Tempat Wisata

14 Oleh-Oleh Khas Salatiga Yang Wajib Dibeli, Makanan, Oleh-Oleh

14 Oleh-Oleh Khas Salatiga Yang Wajib Dibeli, Makanan, Oleh-Oleh

Oleh-oleh khas Salatiga – Salatiga merupakan salah satu daerah di Jawa Tengah yang memiliki sejumlah tempat wisata populer. Selain itu, kota ini juga menawarkan beragam kuliner yang sayang untuk dilewatkan.

Ada berbagai oleh-oleh khas Salatiga yang wajib Anda bawa pulang. Selain makanannya yang enak, ada juga oleh-oleh cantik seperti batik, hiasan dinding, gerabah dan lain sebagainya.

Oleh karena itu, selain mencari tempat wisata yang indah, wisatawan yang datang juga harus mencari oleh-oleh khas Salatiga yang tidak bisa ditemukan di daerah lain. Penasaran apa saja oleh-oleh khas Salatiga yang bisa dibawa pulang? Ulasan lengkapnya bisa Anda simak di bawah ini

1. Enting-enting Gepuk

Kebisingan masuk-masuk kampus acaraKebisingan masuk-masuk kampus acara

Rekomendasi oleh-oleh khas Salatiga yang pertama dari Wisataseru.com adalah enting-enting Gepuk, salah satu makanan tradisional. Kuliner yang sangat digemari warga Salatiga ini memiliki tampilan yang unik, rasa yang manis namun bukan permen, teksturnya renyah dan padat namun bukan kue.

Enting-enting Gepuk terbuat dari kacang-kacangan yang mempunyai rasa manis dan gurih. Sekilas memang tak jauh berbeda dengan Geti, oleh-oleh khas Blitar, namun Enting-Enting-Gepuk memiliki tekstur yang tidak lengket di mulut.

Bagi yang ingin membawa jajanan ini bisa mencarinya di pusat oleh-oleh Salatiga dengan harga yang relatif terjangkau hanya Rp 20.000 saja.

2. Getuk Kethek

Getuk Kethek melalui TribunenewsGetuk Kethek melalui Tribunenews

Getuk Kethek banyak ditemukan di sekitar Salatiga. Jajanan tradisional Salatiga ini berbeda dengan getuk pada umumnya karena bentuknya yang lebih halus.

Getuk Ketek diberi taburan kelapa parut sehingga rasa getuknya lebih gurih dan sedikit manis.

Getuk Ketek dapat ditemukan di sekitar pusat oleh-oleh khas Salatiga. Atau Anda bisa mengunjungi pasar tradisional di sekitar kota dengan harga yang sangat terjangkau, mulai dari 14.000 lembar saja per bungkus.

3. Kerupuk Godril

Kerupuk Godril melalui InibaruKerupuk Godril melalui Inibaru

Kerupuk Godril merupakan camilan yang nikmat saat bersantai. Mendengar namanya terdengar sedikit unik dengan cita rasa yang selalu unggul. Oleh-oleh khas Salatiga ini memiliki tekstur yang renyah sehingga menjadi destinasi favorit para pelancong.

Kerupuk Godril terbuat dari singkong atau singkong. Tidak ada bahan pengawet yang ditambahkan dalam proses pembuatannya, sehingga kerupuk ini sangat aman untuk kesehatan.

Yang istimewa dari kerupuk Godrill adalah warnanya yang putih dan terdapat garis merah hijau di tengah kerupuknya. Kerupuk ini mudah ditemui di pasar tradisional dengan harga sekitar Rp30.000 per bungkus.

4. Keripik paru-paru

Keripik paru-paru melalui OmiyagoKeripik paru-paru melalui Omiyago

Oleh-oleh khas Salatiga berikutnya yang sayang untuk dilewatkan adalah keripik paru. Sesuai dengan namanya, keripik ini terbuat dari paru-paru dengan tekstur yang renyah dan rasa yang sedikit gurih.

Kelezatan keripik paru memang membuat ketagihan sehingga tak heran jika banyak wisatawan yang datang mencarinya. Keripik paru sangat cocok dijadikan camilan saat bersantai bersama keluarga.

Biasanya banyak toko oleh-oleh dan mall di sekitar Kota Salatiga yang menjual keripik paru dengan harga sekitar Rp 20.000 per kg.

5. Ampyang

AmpyangAmpyang

Ampyang merupakan salah satu oleh-oleh khas Salatiga yang namanya mungkin kita kenal. Makanan ini sangat mudah ditemukan di berbagai daerah di Indonesia, termasuk di Kota Salatiga.

Ampyang terbuat dari campuran kacang tanah dan gula jawa. Nikmatnya cita rasa gula jawa semakin nikmat dengan adanya rasa kacang yang gurih. Konsistensinya cukup renyah.

Ampiang memiliki umur simpan yang cukup lama sehingga cocok dijadikan oleh-oleh jika berkunjung ke kota Salatiga. Satu bungkus Ampyang biasanya dijual dengan harga Rp 15.000.

6. Keju singkong

Keju singkong di atas koilKeju singkong di atas koil

Singkong keju menjadi salah satu jajanan wajib saat berkunjung ke kota Salatiga. Perpaduan makanan tradisional dan modern ini sangat digemari. Terbuat dari singkong atau singkong yang ditambahkan bumbu-bumbu modern untuk memberikan cita rasa yang berbeda.

Rasanya seperti singkong goreng, namun lebih lembut dan gurih. Kemudian ditaburi keju dan aneka bumbu seperti balado, jagung manis dan pedas, dll.

Singkong keju biasanya dijual dalam dua varian yaitu mentah dan matang dengan harga per bungkusnya sekitar Rp 20.000.

7. Bakpia Patok

Bakpia Patok melalui TokopediaBakpia Patok melalui Tokopedia

Salatiga merupakan salah satu kota yang banyak menghasilkan bakpia. Bahkan bakpia buatan kota Salatiga ini memiliki rasa yang lebih enak dibandingkan bakpia pada umumnya. Tak heran jika banyak wisatawan yang mencari oleh-oleh khas Salatiga ini.

Selain tersedia dalam rasa original, Bakpia kini hadir dalam berbagai rasa lain mulai dari coklat, keju, kacang tanah hingga kacang hijau.

Pathok-Bakpia banyak dijual di dekat Jalan Sudirman, Sidomukti dan Salatiga. Harganya sekitar 25.000 per 15 sampai 20 biji.

8. Roti Ajaib

Roti Ajaib melalui WeeblyRoti Ajaib melalui Weebly

Oleh-oleh khas Salatiga berikutnya yang sayang untuk dilewatkan adalah Roti Ajaib. Brand roti yang satu ini menawarkan beragam olahan roti siap saji dengan rasa yang nikmat.

Beragam rasa bisa dipilih sebagai oleh-oleh, antara lain roti bajul, roti sosis, roti donat, roti ring dan roti khas lainnya. Harganya juga tidak terlalu mahal, sekitar Rp 15.000 per paket.

9. Sekoteng Jago Bulat

Putaran Sekoteng Jago lewat kompasPutaran Sekoteng Jago lewat kompas

Dari deretan oleh-oleh khas Salatiga yang berupa makanan, kini kita beralih ke minuman khas kota ini yaitu Ronde Sekoteng Jago. Inilah minuman penghangat tubuh yang sangat melegenda di kota Salatiga.

Ronde Sekoteng Jago sudah ada sejak tahun 1964 dengan resep turun temurun dan hingga saat ini terus eksis di tengah gempuran minuman modern.

Rasanya manis dan hangat, cocok dijadikan teman jalan-jalan malam. Seporsi Ronde Sekoteng Jago harganya sekitar 17.000.

10. Gelas Babah Kopi

Babah Gelas Kopi melalui TokopediaBabah Gelas Kopi melalui Tokopedia

Kopi babah jar merupakan salah satu oleh-oleh khas Salatiga dan cukup melegenda. Kopi ini sudah ada sejak tahun 1965 dan masih terkenal hingga saat ini di kalangan warga Salatiga maupun para wisatawan yang datang kesini.

Cita rasa kopi yang khas berpadu dengan manisnya gula menciptakan kombinasi rasa yang sempurna. Kopi seduh panas terasa semakin nikmat bila diminum di pagi hari bersama sepiring tahu atau tempe goreng. Sebungkus kopi gelas Babah harganya sekitar 29.000.

11. Kopi biji salak

Kopi biji salakKopi biji salak melalui Kompas

Masih dari lini kopi khas Salatiga yang sebelumnya sudah tersedia kopi Babah Gelas. Ada pula kopi salak yang tak kalah populer di kalangan masyarakat dan wisatawan.

Oleh-oleh khas Salatiga ini banyak ditemui di Jalan Srikandi, Salatiga. Harga biji kopi salak per bungkusnya hanya sekitar 5.000 saja, sudah dikemas dalam bentuk tas sehingga memudahkan untuk dijadikan oleh-oleh.

12. Batik bambu

Foto batik bambu karya Clara Soca AtisomyaFoto batik bambu karya Clara Soca Atisomya

Di antara oleh-oleh tersebut kini ada batik bambu, salah satu oleh-oleh khas Salatiga. Batik bambu merupakan kerajinan lokal yang memanfaatkan bambu sebagai media batik yang indah dan tahan lama.

Batik bambu muncul berkat tangan-tangan kreatif warga setempat yang membuatnya dalam berbagai macam desain, mulai dari batik bambu hingga vas bunga, nampan, celengan, dan keranjang.

Harganya tergantung besar kecilnya mobil dan tingkat kesulitannya, berkisar antara puluhan ribu hingga ratusan ribu rupiah.

13. Bakmi Jowo

Bakmi JowoBakmi Jowo

Bakmi Jowo menjadi tambahan wisata kuliner anda ketika berkunjung ke kota Salatiga. Memang benar mie khas Jawa dari kota Salatiga ini mempunyai cita rasa yang nikmat dan nikmat sehingga membuat siapapun yang mencicipinya akan ketagihan.

Semangkuk mie jowo hangat semakin nikmat disantap di malam hari sambil menikmati indahnya malam di Kota Salatiga.

Seporsi Bakmi Jowo biasanya dijual hanya dengan harga Rp 30.000 saja.

14. Roti tegal

Roti Tegal melalui TripadvisorRoti Tegal melalui Tripadvisor

Oleh-oleh khas Salatiga yang terakhir adalah roti tegal. Keistimewaan dari roti ini adalah dijual segar dari oven, sehingga setiap pembeli bisa menikmati roti segar.

Roti Tegal merupakan kuliner khas yang sudah melegenda sejak tahun 1950an. Roti Tegal tersedia di sekitar Jalan Jenderal Sudirman nomor 166 Kaliworm, Sidomukti.

Menutup

Sekian informasi yang bisa kami berikan kepada para traveller yang ingin berkunjung ke Kota Salatiga. Beberapa rekomendasi oleh-oleh khas Salatiga di atas bisa Anda temukan di pusat perbelanjaan dan toko oleh-oleh di kota ini. Semoga ulasan kami bermanfaat dan terima kasih.

Baca juga: Cafe di Salatiga yang lagi hits

Source: tempatwisataseru.com

Related Articles

Back to top button