Tempat Wisata

15 Makanan Khas Pedas dan Gurih dari Restoran Padang A la Padang

Berbicara tentang kuliner di Indonesia tidak cukup hanya menyebut satu daerah saja. Karena Indonesia memiliki keragaman budaya yang besar dan merupakan negara kepulauan.

Setiap daerah di Indonesia pasti memiliki masakannya masing-masing dengan resep dan bumbu khas yang berbeda-beda. Rasanya sangat bervariasi sehingga setiap orang yang mencicipinya mendapatkan perasaan yang berbeda.

Seperti halnya Padang, kota di provinsi Sumatera Barat ini memiliki masakan yang sangat khas dan terkenal di seluruh nusantara. Siapa yang tidak tahu, makanan gurun?

Makanan yang sering kita jumpai di berbagai warung Padang ini memiliki cita rasa yang unik yaitu perpaduan rasa gurih dan pedas. Selain rasanya yang enak, makanan khas Padang juga menjadi primadona di berbagai daerah di Indonesia.

Daftar makanan khas Padang

Berbagai jenis makanan khas Padang akan kami rangkum dalam daftar di bawah ini.

1. Soto Padang

Makanan ini terkenal di seluruh Indonesia, dimana setiap daerah memiliki masakan Soto khasnya masing-masing, seperti Soto Lamongan dan Coto Makasar.

Meski namanya sama, tapi rasanya berbeda. Di Padang sendiri, makanan ini memiliki kualitas berupa daging goreng atau lainnya.

Soto biasanya disajikan dengan nasi, tetapi soto padang disajikan dengan kentang dan bihun sebagai pengganti nasi. Saus yang digunakan memiliki ciri yang lebih jernih dan segar serta hanya menggunakan kaldu sapi olahan untuk sausnya.

2. Dendeng Balado

Padang terkenal dengan olahan dagingnya, sama seperti makanan yang satu ini. Dendeng balado sendiri terbuat dari daging sapi yang digoreng dengan irisan cabai balado yang diolah secara kasar.

Rasa gurih yang disuguhkan dan daging hangat yang membuat ketagihan seolah merupakan perpaduan rasa yang pas untuk membuat orang lapar.

Dagingnya yang empuk dengan rasa pedas yang gurih, makanan yang satu ini selalu diburu oleh para pecinta kuliner dari berbagai daerah di Indonesia. Dan sangat mudah untuk menemukan warung makan atau rumah makan di Padang yang sudah tersebar di seluruh Indonesia.

3. Sate Padang

Sate Padang merupakan makanan khas Padang yang sedang populer di kalangan pemburu kuliner. Sate ini memang sangat unik, mulai dari bahan yang digunakan hingga sambal yang disajikan.

Bahan utama sate ini adalah daging sapi, lidah sapi atau jeroan. Padang memiliki masakan yang sangat khas dengan bumbu khas Padang.

Sate ini memiliki rasa yang sangat enak. Kuah yang digunakan terbuat dari tepung beras yang diencerkan dengan bumbu padang.

Sate Padang memiliki berbagai jenis kuah yaitu Sate Padang Panjang kuah kuning, Sate Padang Pariaman kuah merah dan Sate Padang Kota kuah kuning.

4. Ikan Balado

Ikan balado sangat sering ditemukan di berbagai warung makan, tidak hanya di rumah makan Padang. Ikan balado sendiri memiliki cita rasa Padang yang enak.

Berbagai jenis ikan seperti tuna, bonito dan lain-lain dapat digunakan sebagai bahan pakan ini. Gurih pedas dan rasa daging ikan yang tidak diragukan lagi berpadu untuk menciptakan rasa yang sangat lezat.

Dalam penyajiannya, ikan balado biasanya disajikan dengan sayur rebusan seperti daun singkong rebus atau sawi, semakin memperkaya cita rasa di setiap gigitannya.

5. Dendeng Batokok

Ketika dendeng balado kental dengan olahan bumbu balado merah yang memiliki rasa pedas dan gurih, maka dendeng sapi menjadi sajian yang berbeda.

Perbedaannya sendiri ada pada bumbu yang melapisi irisan daging sapi yang sangat empuk. Bumbu Dendeng Batokok dipadukan dengan olahan sambal hijau yang menjadi ciri khas masakan Padang.

Walaupun makanan ini memiliki bahan yang sama yaitu daging sapi, namun sensasi rasa yang diberikan pada makanan ini juga berbeda, rasa yang diberikan saat mencicipi makanan ini adalah pedas dan asam.

6. Rendang

Untuk makanan yang satu ini, siapa yang tidak tahu? Makanan yang sering kita jumpai di berbagai acara atau di rumah makan Padang ini sudah tersebar di seluruh nusantara.

Makanan yang kaya akan daging sebagai bahan utama dan bumbu yang sangat khas bahkan disebut-sebut sebagai makanan terlezat di dunia, mustahil untuk dikonsumsi.

Proses memasak yang lama hanya berfungsi untuk memberikan rasa dan tekstur yang lembut pada daging yang sangat menyerap bumbu. Bahkan butuh waktu berjam-jam untuk mengolah makanan ini.

7. Ikan Asam

Makanan khas Padang selanjutnya yang wajib kamu coba adalah Ikan Asam Padeh. Makanan ini merupakan makanan khas Padang yang tidak menggunakan santan.

Uniknya, makanan ini memiliki kuah yang hampir mirip dengan olahan santan yang terlihat keruh. Namun, warna kuah yang keruh itu sendiri berasal dari kemiri yang digunakan sebagai bumbu kuah.

Bahan utama makanan ini adalah ikan tuna, bisa juga ikan lain seperti bonito atau bandeng. Rasa dari makanan ini sendiri adalah asam dan pedas yang berasal dari olahan gulai batu dan bumbu cabai.

8. Peretasan

Cancang adalah makanan khas Padang yang wajib kamu coba jika menyukai rasa pedas. Cancang sendiri merupakan makanan khas Padang yang terbuat dari olahan daging kambing.

Irisan tipis daging kambing yang disiram bumbu kental yang terbuat dari rempah-rempah yang diproses sangat halus dicampur dengan santan dan cabai rawit yang dihaluskan menciptakan rasa yang sangat pedas.

Daging kambing yang digunakan tidak sembarangan tetapi dipilih dari bagian dagingnya sendiri yang paling enak. Dan daging yang dipilih untuk persiapan makanan ini adalah paha, yang merupakan daging paling enak.

9. Kalio Net

Betawi identik dengan makanan khasnya, yaitu semur jengkol. Padang juga memiliki makanan khas yang terbuat dari olahan Jengkol. Meski bahannya sama, namun cara pengolahan dan bumbunya berbeda.

Kalio Jaring adalah makanan khas Padang dari Jengkol. Dimana Jengkol dipadukan dengan bumbu kari Padang dalam makanan ini.

Di Betawi, jika jengkol disajikan utuh, di Padang makan jengkol digiling sampai rata sebelum dimasak dan disajikan. Jangan lewatkan makanan yang satu ini jika Anda berkunjung ke Padang.

10. kari tauco

Gulai Tauco merupakan masakan khas Padang yang berasal dari seafood dan dipadukan dengan olahan masakan khas Padang. Bahan untuk hidangan ini adalah ikan kecil seperti tuna.

Saat diolah, makanan ini tidak hanya menggunakan ikan tetapi disertai dengan kacang hijau, udang, dan tahu. Beberapa bahan makanan disajikan bersama bumbu kari yang identik dengan masakan Padang yang kaya rempah.

Makanan ini tidak hanya memiliki cita rasa yang sangat enak dan menyajikan sajian yang sangat pedas, tetapi juga menjadi permainan bagi para wisatawan atau siapa saja yang berkunjung ke Padang.

11. Nasi Kapau

Nasi Kapau merupakan olahan nasi bungkus yang sering dijual di tempat takeaway dan sangat sering disantap untuk sarapan. Nasi ini hampir menyerupai nasi gudeg khas Jogja yang bahan utamanya nangka.

Jika gudeng menggunakan gula merah, nangka pada Nasi Kapau menggunakan kunyit dan jinten untuk memberikan warna kuning. Tentu saja rasa makanan ini sangat berbeda.

Dalam penyajiannya, sajian ini sering disajikan dengan teri goreng, dendeng, ikan asin, telur, dan masih banyak lauk lainnya sesuai selera.

12. Nasi Sala

Nasi Sala adalah makanan khas Padang yang sering disajikan dengan olahan seafood. Makanan ini berasal dari sebuah daerah di Padang yaitu Pariaman yang tempatnya dekat dengan laut yang banyak hasil lautnya.

Makanan ini merupakan makanan tradisional Pariaman sendiri, dimana masyarakat Pariaman mengolah hasil tangkapan laut dengan memadukan sayur rebus tanpa bumbu dari dulu hingga sekarang.

Meski diolah tanpa bumbu, rasa yang dihasilkan tidak boleh dianggap remeh. Dalam penyajian makanan ini sering dijumpai dengan ikan gembulo atau tenggiri.

13. Palai Rinuak

Palai Rinuak adalah makanan khas kotamadya Maninjau Padang di Sumatera Barat. Bahan utama penganan ini terdiri dari kelapa tua parut dan cabai giling, kunyit dan bawang merah. Dan dicampur dengan rinuak.

Rinuak adalah ikan air tawar yang berukuran kecil. Meski berukuran kecil, ikan ini memiliki rasa yang enak dibandingkan dengan ikan air tawar pada umumnya.

Persiapan Rinuak Palai ini hampir sama dengan Pepes. Ikan tersebut kemudian dibungkus dengan daun pisang lalu dikukus hingga matang. Setelah matang, Rinuak Palai bisa dibakar atau dipanggang hingga warna daunnya menjadi coklat.

14. Ayam goreng dari Laos

Bisa dibilang makanan ini adalah makanan jutaan orang karena bahannya yang sederhana namun memiliki rasa yang sangat nikmat. Bahan dasar utama pakan ini adalah ayam kampung, ayam yang digunakan adalah ayam kampung.

Pengolahan makanan ini pertama kali dilakukan dengan cara diungkep dengan bumbu, bawang bombay, bumbu halus dan kelapa parut. Setelah diungkep kemudian digoreng hingga matang dan berwarna kecokelatan.

Rasa makanan ini sangat gurih dan renyah. Mereka juga sangat mudah ditemukan. Selain bisa mencicipi makanan ini langsung di tempat asalnya, kamu juga bisa mencoba makanan ini yang sudah tersedia di restoran Padang di seluruh Indonesia.

15. sagu lompong

Sagu Lompong merupakan makanan khas Padang yang sudah mulai sulit ditemukan. Makanan ini termasuk dalam makanan Padang yang melegenda.

Makanan ini terbuat dari sagu. Dimana sagu dimasak dengan campuran kelapa dan pisang kemudian dibungkus dengan daun pisang.

Setelah bahan-bahan tersebut tercampur dan dibungkus dengan daun pisang, kemudian dibakar hingga mengeluarkan aroma harum yang menandakan jika makanan tersebut sudah matang. Perpaduan rasa gurih dan manis pada masakan ini menjadikan cita rasa yang identik dengan masakan khas Padang.

Ternyata bukan hanya makanan olahan yang sering kita jumpai di rumah makan Padang. Namun, masih banyak lagi olahan masakan khas Padang yang bisa kita nikmati.

Jika Anda berkunjung ke Padang, tidak lengkap rasanya jika tidak menyempatkan diri untuk berwisata kuliner di daerah tersebut. Hidangan unik dan hidangan dengan rasa yang khas membuat ketagihan.

Ini dia rangkuman makanan khas Padang yang bisa dicoba di Padang. Semoga dapat memberikan sedikit informasi dan tips kuliner selama berada di Padang.

Source: dolanyok.com

Related Articles

Back to top button