Tempat Wisata

15 Pantai Di Makassar Dan Sekitarnya Yang Populer Di Kalangan Wisatawan

Makassar sebagai ibu kota Sulawesi Selatan menawarkan berbagai destinasi wisata yang menarik dan layak untuk dikunjungi. Salah satu destinasi terbaik adalah pantai dengan berbagai pesonanya.

Destinasi pantai memang banyak dicari wisatawan yang berkunjung ke Makassar. Pasalnya, di sekitar kota ini terdapat pantai-pantai yang dibangun di atas gugusan pulau-pulau indah yang membuatnya semakin unik dan eksotis.

Ada banyak kegiatan menarik yang bisa dilakukan, sehingga Anda tidak akan pernah bosan. Beragam aktivitas juga bisa membuat liburan Anda semakin berkesan dan menyenangkan. Untuk itu, berikut rekomendasi 15 pantai indah di Makassar dan sekitarnya yang bisa Anda kunjungi.

1. Pantai Losari

Pantai LosariFoto oleh Supri Yatno di Google Maps

Siapa yang tak kenal Pantai Losari? Pantai yang satu ini sudah menjadi ikon wisata kota Makassar yang terkenal seantero Indonesia. Berbeda dengan pantai-pantai lain di Makassar, Anda tidak akan menemukan pasir di pantainya, melainkan diganti dengan beton.

Minimnya pasir bukan berarti pantai Losari tidak layak untuk dikunjungi. Ada banyak aktivitas menarik yang bisa Anda coba seperti berlayar, banana boat, memancing, menikmati kuliner dan lain sebagainya.

harga tiket: Bebas; Map: verifikasi lokasi
Alamat: JL Metro Tanjung Bunga, Kec. Maloku, Kota Makassar, Sulawesi Selatan.

2. Pantai Akkarena

Pantai AkkarFoto oleh Anggi di Google Maps

Pantai Akkarena merupakan pantai berpasir hitam yang tak kalah menariknya dengan Pantai Losari. Fungsi utama pantai ini sebenarnya adalah sebagai dermaga tempat kapal pengantar wisata menyelesaikan perjalanannya di Laut Makassar.

Pemandangan yang ditawarkan pantai Akkarena memang sangat memukau, apalagi di sore hari saat matahari terbenam. Selain menyaksikan matahari terbit, Anda juga bisa melakukan aktivitas lain, mis. B. Naik banana boat, naik jet ski, dan berfoto di atas jembatan dari dek kayu.

harga tiket: Rp10.000; Map: verifikasi lokasi
Alamat: JL Tanjung Bunga, Tj. Merdeka, Kec. Tamalate, Kota Makassar, Sulawesi Selatan.

3. Pantai berpasir putih Pulau Samalona

Pantai pasir putih pulau SamalonaFoto oleh Nhs Hakim di Google Maps

Pulau Samalona adalah yang paling populer di antara pulau-pulau lain di kepulauan Spermonde. Banyak wisatawan yang tertarik dengan pantai berpasir putih di pulau kecil ini. Pantai berpasir putih mengelilingi pulau, membuatnya semakin menarik.

Selain itu, Anda juga bisa menikmati keindahan bawah laut terumbu karang di pantai berpasir putih Pulau Samalona. Pulau bagian utara ini memiliki terumbu karang terindah dan merupakan lokasi snorkeling yang bagus.

harga tiket: Bebas; Map: pemeriksaan situs
Alamat: Lae-Lae, Kec. Ujung Pandang, Kota Makassar, Sulawesi Selatan.

4. Pantai Pasir Putih Pulau Lae-Lae

Pantai pasir putih pulau Lae-LaeFoto oleh Satya Putra Husain di Google Maps

Pantai berpasir putih Pulau Lae Lae terbilang eksotis dan layak menjadi destinasi liburan Anda selanjutnya. Uniknya, berbagai monumen budaya bersejarah bisa Anda temui di pantai ini, seperti terowongan yang konon berhubungan dengan Benteng Rotterdam dan dermaga batu berbentuk segitiga.

Selain mengetahui peninggalan sejarah, masih banyak aktivitas lain yang bisa Anda lakukan. Kegiatan tersebut antara lain scuba diving di beberapa lokasi pilihan, menikmati pemandangan bawah laut sambil snorkeling, atau menyaksikan sunrise dan sunset.

harga tiket: Bebas; Map: pemeriksaan situs
Alamat: Lae-Lae, Kec. Ujung Pandang, Kota Makassar, Sulawesi Selatan.

5. Pantai Pasir Putih Pulau Kodingareng Keke

Pantai pasir putih Pulau Kodingareng KekeFoto oleh Tubagus Riky Aditya di Google Maps

Banyak wisatawan yang menyebut Pulau Kondingareng Keke sebagai pulau yang menarik dan langka. Mereka sangat gemar berfoto dengan latar belakang pulau yang indah berupa bukit pasir putih.

Selain bukit pasir putihnya, pantai di Pulau Kodingareng Keke juga menarik karena pemandangan bawah lautnya. Di museum bawah laut yang dihadirkan Anda bisa menyelam dan berfoto.

harga tiket: Rp30.000; Map: verifikasi lokasi
Alamat: P. Kondingareng, Kec. Ujung Tanah, Kota Makassar, Sulawesi Selatan.

6. Pantai Pulau Kayangan

Pantai Pulau KayanganFoto oleh Ahmad Ahsan di Google Maps

Dari namanya saja sudah tahu kalau pantai ini seindah di negeri surga. Pantai Ujung Pandang sangat menarik karena sisi timurnya menghadap Pelabuhan Makassar. Jadi Anda bisa menikmati baik pemandangan pantai maupun kapal-kapal yang ada di pelabuhan.

Banyak wisatawan tertarik ke pantai ini untuk menikmati pemandangan dari atas kapal. Apalagi jika dilihat pada malam hari, melihat lampu yang berlawanan membantu menciptakan suasana yang lebih romantis.

harga tiket: Bebas; Map: verifikasi lokasi
Alamat: Lae-Lae, Kec. Ujung Pandang, Kota Makassar, Sulawesi Selatan.

7. Pantai Teluk Tanjung

Pantai Teluk TanjungFoto Mayang di Google Maps

Pantai Tanjung Bayang sebenarnya adalah sebuah danau yang berada di pinggir Jalan Metro Tanjung Bunga. Karena pantai ini dekat dengan ibu kota Makassar, pantai ini ramai dikunjungi pada hari libur atau akhir pekan. Bagi Anda yang mencari tempat wisata murah dan dekat, pantai ini sangat direkomendasikan untuk dikunjungi bersama keluarga.

Pengunjung datang ke pantai ini tidak hanya untuk berlibur dan menikmati pemandangan saja, namun juga untuk berolahraga seperti voli pantai atau sepak bola. Ombak di Pantai Tanjung Bayang biasanya landai kecuali pada bulan April dan juga pada bulan November.

harga tiket: Rp5.000; Map: verifikasi lokasi
Alamat: Selat, Tj Merdeka, Kec. Tamalate, Kota Makassar, Sulawesi Selatan.

8. Pantai Barombong

Pantai BarongFoto oleh Faiqoh Setyaningtyas di Google Maps

Pantai Barombong terletak di kecamatan Tamalate dan tidak jauh dari Makassar. Jika ingin bersenang-senang sejenak karena penat dengan aktivitas di kota, singgah di pantai ini bisa menjadi pilihan.

Anda tidak perlu mengeluarkan biaya apapun karena pantai ini buka 24/7 secara gratis. Selain pemandangan matahari terbenam dan matahari terbit yang indah, Anda bisa mencari olahan makanan laut yang menarik di desa nelayan sekitar.

harga tiket: Bebas; Map: verifikasi lokasi
Alamat: Kecamatan Tamalate, Kota Makassar, Sulawesi Selatan.

9. Pantai Kuri yang Indah

Pantai Kari yang IndahFoto Kaki Panjang di Google Maps

Pantai Kuri Indah atau dikenal juga dengan nama Pantai Kuri Maros menyuguhkan hamparan pasir putih yang memikat. Berjalan di atas pasir bisa memberi Anda perasaan menenangkan yang jarang Anda rasakan.

Suasana yang lebih mirip perkampungan menjadi daya tarik tersendiri dari pantai ini yang dikelilingi oleh hutan bakau. Jika Anda ingin snorkeling atau menyelam, sebaiknya tunggu hingga sore hari, karena permukaan air akan naik.

harga tiket: Rp10.000; Map: verifikasi lokasi
Alamat: J L. Kuri Lompo, Nisombalia, Kec. Marusu, Cab.Mars, Sulawesi Selatan.

10. Pantai Cinta Tanggul

Bendungan pantai sayangFoto oleh Ronald Rustan di Google Maps

Bagi kamu yang sudah berpasangan dan sedang mencari tempat romantis untuk liburan berdua, pantai yang satu ini wajib masuk dalam daftar pertimbangan. Pasalnya pantai di Takalar mempunyai cukup banyak tempat romantis.

Anda bisa berfoto dan mengabadikan momen bersama atau sekedar menikmati pemandangan romantis yang disuguhkan untuk Anda. Fasilitas seperti kolam renang dan akomodasi juga tersedia lengkap sehingga Anda tidak perlu khawatir.

harga tiket: Rp5.000; Map: verifikasi lokasi
Alamat: Topejawa, Kec. Mangarabombang, Cab Takalar, Sulawesi Selatan.

11. Pantai Galesong

Pantai GalesongFoto oleh Kak Heru Dongeng di Google Maps

Pantai Galesong merupakan salah satu pantai di Makassar yang banyak pengunjungnya. Alasan mengapa banyak wisatawan memilih pantai ini untuk berlibur adalah karena kayanya fasilitas yang menjadikannya cocok sebagai tujuan wisata keluarga.

Fasilitas lengkap yang bisa Anda rasakan antara lain permainan air, wisata, kolam renang, akomodasi dan restoran. Hal yang paling menarik dari pantai ini adalah hiburan live music yang bisa anda nikmati di pinggir pantai sambil menunggu sunset.

harga tiket: Rp 20.000; Map: pemeriksaan situs
Alamat: Tamalate, Kec. Galesong Utara, Kota Makassar, Sulawesi Selatan.

12. Pantai Tanjung Bira

Pantai Tanjung BiraFoto oleh Monika Marcia di Google Maps

Untuk menuju Pantai Tanjung Bira, Anda perlu berkendara sekitar 200 kilometer dari kota Makassar. Perjalanan panjang ini akan terbayar dengan pemandangan air laut yang sangat jernih dan pasir putih yang lembut.

Pantai Tanjung Bira tidak hanya dikunjungi wisatawan lokal saja, namun banyak juga wisatawan mancanegara yang berlibur ke Makassar. Aktivitas di pantai ini antara lain snorkeling, berenang, berjemur atau sekedar menikmati pemandangan.

harga tiket: Rp10.000; Map: verifikasi lokasi
Alamat: J L Tanjung Bira, Kec. Bonto Bahari, Cab.Bulukumba, Sulawesi Selatan.

13. Pantai Bara

pantai BaraFoto oleh Ariani Arini di Google Maps

Selain Pantai Tanjung Bira, ada satu lagi destinasi wisata pantai di Kabupaten Bulukumba yang tidak kalah menariknya yaitu Pantai Bara. Pantai ini berada di ujung paling kanan dari Pantai Tanjung Bira, jadi jaraknya masih tidak jauh.

Meski berada di kawasan yang sama dengan Pantai Tanjung Bira, suasana di Pantai Bara sangat tenang dan bebas keramaian. Di bawah rindangnya pohon kelapa Anda bisa bersantai dan menikmati ketenangan sambil merenungi pemandangan.

harga tiket: Rp15.000; Map: pemeriksaan situs
Alamat: Bira, Kec. Bonto Bahari, Cab.Bulukumba, Sulawesi Selatan.

14. Pantai Kanipang

Pantai CanipangFoto oleh Rosita J di Google Maps

Pantai Kanipang yang terletak di Pinrang ini memiliki suasana romantis dan tenang terutama saat matahari terbit. Bagi anda yang mencari ketenangan sangat disarankan untuk datang ke pantai ini karena suasana di sini sangat mendukung.

Tak hanya saat matahari terbit saja, pemandangan matahari terbenam atau Sunrise pun tak kalah indahnya. Pepohonan kelapa dan angin sepoi-sepoi serta ombak yang tidak terlalu bergejolak sangat menyenangkan untuk penyegaran.

harga tiket: Rp5.000; Map: verifikasi lokasi
Alamat: Sabbang Paru, Kec. Lembang, Cab.Pinrang, Sulawesi Selatan.

15. Pantai Bulupoloe

Pantai BulupoloFoto Must 27 di Google Maps

Bagi Anda yang mencari pantai indah dan belum banyak dikunjungi, Pantai Bulupoloe sangat direkomendasikan. Karena pengunjungnya belum terlalu banyak, pantai di kabupaten Luwu Timur ini memiliki air yang sangat jernih dan lingkungan yang bersih dan bebas sampah.

Pemandangan pegunungan hijau dan pantai berpasir putih luas menjadi daya tarik lain yang bisa Anda nikmati. Belum lagi bagi Anda yang hobi snorkeling, terumbu karang dan biota bawah lautnya sayang jika dilewatkan.

harga tiket: Rp10.000; Map: verifikasi lokasi
Alamat: Harapan Kec Malilli, Kab. Luwu Timur, Sulawesi Selatan.

Keindahan pantai di Makassar dan sekitarnya tentu menawarkan kenyamanan tersendiri. Kini Anda tidak perlu khawatir lagi dalam memilih destinasi pantai favorit di Makassar untuk dikunjungi selanjutnya. Semoga informasi ini dapat menginspirasi liburan Anda.

Source: www.itrip.id

Related Articles

Back to top button