Berita Wisata

15 Destinasi Wisata Purwokerto Yang Paling Direkomendasikan Untuk Dikunjungi

Suasana Eropa di Desa Purwokerto. @Naila Rifngatul M./GoogleMaps

Village Purwokerto adalah taman wisata bergaya Eropa yang cocok untuk liburan keluarga atau pasangan.

Destinasi yang terletak di Rempoah, Baturaden Banyumas ini menggoda dengan dekorasi khas Eropanya instagramable jika digunakan untuk background foto.

Tidak hanya itu, ada juga berbagai pilihan aktivitas dan wahana untuk anak-anak, seperti memberi makan ikan, rubah terbang, perahu pedal, kereta mini, sepeda terbang, rumah kelinci, rumah burung, berkuda, kebun binatangsebaik tempat bermainpedalaman dan Di luar.

Jam buka: Buka setiap hari dari pukul 08:00 hingga 17:00

2. Taman Surgawi

Sky Garden menyuguhkan pemandangan indah yang cocok untuk tempat menginap keluarga. @Instagram/tamanlangitrestaurant

Seperti namanya, Taman Langit merupakan destinasi wisata yang menampilkan keindahan alam Purwokerto yang luar biasa.

Taman Surga terletak di Dusun II, Kebumen. Baturaden, Banyumas merupakan taman bermain dimana Anda dapat berinteraksi dengan beberapa jenis hewan yang telah dijinakkan sekaligus menjadi tempat berkemah yang sempurna untuk tinggal keluarga.

Ada juga restoran dan kafe yang menawarkan berbagai pilihan kuliner lezat dengan harga terjangkau. Wisata ini buka setiap hari mulai pukul 11:00 hingga 22:00 WIB.

3. Dunia Kecil Baru Purwokerto

Taman miniatur ikon dunia, New Small World Purwokerto. @@Dunia kecil baru

Ingin keliling dunia dalam sehari? Ayo ke New Small World yang ada di Jl. Raya Baturaden Barat, Karangmangu, Baturaden, Purwokerto saja!

New Small World adalah sebuah taman wisata yang dapat membuat Anda merasakan sensasi berkeliling dunia melalui miniatur yang ada di taman ini seperti Patung Liberty, Menara Pisa, Stadion besarGedung Putih, Menara Kembar Petronas, rumah tradisional Korea dan Jepang.

Apalagi dekorasi Dunia Kecil Baru tidak kalah menakjubkan dan instagramable. Ada banyak dekorasi menarik seperti pohon sakura, sayap kupu-kupu, terowongan bunga, taman tulip yang bisa kamu buat konteks mengambil gambar.

Berbicara tentang fasilitas, New Small World juga menawarkan serangkaian fasilitas pendukung seperti kolam renang, gazebo, toilet, area parkir, mushola dan masih banyak lagi.

Jam Buka: Buka setiap hari dari pukul 8:00 pagi hingga 4:00 sore.

Baca juga: Ayo keliling dunia di New Small World Purwokerto

4. Alun-Alun Kota Purwokerto

Suasana malam di Alun-Alun Purwokerto. @Andi Adiguna/Flickr

Hampir di setiap daerah, alun-alun menjadi salah satu destinasi favorit sekaligus tempat berkumpul yang asyik. Hal ini juga berlaku untuk alun-alun kota Purwokerto.

Alun-Alun Kota Purwokerto merupakan salah satu destinasi wisata yang wajib Anda kunjungi karena segudang daya tariknya.

Waktu terbaik berwisata ke destinasi ini adalah pada malam hari karena suasananya lebih semarak dan juga terdapat sejumlah pilihan kuliner Purwokerto yang siap memanjakan perut Anda. Tempat ini terbuka untuk umum setiap hari.

5. Menara Pandang Teratai Purwokerto

Kemegahan Menara Observasi Teratai, ikon baru Purwokerto. Instagram/banyumaslandscaper

Menara Pandang Teratai adalah tempat wisata terbaru yang saat ini dikunjungi di Purwokerto. Menara setinggi 117 meter ini juga menjadi icon baru Purwokerto yang selalu ramai dikunjungi pengunjung karena desain bangunannya yang menarik dan jembatan kaca di lantai 3 yang mengundang rasa penasaran para wisatawan.

Dalam perjalanan ke Purwokerto? Yuk, singgah di Lotus View Tower yang terletak di Jalan Bung Karno, Kalibener, Purwokerto, dan rasakan sendiri sensasi mendebarkan melintasi jembatan kaca. Lotus View Tower buka dari hari Senin hingga Minggu dari pukul 09:00 hingga 22:00 WIB.

6. Taman Mas Kembang

Kolam ikan di Taman Mas Kemambang dengan puluhan ribu ikan nila menghiasinya. @Instagram/wisatawan

Wisata Purwokerto selanjutnya adalah Taman Mas Kemambang. Daya tarik destinasi ini tentu saja taman terapung dengan ribuan ikan nila cantik menghiasinya. Ada beberapa wahana yang juga bisa Anda coba seperti bebek air, gubuk, tempat bermainpabrik dan homestay.

Tidak hanya itu, ada juga area bermain anak dan tempat foto keren buat kamu selfie disini. Taman Maskemambang buka setiap hari mulai pukul 09:00 hingga 17:00 WIB.

7. Meja Bukit Batu

Pemandangannya seperti lukisan alam di atas bukit meja Watu. @@Tyo Satriany/Wikimedia

Ingin mencoba wisata alam dengan pemandangan yang menakjubkan? Maka Anda harus pergi ke Bukit Watu Meja. Hanya di sini Anda dapat menikmati melihat keagungan Gunung Slamet dan dihiasi Sungai Serayu, kasar kereta api dan lembah hijau yang akan memberikan pengalaman liburan yang tak terlupakan.

Jam buka: Buka setiap hari dari pukul 08:00 hingga 18:00

Baca juga: Nikmati eksotisme alam Jawa Tengah di Bukit Watu Meja

8. Kebun Raya Baturraden

Kebun Raya Baturraden, tempat paling cocok untuk penyembuhan. @Muhammad Angki Prasetyo/Flickr

Jika Anda ingin liburan baik untuk menenangkan pikiran atau sembuh, Anda wajib mengunjungi Kebun Raya Baturraden. Kebun raya yang berasa di kawasan hutan ini memiliki keindahan yang luar biasa dengan udaranya yang sangat murni dan segar yang pastinya bisa menenangkan pikiran dan membuat lebih rileks.

Ada juga air terjun dan ketat yang menambah kelengkapan destinasi wisata ini. Tidak hanya menikmati alam yang indah dan asri, sahabat GNFI juga bisa pelacakan hutan dan jelajahi Kebun Raya dengan Jeep. Harga tiketnya juga sangat terjangkau. Anda bisa datang kapan saja karena tempat ini beroperasi setiap hari mulai pukul 06:00 hingga 16:00 WIB.

9. Taman Andhang Pangrenan Purwokerto

Taman Andhang Pangrenan, Bekas Terminal Berubah Menjadi Taman Indah @Instagram/fadilfauzi

Siapa sangka taman indah di Purwokerto ini dulunya merupakan terminal tua. Dengan daya tariknya, Taman Andhang Pangrenan menjadi primadona tempat wisata di kabupaten ini setelah Alun-Alun Purwokerto.

Menikmati waktu liburan di sini paling cocok bersama keluarga, apalagi jika tersedia fasilitas yang sangat memadai seperti mushola, tempat duduk, toilet, sepeda, skutik, becak mini dan mobil kecil yang bisa digunakan secara gratis. Jam Buka: Buka dari Senin hingga Minggu dari pukul 08:00 hingga 22:00 WIB.

Baca lebih lanjut tentang: Menyukai Akhir Pekan? Yuk, ke Taman Andhang Pangrenan!

10. Air Terjun Gomblang

Wisata alam air terjun Gomblang di kaki Gunung Slamet. @Erhan Untoro/Flickr

Air Terjun Gomblang adalah tempat wisata Purwokerto yang terletak di kaki Gunung Slamet. Memiliki ketinggian sekitar 50 meter, pemandangan yang disajikan di sini sangat indah dengan udara yang sangat segar dan murni.

Di sekitar area ini juga direncanakan area camping dengan hamparan hutan pinus yang menyejukkan sejauh mata memandang. Ingin tinggal khusus dengan berkemah di sini? Langsung menuju lokasi Kedungbanteng, Banyumas!

Jam Operasional: Buka 8:00 pagi sampai 5:00 sore WIB Senin sampai Minggu.

11. Danau Senyap

Telaga Sunyi, tempat santai di Purwokerto yang wajib anda kunjungi. @Christopher Woodrich/Flickr

Wisata bahari selalu berhasil menjadi anti stress terbaik saat liburan. Jika sedang berada di daerah Banyumas jangan lupa mampir ke Telaga Sunyi yang bisa menghilangkan stress dari rutinitas kerja atau materi kuliah yang semakin berat.

Anda bisa berenang atau mandi di danau yang indah ini dengan melihat hutan alam dan segar. Di ujung danau juga terdapat air terjun kecil, yang airnya langsung berasal dari mata air Gunung Slamet. Danau ini buka setiap hari mulai pukul 10 pagi hingga sore hari sekitar pukul 5 sore. Pembatasan ini diperlukan agar pengunjung tidak memasuki kawasan danau saat hari sudah gelap.

12. Hutan Pulau Purwokerto

Keindahan taman bunga The Forest Island. @Instagram/theforestisland.id

Pulau hutan merupakan tempat wisata yang memadukan 2 unsur wisata dalam satu tempat yaitu keindahan taman bunga dan kolam renangnya. Ada kolam khusus untuk wanita dan anak-anak, jadi Anda bisa mengajak keluarga besar tanpa terkecuali.

Menariknya, air kolam tersebut berasal dari sumber alami tanpa klorin, sehingga tentunya sangat sejuk dan menyegarkan. Jam buka setiap hari dari pukul 08:00 hingga 17:00 WIB untuk umum.

13. Mandi Anak Anjing

Pancurkan Pitu dengan pesonanya yang luar biasa. @yud1/Flickr

Pancuran Pitu adalah salah satu sumber air panas yang populer di Purwokerto. Selain itu, disini juga disediakan layanan pijat belerang yang dapat menghilangkan rasa lelah dan pegal-pegal pada tubuh.

Tempatnya cukup luas dan nyaman, serta terdapat beberapa fasilitas seperti kamar mandi, kabin dan rest area. Buka 8:00 pagi hingga 4:00 sore WIB hari kerja dan akhir pekan.

14. Wisata Baturraden Lo

Tempat terindah di tempat wisata Baturraden dengan pemandangan yang menakjubkan. @Instagram/info_baturraden

Baturraden Lokawisata merupakan tempat wisata alam yang berada di ketinggian ±650 meter di atas permukaan laut, dengan didukung oleh udara yang segar dan bersih, Anda dapat menikmati panorama perbukitan hijau, sungai dan air mancur.

Ada juga berbagai tempat foto-foto menarik, salah satunya adalah jembatan kaca menuju perbukitan hijau asri yang menjadi tempat favorit wisatawan. Di tempat wisata paling populer di Purwokerto ini juga terdapat sejumlah fasilitas seperti tempat parkir yang cukup luas, penjual makanan dan penjual souvenir yang tentunya sangat ekonomis.

Jam buka: Buka setiap hari mulai pukul 05:00 hingga 15:30

15. Wisata Cilongok Pereng

Wisata Pereng Cilongok, wisata keluarga dengan keindahan alam Purwokerto yang menakjubkan. @Instagram/wisataperengcilongok

daftar Rekomendasi wisata kali ini berakhir di Wisata Pereng Cilongok. Wisata Pereng Cilongok merupakan sebuah taman wisata di Purwokerto yang cocok untuk keluarga dan anak-anak. Ada banyak wahana yang bisa Anda coba seperti kolam renang, bebek, becak mini, kolam ikan dan jembatan sepeda.

Kawasan wisata ini juga menawarkan gazebo, mushola, ruang bilas, tempat parkir yang luas, dan juga kafe yang bisa menyumbat perut agar tidak kelaparan setelah berenang. Menara Cilongok buka dari hari Senin hingga Minggu dari pukul 08:00 hingga 16:30 WIB.

Demikian ulasan mengenai 15 tempat wisata di Purwokerto yang paling direkomendasikan untuk dikunjungi. Nah, dari 15 destinasi di atas, mana yang ingin kamu kunjungi pertama kali?

Source: news.google.com

Related Articles

Back to top button