Tempat Wisata

14 Rekomendasi Wisata Pantai di Padang 2023

Wisata pantai di Padang – Tentu saja, ketika kita mendengar nama Padang, semua pikiran kita tertuju pada masakan yang selalu menggoda. Bahkan, masakan Padang sudah terkenal di seluruh tanah air. Namun ibu kota Sumatera Barat ini justru menyimpan keindahan alam yang luar biasa, terutama pantainya.

Padang, sebuah kota di bagian barat pulau Sumatera, berbatasan langsung dengan Samudera Hindia. Lokasinya juga cukup strategis karena berada di jalur barat Sumatera. Oleh karena itu, industri pariwisata di sana juga cukup berkembang. Mulai dari berbagai wisata alam, sejarah hingga berbagai pilihan hotel.

Kali ini Travelandword meminati beberapa Wisata Pintar di Padang. Kalau butuh rekomendasi liburan ke Padang, pantai-pantai berikut ini bisa jadi masukan Daftar Keinginan Anda.

Rekomendasi tempat wisata pantai di Padang yang bagus

Setiap pantai tentunya memiliki ciri khas dan keindahan tersendiri. Mulai dari pantai berpasir putih hingga pantai dengan berbagai fasilitas modern.

pantai air tawar

Pantai favorit di Padang, pantai air tawarPantai favorit di Padang, pantai air tawar

Pantai Air Manis adalah salah satu pantai paling populer di Padang. Pantainya cukup bersih dan menyuguhkan pemandangan sunset yang indah di sore hari. Pantainya cenderung landai dan ombaknya tidak terlalu besar. Dari anak kecil hingga orang dewasa, cukup banyak yang bermain air di bibir pantai. Untuk hiburan yang lebih menantang, ATV dan permainan perahu juga tersedia.

  • Harga tiket: Rp 5.000 (anak-anak) dan Rp 10.000 (dewasa)
  • Alamat : Desa Air Manis, Kecamatan Padang Selatan, Kota Padang

Pantai Carocok Painan

carocok painan beach padang via google maps arseno irvanocarocok painan beach padang via google maps arseno irvano

Pantai berpasir putih, pantai yang tenang, dan pegunungan hijau di sekitarnya hanyalah beberapa keindahan yang ditawarkan pantai ini tidak jauh dari kota Padang. Selain itu, Pantai Carocok merupakan surganya menunggang kuda pantai, dilengkapi dengan banana boat, donut boat, snorkeling, dan jet ski.

  • Harga tiket: Rp 5.000/orang
  • Alamat : Kota Painan, Kabupaten Pesisir Selatan, Sumatera Barat

Pantai Nirwana

Rekomendasi Pantai Pantai Nirvana di Padang via ig@makyu501Rekomendasi Pantai Pantai Nirvana di Padang via ig@makyu501

Untuk penggemar fotografi, ini adalah salah satu pantai terbaik untuk dikunjungi. Pantai Nirvana dianggap sebagai salah satu tempat terbaik untuk berburu foto keren, apalagi dengan pemandangan sunset sore hari. Ombak tenang di pantai dan deretan pohon kelapa di dekatnya hanyalah beberapa gambaran keindahan pantai ini.

  • Harga tiket: Rp 15.000 (anak-anak) dan Rp 20.000 (dewasa)
  • Alamat: Jl. Raya Padang – Painan, Tlk. Bayur, Kota Padang, Sumatera Barat

Pantai Gandoriah

Pantai Gandoriah Padang Pariaman via ig @ayokepariamanPantai Gandoriah Padang Pariaman via ig @ayokepariaman

Selain itu, ada Pantai Gandoriah yang terletak di kawasan Padang Pariaman. Rasanya pantai ini tak hanya bisa ditertawakan saat liburan di Padang. Selain keindahan pantainya, ada juga beberapa tempat yang Instagrammable untuk berfoto. Konon nama Gandoriah berasal dari seorang gadis dalam cerita rakyat Minangkabau.

  • Harga tiket: Rp 5.000/orang
  • Alamat: Jl. Nasri Nasar, Pariaman Tengah, Pariaman, Sumatera Barat

Pantai pulau sirandah

Pantai Pulau Sirandah via ig @PulausirandahPantai Pulau Sirandah via ig @Pulausirandah

Pulau Sirandah terkenal dengan air lautnya yang super jernih dan pantai berpasir putih di sepanjang pesisirnya. Ada juga pulau kecil berbentuk kura-kura di dekat pulau tersebut. Keindahan alam bawah lautnya juga cocok untuk aktivitas seperti snorkeling dan diving.

  • Harga tiket: –
  • Alamat: Kecamatan Bungus Teluk Kabung, Kota Padang, Provinsi Sumatera Barat.

Pantai Karolina

Carolina Beach via ig @pantaicarolinapadangCarolina Beach via ig @pantaicarolinapadang

Rekomendasi wisata pantai di Padang selanjutnya adalah Pantai Caroline yang terletak di kawasan Bungus. Letaknya di kawasan Teluk Bungus dan memiliki ombak yang landai. Pemandangan alam di sekitarnya sangat eksotis. Pengunjung bisa bersantai, bermain air, atau berteduh di bawah pohon yang tidak jauh dari bibir pantai. Tur perahu juga tersedia untuk berkeliling dan menjelajahi keindahan pantai lebih jauh.

  • Harga tiket: Rp 10.000/orang
  • Alamat: Jl. Padang Painan, Bungus Selatan, Bungus Teluk Kabung, Bungus Sel., Kec. Bungus Tlk. Duka, Kota Padang, Sumatera Barat.

pantai pulau pasumpahan

Wisata pantai pulau pasumpahan via ig @Pulau_pasumpahanWisata pantai pulau pasumpahan via ig @Pulau_pasumpahan

Ada banyak pulau kecil yang masuk dalam wilayah administrasi kota Padang. Salah satunya adalah Pulau Pasumpahan yang menawarkan birunya air laut berpadu dengan pasir putih. Air laut yang jernih, pepohonan hijau dan pantai berpasir putih menawarkan kombinasi yang istimewa. Masuk ke pulau ini hanya Rp 15.000, tapi tentunya siapkan uang untuk penyeberangan kapal.

  • Harga tiket: Rp 15.000/orang
  • Alamat: Tlk. Kabung Sel., Kec. Bungus Tlk. Duka, Kota Padang, Sumatera Barat.

Pantai Taplau Padang

Rekomendasi pantai Taplau di Padang via ig @pantaipadangRekomendasi pantai Taplau di Padang via ig @pantaipadang

Taplau adalah istilah bahasa Minang yang merupakan akronim dari tapi lauik, juga dikenal dengan nama pantai. Pantai Padang merupakan pantai yang cukup modern dengan garis pantai yang panjang. Daya tarik lainnya adalah pasir putih dan sebuah bukit bernama Gunung Padang.

  • Harga tiket: Rp 5.000/orang
  • Alamat : Flamboyan Baru, Kec. Padang Bar., Kota Padang, Sumatera Barat

Pantai berpasir Jambak

via ig @pantai_pasir_jambakvia ig @pantai_pasir_jambak

Pantai yang ada di kota padang ini tidak kalah keren dengan beberapa pantai di atas. Menghadirkan hamparan pantai yang panjang, deretan pohon kelapa yang tertata rapi dan panorama matahari terbenam atau disebut juga sunset yang eksotik. Keistimewaan lainnya adalah pasirnya yang merupakan perpaduan warna putih dan coklat. Ada banyak kegiatan yang bisa Anda lakukan, mulai dari berburu kuliner santai hingga berselancar.

  • Harga tiket: gratis
  • Alamat: Jl. Teratai, Pasie Nan Tigo, Kec. Koto Tangah, Kota Padang, Sumatera Barat.

Wisata Pulau Mandeh

Wisata Pulau Mandeh Padang melalui ig @mandeh_wishland_tourWisata Pulau Mandeh Padang melalui ig @mandeh_wishland_tour

Pulau Mandeh adalah salah satu tujuan wisata paling populer di pantai selatan Sumatera Barat. Pulau dengan luas 18.000 ha ini sudah dikenal luas baik di kalangan wisatawan lokal maupun mancanegara. Keindahan teluk, hijaunya perbukitan dan nusantara terlihat begitu mempesona. Karena kecantikannya itu, ia sering disebut sebagai Raja Ampatnya Sumatera. Tentunya untuk menuju ke sana Anda membutuhkan perahu untuk menyeberang.

  • Tiket Masuk: Dari Rp 250.000/orang (Paket Tour)
  • Alamat: Ganting Parak Gadang, Kec. Padang Utara, Kota Padang, Sumatera Barat.

Klub Pantai Marawa

wisata pantai padang indah marawa beach clubwisata pantai padang indah marawa beach club

Marawa Beach Club merupakan wisata bahari dengan konsep beach club, seperti yang umum di Bali. Kolaborasi antara Rans Entertainment dan Syah Establishment ini menampilkan tempat-tempat wisata populer dan terkini di Padang. Tur standar internasional juga tidak meninggalkan unsur budaya. Hal ini tercermin dari arsitektur restoran bergaya rumah Gadang.

  • Tiket masuk : Rp 50.000 (anak-anak), Rp 100.000 (dewasa)
  • Alamat: Kawasan Pantai Air Manis, Kec. Padang Sel., Kota Padang, Sumatera Barat.

Pulau Sikuai

Objek wisata pantai selanjutnya yang bisa Anda kunjungi adalah Pulau Sikuai. Pulau ini biasa disebut sebagai paket wisata pulau bersama Pulau Sirandah, Pulau Pasumpahan dan sejumlah pulau kecil lainnya. Pulau ini memiliki iklim tropis dan pantai berpasir putih sepanjang tahun. Sekitar 2,4 ha dari luas pulau digunakan sebagai tempat rekreasi, selebihnya adalah pantai dan hutan.

  • Harga Tiket: Mulai dari Rp 200.000/orang (Paket Tour Pulau Padang 1 Hari)
  • Alamat : Bungus Kecamatan Teluk Kabung Kota Padang.

Pulau Pagan

Juga ada Wisata Pulau Pagang yang letaknya tidak jauh dari kawasan wisata Mandeh dan berada di dekat Pulau Pamutus. Meski tidak jauh dari Kota Padang, sebenarnya secara administratif berada di wilayah Kabupaten Pesisir Selatan. Pulau ini dikelola oleh keluarga Sultan Taharudin.

  • Harga Tiket: Mulai dari Rp 200.000/orang (Paket Tour Pulau Padang 1 Hari)
  • Alamat : Kecamatan Koto XI Tarusan, Kabupaten Pesisir Selatan, Provinsi Sumatera Barat.

Pantai Puru

Pantai Puruih PadangPantai Puruih Padang

Sejak tahun 2022, Kota Padang mencanangkan program desa bertema di setiap kecamatan. Salah satu prioritasnya adalah Desa Elo Pukek yang terletak di kawasan Pantai Puruih. Pecinta wisata dapat menikmati kawasan pantai, berburu sunset dan berburu kuliner melihat aktivitas para nelayan.

Itu tadi beberapa rekomendasi wisata pantai di Padang Sumatera Barat. Tentu masih banyak pantai yang bisa dijelajahi, namun beberapa pantai di atas adalah yang paling direkomendasikan untuk dimasukkan dalam agenda liburan kali ini.

Source: travelandword.com

Related Articles

Back to top button