Tempat Wisata

14 Tempat Wisata Terbaru di Sragen & Lebih Hits Dikunjungi

Sragen merupakan salah satu ibu kota kabupaten di provinsi Jawa Tengah yang letaknya tidak jauh dari kota Surakarta, hanya sekitar 30 km. Dikenal sebagai Kota Fosil, Kabupaten Sragen dijuluki Bumi Sukowati, artinya nama yang digunakan pada masa pemerintahan Kasunanan Surakarta.

Dengan kekayaan alam dan kreativitas manusia, Kabupaten Sragen memiliki beberapa tempat wisata yang bisa dinikmati. Dari wisata air, pegunungan hingga museum, Sragen menjadi playlist banyak destinasi wisata.

Sragen tidak hanya menampilkan keindahan dan keunikannya, tetapi juga menawarkan wisata pembelajaran atau pendidikan yang dijalankan oleh para pebisnis lokal yang menginspirasi. Wisata edukasi ini dipimpin langsung oleh pengelola yang memberikan pengunjung pengetahuan dan pengalaman baru. Di bawah ini adalah daftar tempat wisata di Sragen yang wajib Anda kunjungi saat berlibur.

1. Wisata Air Panas Bayanan

Wisata Air Panas BayananKredit foto: Facebook Nufria Yahim

Pemandian Air Panas Bayanan ini terletak di Desa Jambean, Kecamatan Sambirejo, Pemandian Air Panas Bayanan Sragen juga dikenal dengan nama Hyang Tirto Nirmolo. Pengunjung bisa merasakan air panas tepat di sumbernya.

Masyarakat setempat percaya bahwa sumber air panas Hyang Tirto Nirmolo mampu menyembuhkan berbagai jenis penyakit seperti rematik dan gatal-gatal, menurunkan kolesterol dan menjaga kebugaran bagi siapapun yang berendam di dalamnya.

harga tiket: Rp5.000; Bahan pengikat: pemeriksaan situs
Alamat: Batugamping, Jambeyan, Sambirejo, Cab.Sragen, Jawa Tengah.

2. Wisata Air Panas Ngunut

Lokasi: Sambirejo, Kembang, Jetis, Kab. Sragen, Jawa Tengah.  - Kredit foto dari Ceritapiknik.comKredit Foto: Google Maps Kecreng Ashari

Pemandian air panas ini menawarkan suasana alam yang sangat asri dan alami serta banyak dikunjungi wisatawan pada hari libur maupun hari biasa. Terletak di Ngunut, Desa Jetis, Kecamatan Sambirejo, sangat strategis untuk dikunjungi.

Membenamkan diri dalam air hangat dan alami memberi setiap orang perasaan unik. Air panas belerang dipercaya dapat menyembuhkan penyakit kulit seperti gatal-gatal, dll. Pemandian air panas ini berasal dari Gunung Lawu.

harga tiket: Rp5.000; Bahan pengikat: pemeriksaan situs
Alamat: Sambirejo, Kembang, Jetis, Sragen, Cab Sragen, Jawa Tengah.

3. Wisata Alam Betisrejo

Wisata alam BetisrejoSumber Gambar: Google Maps Wawan Kurniawan

Masih di kecamatan Sambirejo, wisata alam ini terletak di desa Betisrejo yang dikenal sebagai desa wisata. Wisata Desa Betisrejo Selain menampilkan pemandangan alam yang indah seperti persawahan dan pegunungan, wisata ini juga mengenalkan pengunjung pada pengolahan hasil pertanian secara organik.

Selain mengolah pertanian organik, wisata Betisrejo juga menawarkan homestay bagi pengunjung yang menginap. Ada juga tempat pijat tradisional, pemandian air panas dan juga tempat tradisional pembuatan tempe, selain itu ada juga cagar alam yang bisa anda kunjungi.

harga tiket: Gratis; Bahan pengikat: pemeriksaan situs
Alamat: Desa Jambeyan, Kabin Sragen, Jawa Tengah.

4. Wisata petik buah di desa Sigit

Petik buah di Desa SigitKredit foto: Facebook oleh Puang Ichal

Salah satu agrowisata di Kabupaten Sragen yang terletak di Desa Sigit Kecamatan Tangen ini menawarkan tanaman jambu kristal dan kelengkeng yang bisa dipetik langsung. Untuk memasuki desa wisata ini, pengunjung cukup membayar sekitar Rp 20.000/orang.

Dalam wisata buah di Desa Sigit ini, terdapat 385 pohon kelengkeng yang bisa dipangkas pengunjung untuk dinikmati. Berlibur di kebun ini, pengunjung bisa menikmati buah kelengkeng sepuasnya.

harga tiket: Rp20.000; Bahan pengikat: pemeriksaan situs
Alamat: Desa Sigit, Kec. Tangen, Cab.Sragen, Jawa Tengah.

5. Wisata di Taman Sukowati

Wisata di Taman SukowatiKredit foto: Facebook 2ns_custom

Sebagai salah satu Ruang Terbuka Hijau (RTH) di Kabupaten Sragen, Taman Wisata Sukowati terletak di Desa Sine. Taman ini dibangun oleh pemerintah Sragen dan berfungsi sebagai tempat istirahat dan relaksasi bagi setiap orang yang berkunjung ke Sragen.

Dengan berbagai jenis pohon yang ditanam di taman ini membuat sangat sejuk dan nyaman untuk kegiatan santai atau bersantai. Letaknya yang strategis dengan kondisi alam dan asri membuat banyak pengunjung menikmati suasana Taman Sukowati ini.

harga tiket: Gratis; Bahan pengikat: pemeriksaan situs
Alamat: Sin, Kec. Sragen, Cab.Sragen, Jawa Tengah.

6. Wisata Alam Dayu Park yang Indah

Wisata Taman Asri Alam DayuKredit foto: Google Maps Hudzaifah Abu

Terletak di Desa Dayu, Kabupaten Sragen, Taman Dayu Alam Asri memiliki konsep wisata edukasi. Selain tempat rekreasi, Taman Dayu Alam Asri umumnya memiliki kebun binatang dimana terdapat berbagai spesies hewan yang bisa Anda lihat secara langsung. Hewan tersebut antara lain kanguru, ular, burung merak, elang dan berbagai jenis hewan lainnya.

Selain itu juga terdapat taman lalu lintas, flying fox, kolam renang, dan juga agrowisata atau wisata pertanian, sehingga keindahan alam Dayu Park banyak diminati oleh para pengunjung dari kalangan dewasa hingga anak-anak.

harga tiket: Rp5.000; Bahan pengikat: pemeriksaan situs
Alamat: Gembong, Saradan, Karangmalang, Cab.Sragen, Jawa Tengah.

7. Wisata Taman Bunga Ganesha Sukowati

Taman Bunga Ganesha SukowatiKredit foto: Google Maps Lab Multimedia

Terletak di Dusun II, Gemolong, Kabupaten Sragen, taman ini menawarkan suasana alami karena terdapat pepohonan rindang yang bagus untuk menghilangkan penat. Pengunjung bisa menikmati suasana alam ini bersama teman atau keluarga.

Tidak hanya pemandangan pepohonan, tetapi juga taman bermain anak-anak, gazebo, kolam ikan dan kelinci serta burung merpati yang akan membuat pengunjung merasa nyaman ketika berada di sana.

harga tiket: -; Bahan pengikat: pemeriksaan situs
Alamat: Sin, Kec. Sragen, Cab.Sragen, Jawa Tengah.

8. Wisata Jalan Kaki Alun-Alun Kabupaten Sragen

Alun-alun Kabupaten SragenSumber gambar: Google Maps Herry Trisnadi

Alun-alun bernama Sasono Langen Putro ini dibangun sebagai salah satu ikon Kabupaten Sragen. Ada air mancur di alun-alun ini dan juga prasasti Sragen yang bagus yang bisa dijadikan spot foto bagi pengunjung.

Panggung terbuka didirikan di alun-alun di sisi utara alun-alun. Di sebelah barat dan timur Sasono Langen Putro terdapat air mancur dengan diameter lingkaran 15 meter. Ada jalur bebas hambatan bagi penyandang disabilitas di sisi panggung.

harga tiket: Gratis; Bahan pengikat: pemeriksaan situs
Alamat: J L. Raya Sukowati, Magero, Sragen Tengah, Kec. Sragen, Cab.Sragen, Jawa Tengah.

9. Wisata Alam Kedung Grujug

wisata alam Kedung GrujugSumber gambar: Google Maps Tiwi Saputri

Berada di Dusun Pungkruk, Kecamatan Miri, Kabupaten Sragen, Desa Doyong merupakan salah satu surga tersembunyi di Sragen. Wisata air terjun yang bisa membuat liburan anda tidak terlupakan, pesona air terjun yang tingginya sekitar 3 meter ini membuat Kudung Grujug tidak kalah indahnya dengan air terjun lainnya.

Di lokasi air terjun ini terdapat relief bebatuan yang ditata secara alami untuk menambah keunikannya. Tebing bebatuannya sangat cocok untuk kegiatan foto.

harga tiket: Gratis; Bahan pengikat: pemeriksaan situs
Alamat: Sendangboto, Soko, Kec. Miri, Cab.Sragen, Jawa Tengah.

10. Wisata Air Terjun Dung Jengglong

Wisata Air Terjun Dung JenglongKredit foto: Google Maps Bekti Sulasyono

Dengan kesegaran airnya yang masih alami, Wisata Air Terjun Dung Jengglong ini sangat pas untuk dijadikan tujuan wisata. Ada kolam biru lembut yang memanjakan mata setiap orang yang melihatnya.

Lokasi Air Terjun Dung Jengglong berada di Sungai Jengglong, Dukuh Mojolegi, Desa Bagor, Kecamatan Miri, Kabupaten Sragen. Liburan Anda akan terasa berharga dengan pesona alam air terjun Dung Jengglong ini.

harga tiket: -; Bahan pengikat: pemeriksaan situs
Alamat: Pungkruk, Doyong, Kec. Miri, Cab.Sragen, Jawa Tengah.

11. Banyak wisata gunung Strawung

Banyak Tur Gunung ShawungSumber Gambar: Kursus Bahasa Jepang Wiratama Facebook

Merupakan tempat wisata pegunungan di Srawung, Kabupaten Sragen, Jawa Tengah dan menawarkan pemandangan yang tidak kalah indahnya dengan pegunungan. Properti wisata di Sragen ini sangat cocok bagi para pelancong atau pecinta alam yang ingin menikmati keindahan dan keunikan pegunungan yang banyak tersebut.

Untuk menghargai keindahan dari banyak puncak gunung ini, pengunjung harus berjalan melalui jalan setapak dan membutuhkan sedikit usaha. Namun, keindahan yang ditawarkan oleh banyak gunung ini ketika Anda mencapai puncak akan membalas semua kelelahan Anda.

harga tiket: -; Bahan pengikat: pemeriksaan situs
Alamat: Desa Shawung, Kabin Sragen, Jawa Tengah.

12. Wisata Petilasan / Makam Joko Tingkir

Makam Joko TingkirSumber gambar: Twitter harian Yogyakarta

Makam Joko Tingkir merupakan salah satu destinasi wisata religi di Kabupaten Sragen yang terletak di Desa Butuh, Kecamatan Plupuh, tepat di tepi Sungai Solo. Wisata religi ini meliputi makam Joko Tingkir atau Sultan Hadiwijaya dan juga menyertakan orang tua Joko Tingkir.

Wisata ini cocok bagi Anda yang menyukai destinasi wisata sejarah, karena terdapat beberapa benda kuno yang digunakan oleh Sultan Hadiwijaya pada masa kejayaannya, seperti Getek Telaga Boro, getek bersejarah yang didaki oleh Joko Tingkir.

harga tiket: -; Bahan pengikat: pemeriksaan situs
Alamat: Butuh, Gedongan, Plupuh, Dusun II, Gedongan, Kec. Plupuh, Cab.Sragen, Jawa Tengah.

13. Museum Prasejarah Sangiran

Museum Prasejarah SangiranKredit foto: Facebook Devi Ardiansyah

Museum ini memiliki sekitar 12.685 koleksi fosil prasejarah, sehingga museum ini ditetapkan sebagai Situs Warisan Dunia oleh UNESCO. Kabupaten Sragen dikenal sebagai salah satu situs tempat ditemukannya fosil manusia purba. Jika Anda mengunjungi museum ini, Anda dapat langsung melihatnya.

Berkunjung ke Museum Prasejarah Sangiran sangat baik karena merupakan sarana edukasi untuk memahami perkembangan sejarah. Museum ini terletak di Desa Krikilan, Kecamatan Kalijambe, Kabupaten Sragen.

harga tiket: Rp8.000; Bahan pengikat: pemeriksaan situs
Alamat: Kebayanan II, Krikilan, Kec. Kalijambe, Cab.Sragen, Jawa Tengah.

14. Kunjungan ke Galeri Batik Sukowati

Galeri Batik SukowatiKredit foto: Google Maps Clarissa Julia

Bagi penikmat wisata ikat celup atau keistimewaan ikat celup lainnya, wisata galeri ikat celup Sukowati sangat cocok untuk Anda. Tur ini menampilkan berbagai model tie-dye yang memanjakan mata dengan keindahan dan keunikannya masing-masing.

Wisata ini tidak hanya ramai dikunjungi pada hari libur, hari-hari biasanya masih ramai pengunjung. Lokasi Galeri Batik Sukowati sangat strategis yaitu di Desa Sragen Kabupaten Sragen.

harga tiket: -; Bahan pengikat: pemeriksaan situs
Alamat: J L. Maospati, Magero, Sragen Tengah, Kec. Sragen, Cab.Sragen, Jawa Tengah.

Demikian informasi daftar destinasi wisata di Sragen yang bisa anda kunjungi untuk mengisi waktu liburan atau akhir pekan anda. Gunakan waktu liburan Anda untuk memanjakan keluarga dan mata Anda serta mengunjungi destinasi wisata yang diinginkan.

Source: www.itrip.id

Related Articles

Back to top button