif dan tidak aktif yang menghiasi alam Pulau Sumatera.

Dari Gunung Geureudong (Aceh), Gunung Sinabung (Sumatera Utara), Merapi dan Talang (Sumatera Barat), Gunung Kaba (Bengkulu), Gunung Dempo (Sumatera Selatan) hingga Gunung Kerinci (Sumatera Barat, Jambi).

1. Gunung Kerinci

  • Lokasi: Kersik Tuo, Kec. Kayu Aro, Kabupaten Kerinci, Jambi 37163
  • peta: Google Peta

Gunung tertinggi pertama di Pulau Sumatera adalah Gunung Kerinci. Dimana mempunyai ketinggian 3.805 meter diatas permukaan laut. Faktanya, Gunung Kerinci merupakan yang tertinggi kedua di Indonesia, setelah Piramida Carstensz atau Puncak Jayawijaya di Papua dengan ketinggian 4.884 meter di atas permukaan laut.

Di puncak Gunung Kerinci terdapat kawah dengan luas 48.000 meter persegi dan kedalaman kawah gunung sekitar 600 meter.

Gunung ini masuk dalam daftar gunung berapi aktif dan terakhir meletus pada tahun 2009. Gunung Kerinci terletak di lokasi yang cukup strategis yaitu antara provinsi Sumatera Barat dan Jambi.

Taman Nasional Gunung Kerinci merupakan habitat asli harimau sumatera yang kini masuk dalam kategori status kritis sebagai satwa dilindungi.

Pendaki dijamin akan terpesona dengan keindahan hutan tropis Gunung Kerinci.

Periksa juga: 26 tempat wisata di Kerinci terpopuler

2. Gunung Leuser

  • Lokasi: Cike, Kec. Kutapanjang, Kabupaten Gayo Lues, Aceh
  • peta: Google Peta

Gunung tertinggi kedua di Pulau Sumatera adalah Gunung Leuser dengan ketinggian 3.445 meter di atas permukaan laut. Gunung ini mempunyai puncak yang terbagi menjadi tiga bagian yaitu Puncak Loser dengan ketinggian 3.400 meter diatas permukaan laut, Puncak Leuser dengan ketinggian 3.119 meter diatas permukaan laut dan puncak yang tidak disebutkan namanya dengan ketinggian 3.445 meter diatas permukaan laut. .

Gunung ini ditetapkan sebagai Cagar Biosfer pada tahun 1980, Taman Warisan ASEAN pada tahun 1984, Situs Warisan Hutan Hujan Tropis Sumatera pada tahun 2004, dan Kawasan Konservasi Nasional pada tahun 2008.

Gunung ini bebas diakses oleh para pendaki dan flora dan fauna khas Indonesia yang mengelilingi hutan alam Sumatera yang mempesona akan menjadi daya tarik yang tak terlupakan.

Ini juga merupakan habitat satwa liar seperti orangutan liar, ular, gajah, dan harimau sumatera.

Periksa juga: 40 Tempat Wisata Terbaru di Aceh

3. Gunung Dempo

  • Lokasi: Dempio Makmur, Kec. Pagar Alam Utara, Kota Pagar Alam, Sumatera Selatan
  • peta: Google Peta

Kini kita masuk dalam daftar gunung tertinggi ketiga di Sumatera yaitu Gunung Dempo dengan ketinggian 3.142 meter di atas permukaan laut. Gunung ini merupakan gunung berapi aktif yang terakhir meletus pada tahun 1818.

Oke, sejauh ini gunung ini sudah meletus sebanyak 21 kali, dengan periode letusan terpendek satu tahun dan terlama 26 tahun.

Gunung Dempo cukup mudah didaki dari pagar alam. Setelah 5 jam perjalanan dari Bengkulu atau Padang.

Gunung ini memiliki keistimewaan lainnya: merupakan salah satu penghasil kopi Robusta terbaik di kota Pagaralam.

Kunjungi juga:

4. Gunung Bandahara

  • Lokasi: hutan, kabupaten. Ketambe, Kabupaten Aceh Tenggara, Aceh
  • peta: Google Peta

Gunung Bandahara mempunyai ketinggian sekitar 3,0,30 meter di atas permukaan laut dan merupakan gunung tertinggi keempat di Pulau Sumatera.

Gunung ini terletak di Kabupaten Gayo Lues Provinsi Aceh dan dianggap sebagai gunung tertinggi kedua di Aceh.

Dari Medan, Anda bisa berkendara menuju gunung ini dengan menggunakan mobil pribadi selama kurang lebih 10 jam. Gunung Bandahara merupakan gunung yang tidak aktif dan masih jarang terjamah oleh para pendaki.

Namun ketika berada di gunung ini pasti akan terkesima melihat tumbuhan endemik khas Sumatera yaitu Nepenthes atau biasa disebut tanaman kantong semar yang hidup di ketinggian 2400 mdpl hingga 2900 mdpl. .

5. Gunung Talamau

  • Lokasi: Malampah, Kec. Tigo Nagari, Kabupaten Pasaman, Sumatera Barat
  • peta: Google Peta

Gunung Talamau terletak di kabupaten Pasaman Sumatera Barat dengan ketinggian 2.919 meter di atas permukaan laut dan menduduki peringkat kelima ketinggiannya.

Gunung ini menawarkan pemandangan alam yang unik dan menarik untuk didaki. Pendakian bolak-balik di gunung ini memakan waktu sekitar 4 hari

Jika ingin melakukan pendakian bisa melalui jalur pendakian di Desa Pinaga hingga ke pos di puncak Gunung Talamau.

Selain hutannya yang indah, gunung ini juga memiliki air terjun dan danau yang menjadi salah satu daya tarik wisata.

6. Gunung Geureudong

  • Lokasi: Hutan Timang Gajah, Kecamatan. Timang Gajah, Kabupaten Bener Meriah, Aceh
  • peta: Google Peta

Terletak di Kabupaten Bener Meriah Provinsi Aceh, Gunung Geureudong dikenal juga dengan nama Burni Geureudong atau Burni Telong, merupakan gunung stratovolkanik.

Gunung ini mempunyai ketinggian sekitar 2.885 mdpl dan jalur pendakian biasanya dimulai dari desa Bukit Mulie yang berjarak sekitar 6 hingga 7 km dari gunung itu sendiri.

Gunung ini memiliki jalur pendakian yang cukup menantang dan tergolong masih alami karena masih jarang diakses oleh pendaki.

Jalur ini cocok bagi para pendaki yang menyukai tantangan dan petualangan untuk merasakan keindahan alam pegunungan serta mengamati berbagai habitat satwa liar seperti gajah sumatera yang dilindungi.

7. Gunung Singgalang

  • Lokasi: Balingka, Kec. Iv Koto, Kabupaten Agam, Sumatera Barat
  • peta: Google Peta

Gunung tertinggi di Pulau Sumatera berikutnya adalah Gunung Singgalang dengan ketinggian sekitar 2.877 meter di atas permukaan laut.

Gunung ini sudah tidak aktif lagi dan di puncaknya terdapat sebuah danau yang dulunya merupakan kawah gunung bernama Telaga Dewi.

Gunung Singgalang ditutupi oleh hutan pegunungan yang lembab dan kaya akan sumber air. Pendakian memakan waktu sekitar 4 hingga 5 jam dalam kondisi normal.

8. Gunung Marapi

  • Lokasi: Pasie Laweh, Kec. Sungai Tarab, Kabupaten Tanah Datar, Sumatera Barat
  • peta: Google Peta

Masih dari Sumatera Barat, ada lagi gunung yang berada di pegunungan tertinggi Sumatera di Provinsi Sumatera Barat yaitu Gunung Merapi yang terletak di beberapa kota sekaligus yaitu antara Kabupaten Tanah Datar, Kabupaten Agam dan Kotamadya Padang Panjang. .

Dari segi ketinggian, Gunung Merapi mempunyai puncak tertinggi yaitu sekitar 2.844 meter di atas permukaan laut. Sekadar informasi, Gunung Merapi di Sumatera Barat merupakan salah satu gunung berapi yang masih aktif hingga saat ini masih sering mengeluarkan awan panas.

Gunung Merapi letaknya tidak jauh dari Gunung Singgalang. Untuk menuju puncak, Sahabat Seru bisa menempuh jalur dari Kota Bukittinggi dan Kota Padang Panjang.

9. Gunung Perkison

  • Lokasi: hutan, kabupaten. Badar, Kabupaten Aceh Tenggara, Aceh
  • peta: Google Peta

Kembali ke Aceh, di Provinsi Aceh, lebih tepatnya di tenggara Aceh juga terdapat Gunung Perkinson yang dengan ketinggian sekitar 2.828 meter di atas permukaan laut merupakan salah satu gunung tertinggi di Pulau Sumatera.

Dulunya Gunung Perkinson aktif, kini statusnya mati. Lokasi gunung ini sendiri berjarak sekitar 30 km barat laut kota Kutacane di tenggara Kabupaten Aceh.

Gunung Perkinson memang belum begitu populer sebagai destinasi pendakian, antara lain karena jalurnya yang belum dibuka untuk umum.

10. Gunung Peuet Sagoe

  • Lokasi: hutan, kabupaten. Geumpang, Kabupaten Pidie, Aceh
  • peta: Google Peta

Berikutnya ada Gunung Peuet Sagoe yang termasuk dalam 10 gunung tertinggi di Sumatera dan terletak di Kabupaten Pidie, Aceh. Puncak tertingginya sekitar 2.785 m di atas permukaan laut.

Gunung yang masih aktif ini termasuk dalam jenis gunung api strato. Sekadar FYI: Gunung ini termasuk dalam Cincin Api.

Jika diterjemahkan ke dalam bahasa Indonesia, Gunung Peuet Sagoe sendiri memiliki arti “empat puncak gunung berapi”, karena ketiga puncaknya sendiri terletak pada satu garis lurus dari utara ke selatan, maka salah satu puncak gunung Gunung Peuet Sagoe yang berada di sebelah selatan merupakan puncak tertinggi.

Tidak semua puncak Gunung Peuet Sagoe aktif, hanya puncak timur laut saja yang masih aktif hingga saat ini. Terdapat sebuah puncak yang indah yaitu di bagian timur puncak ke 4, karena terdapat kawah agak bulat dengan diameter 100 m dan kedalaman 50 meter.

11. Gunung Talang

  • Lokasi: Air Batumbuk, Kec. Gunung Talang, Kabupaten Solok, Sumatera Barat
  • peta: Google Peta

Kembali ke Provinsi Sumatera Barat, Penggemar Seru juga bisa menemukan Gunung Talang yang lebih tepatnya terletak di Kabupaten Solok. Gunung ini sendiri memiliki ketinggian sekitar 2.597 meter di atas permukaan laut dan merupakan gunung berapi aktif berjenis stratovolcano.

Gunung Talang menjadi tempat yang populer bagi para pendaki karena kawahnya yang indah bernama Danau Talang.

12. Gunung Sinabung

  • Lokasi: Kuta Gugung, Kec. Naman Teran, Kabupaten Karo, Sumatera Utara
  • peta: Google Peta

Apalagi gunung ini pasti sudah tidak asing lagi bagi kita, karena Gunung Sinabung sudah lama meletus dan penduduk di sekitarnya mengungsi ke tempat yang aman.

Gunung Sinabung sendiri mempunyai ketinggian sekitar 2.460 meter di atas permukaan laut. Pada tahun 2018, Gunung Sinabung memuntahkan abu vulkanik yang mencapai ketinggian hingga 5.000 meter.

Kunjungi juga: 79 Tempat Wisata Terbaik di Sumatera Utara

13. Gunung Simade

  • Lokasi: Laksa, Kabupaten Dairi, Sumatera Utara
  • peta: Google Peta

Di Provinsi Sumatera Utara juga terdapat Gunung Sibuatan yang memiliki ketinggian sekitar 2.457 meter di atas permukaan laut. Gunung ini sangat bagus untuk didaki karena terdapat hutan dan jalur pendakian. Sobat Seru yang ingin mendaki gunung ini bisa datang ke puncaknya untuk merasakan indahnya matahari terbit di pagi hari.

14. Gunung Tandikat

  • Lokasi: Singgalang, Kec. Sepuluh Koto, Kabupaten Tanah Datar, Sumatera Barat
  • peta: Google Peta

Nah, deretan gunung tertinggi kita di Sumatera yang terakhir adalah Gunung Tandikat, masyarakat Minang menyebutnya Gunung Tandikek. Gunung ini memiliki ketinggian 2.438 meter di atas permukaan laut dan statusnya masih aktif.

Gunung Tandikat sendiri merupakan tipe stratovolcano dengan tiga kawah bernama kawah A, B, dan K. Gunung aktif ini menjadi tujuan pendakian banyak orang.

Menutup

Sekian informasi yang bisa kami berikan kali ini tentang pegunungan tertinggi di Sumatera dengan keindahan alamnya yang luar biasa. Semoga bermanfaat dan terima kasih.

Baca juga: 60 Tempat Wisata Terbaik di Sumatera Barat

Source: tempatwisataseru.com

Related Articles

Back to top button