Berita Wisata

15 tempat wisata di Cirebon yang ikonik dan menarik untuk dikunjungi pada tahun 2022

Wisata Keraton Kasepuhan Cirebon masih dibuka karena memperebutkan tahta

Memperbesar

Keraton Kasepuhan Cirebon. Foto (Liputan6.com/Panji Prayitno)

Kota Cirebon menawarkan berbagai wisata budaya dan sejarah. Hubungan Cirebon dengan berbagai daerah dan negara telah menghasilkan budaya akulturasi ikonik yang hanya dimiliki Cirebon.

9. Gua Sunyaragi

Menurut situs Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Provinsi Jawa Barat, Gua Sunyaragi atau Taman Sari Sunyaragi merupakan situs bersejarah di Kota Cirebon. Dulunya tempat ini pernah digunakan oleh para sultan untuk bersemedi dan mengatur strategi perlawanan terhadap penjajahan Belanda.

Menurut cerita yang beredar, tempat wisata di Cirebon ini didirikan pada tahun 1703 M oleh Pangeran Kararangen yang merupakan cicit dari Sunan Gunung Jati. Di dalam gedung tersebut terdapat banyak ruangan yang memiliki kegunaannya masing-masing.

10. Keraton Kasepuhan Cirebon

Cirebon merupakan salah satu kota yang memiliki peninggalan berupa keraton yang masih terjaga dengan baik. Saat ini keraton menjadi aspek penting dalam melestarikan budaya suatu daerah, begitu pula dengan Keraton Kasepuhan Cirebon.

Sebagai tonggak sejarah berdirinya Kabupaten Cirebon, Keraton Kasepuhan Cirebon menyimpan banyak artefak sejarah yang dapat dilihat oleh wisatawan. Arsitektur Keraton Kasepuhan merupakan perpaduan antara budaya Cina, Hindu dan Islam. Salah satu tempat favorit pengunjung adalah Singa Barong yang merupakan kereta kerajaan yang telah digunakan secara turun temurun.

11. Istana Kanoman

Cirebon memiliki dua keraton, selain Keraton Kasepuhan Cirebon juga terdapat Keraton Kanoman. Seperti halnya Keraton Kasepuhan, Keraton Kanoman merupakan pusat kebudayaan yang menampilkan berbagai peninggalan sejarah berupa gerabah, keramik, lukisan, pusaka dan kereta emas Paksi Naga Liman.

Jika berkunjung pada bulan Maulid, wisatawan dapat menyaksikan ritual azimat panjang atau pencucian pusaka kerajaan yang diadakan oleh Keraton Kanoman. Upacara ini juga sebagai ungkapan rasa syukur kepada Tuhan atas nikmat yang telah diberikan selama satu tahun.

12. Makam Sunan Gunung Jati

Sunan Gunung Jati adalah salah satu Wali Songo yang menyebarkan agama Islam di Cirebon. Dalam cerita tersebut, Sunan Gunung Jati dikatakan telah pergi ke Cina dan menikahi salah satu putri kaisar bernama Ong Tien Nio. Sejak Zaman Kuno, Cirebon akan mempertahankan hubungan diplomatik dengan Cina. Hal inilah yang melatarbelakangi banyaknya peninggalan sejarah bernuansa oriental, termasuk makam Sunan Gunung Jati.

13. Masjid Agung Darah Cipta Rasa

Kunjungan budaya berikutnya ke Cirebon adalah Masjid Agung Sang Cipta Rasa. Masjid ini merupakan peninggalan Sunan Gunung Jati atau Syekh Maulana Syarif Hidayatullah yang dibangun sebagai hadiah untuk istri tercinta Nyi Mas Pakungwati.

Arsitektur Masjid Agung Sang Cipta Rasa didominasi oleh gaya Hindu. Masjid ini tidak memiliki kubah seperti masjid pada umumnya dan pintu masjid terlihat seperti pintu pura. Budaya Cirebon dan Demak juga kental di gedung ini.

Source: news.google.com

Related Articles

Back to top button