Berita Wisata

15 Rekomendasi Tempat Wisata di Cirebon yang Wajib Dikunjungi

Jakarta

Cirebon merupakan daerah yang terletak di perbatasan Jawa Barat dan Jawa Tengah. Karena keadaan tersebut, Cirebon merupakan daerah yang memiliki beragam keunikan, mulai dari budaya hingga pariwisata.

Tidak salah jika kawasan ini menjadi tujuan sebagian wisatawan berlibur. Pasalnya, Cirebon memiliki beragam destinasi wisata yang menarik dan otentik.

Kunjungan ke Cirebon juga terdiri dari wisata alam, sejarah dan kuliner. Oleh karena itu Cirebon dinilai sangat cocok untuk berbagai kalangan wisatawan untuk berbagai keperluan.

IKLAN

Gulir untuk melanjutkan konten

Kami merangkum 15 sirkuit menarik yang bisa Anda kunjungi di Cirebon yang bisa menjadi referensi traveler untuk berwisata sepanjang tahun 2023. Penasaran apa saja? Mari kita lihat!

1. Wisata Danau Langit

Wisata Talaga Langit di Cirebon mengandung kombinasi dari banyak unsur hiburan yang biasa dicari para traveler di sebuah destinasi wisata. Perpaduannya ada kolam renang yang bisa digunakan untuk berenang, restoran yang menyajikan aneka makanan, aneka arena bermain untuk anak-anak, aneka spot foto selfie yang menarik, museum santet yang menarik untuk dikunjungi.

Keunggulan utama wisata Talaga Langit adalah kolam renangnya yang sejuk dan memiliki tempat untuk melihat suasana sekitar dari ketinggian.

Biaya: Rp 15.000 – Rp 20.000
Lokasi: Desa Sinarrancang, Mundu, Cirebon
Jam buka: 08:00 – 16:00 WIB

2. Desa Sabin

Desa Sabin CirebonDesa Sabin Cirebon. Foto: Wahyu Setyo Widodo/ detikTravel

Desa Sabin terletak di desa Sindangjawa, kecamatan Dukuntang, Kab. Cirebon. Butuh perjalanan sekitar 30 menit dari pusat kota Cirebon untuk sampai ke sana.

Sebelum masuk, traveler harus membeli tiket terlebih dahulu. Bagi Anda yang ingin berkunjung hanya untuk berfoto, Anda hanya perlu merogoh kocek sebesar Rp 20.000 per orang di hari biasa dan Rp 30.000 di akhir pekan.

Namun jika traveler ingin berkunjung dan makan di Kampung Sabin, harus membayar deposit Rp 350.000 untuk minimal pemesanan.

Sesampainya di Kampung Sabin, traveler akan langsung disambut dengan iringan musik gamelan khas Bali. Apalagi suasana persawahan yang sudah dihiasi berbagai ornamen membuat suasana ini sangat lekat dengan suasana Ubud Bali.

Biaya: Rp 20.000 – Rp 30.000
Lokasi : Keandra New Town Area, Jl.Nyi Ageng Serang, Sindangjawa, Kec. Dukuntang, Kabupaten Cirebon
Jam buka: 10:00 – 20:00 WIB

3. Keraton Kasepuhan Cirebon

Keraton Kasepuhan Cirebon.Keraton Kasepuhan Cirebon. Foto: spesial

Bagi Anda yang ingin mendalami wisata sejarah di Cirebon, wisata ini bisa sangat menarik untuk dikunjungi. Hal ini dikarenakan Keraton Kasepuhan Cirebon merupakan tonggak sejarah berdirinya kota udang ini.

Hal ini terlihat dari banyaknya artefak sejarah yang bisa Anda lihat di destinasi ini saja. Selain itu, keunikan arsitekturnya juga memberikan kesan tersendiri pada objek wisata unik ini.

Keraton Kasepuhan juga merupakan perwujudan dari akulturasi budaya masyarakat setempat, budaya Tionghoa, hingga budaya masyarakat Islam. Salah satu perwujudannya adalah Singa Barong yang merupakan kereta emas raja yang digunakan secara turun-temurun.

Kekhasan kereta emas ini terletak pada desainnya yang merupakan perpaduan antara budaya Islam, Hindu, dan Cina. Pengunjung dapat mengabadikan kereta emas dengan kamera, namun dilarang menyentuh atau menaikinya.

Biaya: Rp 20.000
Lokasi: Jl. Kasepuhan No.43, Kesepuhan, Kec. Lemahwungkuk, kota Cirebon
Jam buka: 08h00 – 18h00 WIB

4. Kampung Batik Trusmi

Kampung Batik Trusmi merupakan sentra industri batik di Cirebon sekaligus destinasi kuliner.  Desa ini terletak di Plered, Cirebon, sekitar empat kilometer sebelah barat kota Cirebon.  Pengrajin batik di desa Trusmi dan sekitarnya memiliki lebih dari 3.000 tenaga kerja desa.  (FOTO: Rachman Haryanto/detikcom)Kampung Batik Trusmi merupakan sentra industri batik di Cirebon. Foto: Rachman Haryanto

Selain terkenal sebagai kota udang, Cirebon juga terkenal dengan batiknya. Jika Anda berwisata ke Cirebon, Anda bisa mengunjungi kampung Batik Trusmi dan membeli batik Mega Mendung yang merupakan ciri khasnya.

Sentra produksi batik ini diperkirakan sudah ada sejak abad ke-14 dan terus berkembang bahkan menjadi tujuan para pelancong.

Selain berbelanja, Anda juga bisa melihat proses pembuatan batik oleh para pengrajin di sini dari dekat. Bahkan jika mau, Anda juga bisa belajar membatik di sini dengan mengikuti kelas membatik.

Setelah memiliki tiga kamar, selain belajar dan membeli batik, Anda juga bisa berwisata kuliner mencicipi aneka masakan khas Cirebon. Misalnya nasi jamblang, impal gentong, impal asem, sego lengko, dll.

Biaya: –
Lokasi: Jl. Syekh Datul Kahfi, Weru Kidul, Kec. Weru, Kab. Cirebon
Jam buka: 08:00 – 20:00 WIB (weekdays) dan 08:00 – 21:00 WIB (weekend)

5. Perairan Cirebon

Cirebon Waterland Adé Irma SuryaniCirebon Waterland Ade Irma Suryani. Foto: Wahyu Setyo Widodo/ detikTravel

Ingin mencari tempat wisata kekinian dan modern? Cirebon Waterland Sepertinya Anda harus mengunjungi Cirebon Waterland. Taman bermain air ini berukuran cukup besar karena dibangun di atas lahan seluas sekitar 3 hektar.

Waterpark ini menawarkan 3 kolam renang dengan kedalaman yang bervariasi, misalnya untuk anak-anak, dewasa, hingga kolam renang berstandar internasional yang diperuntukan untuk kompetisi.

Selain itu, yang lebih menarik lagi, Cirebon Waterland memiliki restoran menarik berupa kapal raksasa bertuliskan “Cheng Ho”, seorang pelaut Cina yang terkenal. Restoran ini menawarkan berbagai jenis makanan, mulai dari masakan tradisional hingga masakan modern.

Biaya: Rp 15.000 – Rp 40.000

Lokasi: Jl. Yos Sudarso No.1, Lemahwungkuk, Kota Cirebon

Jam buka: 09:00 – 17:00 WIB

6. Bukit Gronggong

Bukit Gronggong CirebonBukit Gronggong Cirebon. Foto: Wahyu Setyo Widodo/ detikTravel

Bagi Anda yang merupakan warga sekitar atau sedang berada di Cirebon, tidak perlu jauh-jauh ke Puncak atau Lembang untuk menikmati indahnya pemandangan lampu kota dari ketinggian. Pasalnya di Cirebon juga terdapat tempat serupa yaitu Bukit Gronggong.

Bukit ini sudah lama menjadi destinasi populer, namun akhir-akhir ini tempat ini juga menawarkan berbagai destinasi dan aktivitas yang menarik untuk dinikmati.

Daya tarik tempat ini adalah pemandangan dari atas bukit yang memanjakan mata, datang ke sini pada pagi hari atau sore hari adalah waktu terbaik untuk menikmati keindahan tempat ini. Di pagi hari Anda akan melihat pemandangan alam yang sejuk dan di malam hari Anda akan melihat indahnya lampu yang menerangi Cirebon.

Di sini pun Anda bisa berwisata kuliner dengan mencicipi jagung bakar, aneka minuman hangat, atau menikmatinya dengan mengunjungi restoran dan kafe yang terdapat di sana.

Biaya: Rp 5.000 (tiket) dan Rp 3.000 – Rp 5.000 (parkir)

Lokasi: Patapan, Beber, Cirebon

Jam buka: 24 jam

7. Ekowisata Ciwaringin

Bagi Anda yang ingin sejenak melepaskan diri dari hiruk pikuk kota, mengunjungi Wanawisata Ciwaringin bisa menjadi tempat penyembuhan terbaik. Karena tempat ini memiliki suasana yang alami, hijau dan menyejukkan.

Hamparan pemandangan alam yang hijau dan dataran pegunungan tentu akan menyejukkan mata.

Jika Anda berkunjung ke sini, Anda bisa menikmatinya dengan melakukan berbagai aktivitas seperti berfoto, piknik, berkemah, menjelajah alam, memancing di danau bahkan menikmati suasana motocross.

Biaya: Rp 10.000

Lokasi: Desa Ciwaringin, Kecamatan Ciwaringin, Kabupaten Cirebon

Jam buka: 08h00 – 18h00 WIB

Source: news.google.com

Related Articles

Back to top button