Tempat Wisata

15 oleh-oleh solo terpopuler

15 oleh-oleh solo terpopuler

Solo, juga dikenal sebagai Surakarta, adalah salah satu kota terpopuler di Jawa Tengah. Kota ini memiliki banyak tempat wisata sehingga layak untuk dikunjungi saat berlibur.

Biasanya wisatawan yang berkunjung ke Solo berasal dari kota sekitar seperti Jogja, Klaten, dll. Namun tidak sedikit juga wisatawan yang berasal dari luar provinsi, dari luar pulau, bahkan dari luar negeri.

Berkunjung ke Solo belum lengkap rasanya tanpa membeli oleh-oleh khas untuk keluarga di kampung halaman. Karena kota ini beragam, ada banyak oleh-oleh khas solo yang bisa dipilih. Setiap oleh-oleh dijamin mengingatkan Anda akan kota indah ini.

1.Panekuk

pancakeFoto oleh Tyasindayanti di Envato Elements

Serabi merupakan jajanan khas Solo yang terbuat dari bahan campuran seperti tepung terigu, santan, dan gula pasir. Proses memasaknya dipanggang, sehingga cita rasanya lebih terasa.

Serabi banyak ditemukan pada jajanan oleh-oleh yang tidak mempunyai umur simpan yang lama. Meski begitu, masakan ini menjadi oleh-oleh yang digemari karena rasanya yang lezat dan khas.

2. Rem

RemFoto oleh Ikadapurhangus di Envato Elements

Brem Solo mempunyai ciri khas bentuknya yang padat dan bulat. Meskipun Brem Solo menggunakan bahan dasar yang sama dengan Brem khas kota lainnya, namun cita rasa asamnya berbeda.

Oleh-oleh ini bisa bertahan cukup lama sehingga cocok bagi Anda yang berasal dari luar provinsi maupun luar pulau. Harganya cukup terjangkau karena tersedia berbagai varian ukuran dari kecil hingga besar.

3. Lihatlah

LihatlahFoto oleh Ikadapurhangus di Envato Elements

Intip terbuat dari kerak nasi yang dijemur di bawah terik matahari lalu digoreng dengan minyak. Jajanan sederhana yang dahulu dikenal sebagai jajanan kampung ini kini menjadi salah satu oleh-oleh khas Solo yang paling banyak dicari.

Menurut penikmatnya, kekhasan dari Peek adalah rasanya yang gurih, asin, dan manis sehingga membuat ketagihan. Makanan khas ini bisa dengan mudah Anda temukan dimana saja di kota Solo.

4. Mesran suwir

mesran parutfoto dari Kuliner tunggal di Twitter

Abon Mesran menjadi oleh-oleh khas solo berikutnya yang bisa Anda pilih. Irisan daging sapi dan ayam memiliki rasa yang gurih dan nikmat.

Abon ini terasa lebih nikmat jika disantap dengan nasi hangat. Ada dua pilihan rasa: parut pedas dan parut manis.

5. Bakpia Balong

Bakpia Balongfoto dari Deeyas di Twitter

Selain Jogja, Bakpia Balong menjadi oleh-oleh khas yang bisa dibawa pulang setelah liburan ke Solo. Bakpia ini berukuran lebih besar dibandingkan Bakpia jenis lainnya sehingga mengenyangkan saat dikonsumsi.

Konsistensinya yang sangat lembut dan isiannya yang penuh membuat bakpia ini semakin nikmat disantap. Ada berbagai rasa seperti coklat, ketan dan kacang hitam.

6. Ampyang

AmpyangFoto oleh Tyasindayanti di Envato Elements

Bagi Anda yang berasal dari luar Solo atau Jawa Tengah, Ampyang mungkin sedikit asing. Makanan ini terbuat dari kacang tanah dan gula merah.

Karena terbuat dari gula merah, Ampyang rasanya sangat manis, seperti permen dengan rasa jahe. Bentuknya sendiri bulat dan terdapat kacang yang menonjol.

7. Bengkak Tunggal

Bengkak Tunggalfoto dari Lalalalizaaaaa di Twitter

Jika Anda sedang mencari oleh-oleh khas Solo yang sedikit modern, Solo Bengkak bisa menjadi alternatifnya. Makanan berbentuk kue ini memiliki rasa yang lezat dan tekstur yang lembut.

Tersedia berbagai rasa yang bisa dipilih, yaitu coklat cornflake, stroberi, dan keju. Makanan ini bisa Anda dapatkan jika mengunjungi langsung tokonya di Jalan Ronggowarsito.

8. Emping Melinjo

Terima MelinjoFoto oleh Ikadapurhangus di Envato Elements

Emping Mlinjo mempunyai rasa yang berbeda dengan Emping lainnya sehingga banyak orang yang menyukainya. Emping mlinjo tidak hanya cocok dijadikan camilan, tapi juga cocok dipadukan dengan nasi dan sayuran lainnya.

Setiap cara pembuatannya menggunakan cara tradisional sehingga memberikan rasa Emping Mlinjo yang berani. Namun jangan mengonsumsinya terlalu banyak karena dapat menyebabkan peningkatan asam urat.

9. Roti kecil

Roti kecilfoto dari Oleh Dika Solo di Twitter

Dalam bahasa Jawa, kecik adalah isian sawo. Hal ini bukan karena roti ini menggunakan kecik sebagai bahan dasarnya, melainkan karena bentuknya yang mirip kecik.

Roti Kecik masih menggunakan bahan dasar yang sama seperti sebelumnya yaitu tepung ketan untuk menjaga kualitas rasanya. Variasi yang muncul seiring berjalannya waktu semakin beragam.

10. Klengkam

KlengkamFoto oleh Ayun Rorosati di Instagram

Klengkam merupakan pakan tambahan yang terbuat dari kentang kering. Karena merupakan makanan favorit warga solo, Anda bisa dengan mudah menemukannya.

Makanan ini bisa disantap sebagai camilan atau dijadikan lauk bersama nasi saat makan besar. Klengkam merupakan makanan yang populer di kalangan anak-anak, dewasa, dan orang tua.

11. Rambak Petis

Rambak PetisFoto oleh Tyasindayanti di Envato Elements

Rambak Petis terbuat dari kulit kerbau atau sapi yang dijemur lalu digoreng kering. Rambak ini bentuknya seperti kerupuk sehingga cocok dijadikan camilan saat makan.

Selain itu rambak ini biasa disantap dengan petis, itulah sebabnya warga Solo menyebutnya rambak petis. Karena Rambak Petis memiliki umur simpan yang lama, Anda bisa membelinya dalam jumlah besar.

12. Sorbet jahe

Sorbet jaheFoto oleh Suheliwiliyani di Facebook

Sorbet jahe adalah minuman tradisional solo yang terbuat dari jahe dan rempah-rempah. Souvenir ini dibuat dalam bentuk tablet dengan ukuran yang besar sehingga mudah dibawa-bawa.

Jika ingin menyiapkannya, Anda tinggal memasukkannya ke dalam gelas lalu tambahkan air panas. Sorbet jahe paling baik diminum saat cuaca dingin karena dapat menghangatkan tubuh.

13. Kue jeruk keprok

kue mandarinfoto dari Hana Chan di Twitter

Kue mandarin merupakan kue basah yang mengisi perut saat lapar. Walaupun kuenya basah, tapi kue ini bisa bertahan kurang lebih seminggu.

Ada beberapa varian yang tersedia, mis. B. Orion Normal, Orion Kismis, dan Orion Khusus. Varian spesial Orion menjadi rasa yang paling digemari karena banyak mengandung mentega.

14. Saus sambal kering

Sambal Kering TunggalFoto oleh Kezia di Facebook

Bagi Anda pecinta makanan pedas, oleh-oleh khas solo ini bisa menjadi pilihan untuk dibawa pulang. Berbeda dengan sambal kebanyakan yang dibuat hanya dengan cabai, sambal kering Solo dibuat dengan beberapa bahan lain.

Sambal ini tidak hanya bisa disantap dengan nasi hangat, tapi juga bisa dijadikan camilan. Beberapa rasa yang populer antara lain sambal kering dengan ikan asin, sambal kering dengan tuna, dan sambal kering dengan terasi rebon.

15. Renginang

RenginangFoto oleh Tyasindayanti di Envato Elements

Disebut juga Kembang Mayang, masakan ini terbuat dari beras ketan sehingga memiliki rasa yang gurih. Makanan ini dulunya lebih banyak ditemukan di daerah pedesaan.

Dengan perkembangannya, Rengginang kini sangat populer di kalangan penduduk kota sehingga cocok dijadikan oleh-oleh. Rengginang bisa dibeli dalam keadaan matang atau mentah. Jika masih mentah, tinggal digoreng saja.

5 toko atau pusat oleh-oleh khas Kota Solo

1. Pusat Oleh-Oleh Mesran

Mesran Souvenir Center menawarkan berbagai jenis souvenir dengan harga terjangkau. Anda bisa mengunjunginya di kawasan Gandekan Kiwo.

Selain toko Mesran, toko-toko di sekitarnya juga menawarkan oleh-oleh yang tak jauh berbeda. Oleh-oleh yang bisa Anda beli mulai dari suwiran daging, serundeng, roti kecik dan lain-lain.

2. Pasar yang besar

Pasar Gede merupakan pasar tradisional yang terletak sekitar 200 meter dari Balai Kota Solo. Harganya relatif murah, jadi bisa puas.

Hampir semua makanan khas Solo tersedia di pasar ini. Salah satu yang paling populer adalah cilukba goreng.

3. Pasar Oleh-Oleh Jongke

Jika Anda sedang mencari oleh-oleh khas Solo, Pasar Oleh-Oleh Jongke bisa menjadi tujuan Anda. Ada banyak toko yang bisa Anda kunjungi di pasar ini. Salah satunya adalah toko oleh-oleh Bu Jono.

4. Toko Erajaya Kalilarangan Solo

Toko Erajaya Kalilarangan bisa menjadi tujuan berburu oleh-oleh Anda selanjutnya. Anda bisa datang mulai pukul 07.30 hingga acara berakhir pada pukul 21.00 WIB. Di Erajaya Shop Anda bisa menemukan berbagai jajanan sebagai oleh-oleh.

5. Pasar Klewer

Di Pasar Klewer Anda tidak hanya bisa membeli pakaian, tapi juga berbagai oleh-oleh kuliner. Tersedia Ampyang, Dodol, Jenang dan jajanan lainnya.

Jika harga yang ditawarkan dirasa terlalu mahal, Anda bisa bernegosiasi. Pasar Klewer bisa dikunjungi mulai pukul 08.00 hingga 17.00 WIB.

Demikian informasi mengenai 15 kuliner atau jajanan yang bisa Anda siapkan sebagai oleh-oleh untuk dibawa pulang. Kuliner ini bisa dengan mudah Anda temukan di berbagai pusat oleh-oleh di Solo.

Source: www.itrip.id

Related Articles

Back to top button