Berita Wisata

15 Tempat Wisata Purwokerto Menarik yang Wajib Dikunjungi, Ditambah Harga Tiket Masuk

purworkerto

Banyak wisatawan yang mengenal Purwokerto sebagai destinasi wisata. Nah, destinasi apa saja yang ada di Purwokerto? Mari simak 15 rekomendasi berikut ini.

Banyak orang yang menganggap Purwokerto adalah kota tersendiri padahal Purwokerto adalah bagian dari Kabupaten Banyumas di Jawa Tengah.

Terletak di lereng Gunung Slamet, Purwokerto memiliki iklim yang sejuk. Kota ini kecil dan relatif sepi.

IKLAN

Gulir untuk melanjutkan konten

Sudah, kota ini memiliki beragam tempat wisata, air terjun, pegunungan dan berbagai tempat wisata lainnya.

Menuju Purwokerto juga sangat mudah, karena bisa dikunjungi baik dengan pesawat, meski harus ke Purbalingga terlebih dahulu, dengan bus atau kereta api.

Sebelum memutuskan untuk berlibur ke Purwokerto, cek dulu rekomendasi dari detikPerjalanan:

Penasaran dengan wisata menarik di Purwokerto? Baca lebih banyak!

1. Lokawisata Baturraden

Belum ke Purwokerto kalau belum ke Baturraden, karena tempat wisata ini merupakan tempat wisata yang sangat dekat dan terkenal di Purwokerto. Baturraden memiliki pemandangan wisata yang menakjubkan.

Baturraden merupakan kawasan wisata yang didalamnya terdapat berbagai wisata yang masing-masing memiliki keindahan tersendiri. Salah satu tempat yang paling indah untuk dikunjungi adalah Baturraden Lokawisata.

Air Terjun BaturadenAir terjun di Baturraden Foto: (Idris/detikTravel)

Saat berkunjung ke objek wisata ini, Anda akan langsung disambut oleh pemandangan hamparan Gunung Slamet dari sisi utara. Selain melihat pemandangan yang indah, Anda juga bisa menikmati berbagai wahana lainnya.

Di antaranya, Anda bisa merasakan sejuknya berenang di air terjun, melihat telaga air mancur, mengunjungi Curug Gumawang, menikmati pemandian air panas belerang, mendengarkan musik calung, dan berfoto di banyak spot foto estetik.

Selain itu, bagi Anda yang mencari wahana yang menantang adrenalin, Anda juga bisa mencoba ayunan gantung atau sepeda gantung.

Lokasi: Dusun I Karangmangu, Karangmangu, Baturraden, Kab. Banyumas

Biaya: Rp 10.000 – Rp 25.000

Jam buka: 07:00 – 16:30 WIB

2. Air Terjun Agung

Bagi Anda yang ingin menyembuhkan diri dan merasakan sensasi sejuknya guyuran air alami, Anda bisa menikmatinya dengan mengunjungi Curug Gede. Berada di lereng Gunung Slamet dan masih dalam kawasan Baturaden, suasana air terjun ini jelas sangat menenangkan.

Belum lagi tempat ini dikelilingi perbukitan dengan pemandangan yang menakjubkan. Apalagi rindangnya pohon pinus dan cemara akan menemani perjalanan Anda menuju objek wisata Curug Gede.

Selain sangat indah untuk diapresiasi, tempat wisata ini juga sangat indah untuk didokumentasikan karena sangat Instagrammable.

Bagi anda yang datang dari jauh tidak perlu khawatir karena di sekitar air terjun terdapat penginapan, hotel atau villa yang bisa anda tempati.

Lokasi: Ketenger, Kec. Baturaden, Kab. Banyumas

Biaya: Rp 5.000

Jam buka: 08:00 – 17:00 WIB

3. Desa Purwokerto

Selain tempat wisata alam, Purwokerto juga merupakan tempat wisata modern, estetik, dan Instagrammable! Namanya Le Village Purwokerto. Tempat rekreasi ini mengusung tema Eropa klasik dan memiliki banyak spot foto yang bagus.

Tidak hanya banyak objek fotografi yang menarik, ada juga berbagai wahana yang bisa Anda nikmati bersama keluarga, seperti area jalan-jalan, kafe, restoran, kolam renang.

Selain itu di sini kamu juga bisa menikmati sensasi menunggang kuda, memberi makan hewan, naik perahu, dan mengenakan kostum Eropa. Wah, berasa jalan-jalan ke luar negeri ya?

Untuk mengunjungi tempat ini, traveler bisa mengaksesnya dengan kendaraan pribadi maupun angkutan umum. Misalnya jika menggunakan kendaraan umum, Anda bisa menggunakan bus Trans Banyumas dan turun di halte Desa Saphire.

Sedangkan waktu terbaik untuk mengunjungi taman hiburan ini adalah pada pagi dan sore hari agar tidak terlalu panas.

Lokasi: Dusun I, Rempoah, Kec. Baturaden, Kab. Banyumas

Biaya: Rp 25.000 (tiket masuk tidak termasuk wahana)

Jam buka: 08:00 – 17:00 WIB

4. Gunung Slamet

Menjadi gunung yang terkenal di Purwokerto, Gunung Slamet juga menjadi objek wisata favorit para pendaki. Memang Gunung Slamet merupakan gunung tertinggi kedua di Pulau Jawa setelah Gunung Semeru, dengan ketinggian tepatnya 3.428m.

Bagi Anda yang berjiwa petualang, mendaki gunung ini merupakan wisata yang cocok untuk menghabiskan liburan Anda di Purwokerto. Meski perjalanannya tidak singkat dan tidak mudah, pemandangan dari Gunung Slamet akan langsung meredam penat Anda.

Gunung Slamet terlihat dari Base Camp Dipajaya, Pemalang, Jumat (16/8/2019).Gunung Slamet Foto: Robby Bernardi/detikcom

Hamparan awan putih yang indah dan pemandangan Purwokerto yang indah tentu saja menjadi alasan mengapa tempat ini menjadi objek wisata yang sulit untuk dilewati.

Saran untuk mendaki Gunung Slamet sebaiknya dilakukan pada musim panas, karena medan akan lebih sulit jika dilalui pada musim hujan.

Lokasi: Gunung Slamet, Kab. Banyumas

Biaya: Rp 30.000

Jam buka: 24 jam

5. Museum Panglima Jenderal TNI Soedirman

Bagi Anda yang tertarik dengan sejarah dan ingin mengunjungi sejarah, Purwokerto juga memiliki tempat wisata sejarah yang identik dengan kawasan ini. Yakni, Museum Panglima TNI Jenderal Soedirman.

Jenderal Soedirman sangat mirip dengan Purwokerto, tidak hanya ada kampus negeri sesuai namanya, juga ada Museum Jenderal Soedirman.

Museum ini merupakan wisata edukasi sejarah yang berisi diorama, foto-foto perjuangan, dan barang duplikat peninggalan Jenderal Soedirman. Selain itu, terdapat pula relief sejarah bangsa Indonesia dan patung Jenderal Soedirman setinggi 4,5 meter di atas kuda.

Lokasi: Jl.Patimura No.240a, RW No.1, Dusun II, Pasir Kidul, Kec. Purwokerto Bar., Kab. Banyumas

Biaya: Rp 3.000

Jam buka: 08:00 – 15:30 WIB

Selanjutnya: Air Terjun Gomblong

Source: news.google.com

Related Articles

Back to top button