Tempat Wisata

15 Tempat Wisata Ternate Terbaru dan Lebih Hits Dikunjungi

Mungkin sebagian dari wisatawan masih belum begitu familiar dengan destinasi wisata yang ada di Ternate. Hal ini disebabkan karena letaknya yang terpencil, yakni di Maluku Utara, sebenarnya bisa menjadi salah satu faktor utamanya. Meski begitu, semua tempat wisata di Ternate layak untuk dikunjungi.

Terdapat berbagai pemandangan dan budaya yang sangat mempesona, mulai dari pantai, gunung, air terjun hingga benteng bersejarah, semuanya mampu memanjakan mata siapa pun yang melihatnya. Juga jika ingin berwisata religi, di Ternate terdapat makam salah satu sultan yang paling terkenal.

Jadi menjelang musim liburan, tak ada salahnya menjadikan Ternate sebagai destinasi Anda. Selain itu, di Ternate terdapat berbagai macam tempat wisata yang sangat menarik dan pastinya akan memberikan pengalaman liburan yang tak terlupakan.

1. Pantai Sulamadaha

Pantai SulamadahaFoto oleh Didi Mas di Google Maps

Pantai Sulamadaha terkenal dengan nama uniknya sebagai destinasi wisata perahu apung. Hal ini dikarenakan bentuk perahu yang tidak biasa sehingga memberikan kesan seperti sedang mengapung, dan jernihnya air membuat bayangan perahu di bawah pantai terlihat sangat jelas.

Bagi Anda yang suka snorkeling, pantai ini adalah pilihan yang tepat. Selain itu, petugas juga menawarkan persewaan peralatan, jadi Anda tidak perlu khawatir. Nantinya Anda bisa melihat ribuan biota laut yang sangat indah dan menakjubkan.

harga tiket: Bebas; Map: verifikasi lokasi
Alamat: Sulamadaha, Kec. Pulau Ternate, Kota Ternate, Maluku Utara

2. Pantai Bobane Ici

Pantai Bobane IciFoto oleh Farid Dwi di Google Maps

Tempat wisata di Ternate ini dikelilingi terumbu karang yang sangat luas, sehingga terlihat sangat indah saat dihempas ombak. Di sekelilingnya terdapat cukup banyak pepohonan yang membuat suasana pantai ini sangat rindang.

Daya tarik terbesar wisatawan yang berkunjung ke tempat ini adalah adanya warung makan yang menawarkan berbagai kuliner khas Ternate dengan harga terjangkau. Tentu saja, apalagi saat lelah menjelajahi pantai, sangat menyenangkan bisa langsung beristirahat dengan perut kosong.

harga tiket: Rp20.000; Map: pemeriksaan situs
Alamat: Dorpedu, Kec. Pulau Ternate, Kota Ternate, Maluku Utara.

3. Batu Angus

Batu AngusFoto oleh Ilham Ramadhan di Google Maps

Sesuai dengan namanya, bebatuan di titik ini berwarna hitam pekat mirip Angus. Konon Batu Angus bisa seperti sekarang ini, menurut masyarakat setempat, karena dulunya merupakan tempat aliran lahar akibat letusan Gunung Gamalama.

Kemudian batu-batuan yang dulunya berserkan itu diperbaiki oleh pemerintah hingga akhirnya bisa dijadikan tempat wisata. Namun tak dipungkiri, pemandangan di sekitar Batu Angus mampu membuat siapapun yang melihatnya terpesona.

harga tiket: Rp10.000; Map: pemeriksaan situs
Alamat: J L. Batu Angus, Kulaba, Kec. Pulau Ternate, Kota Ternate, Maluku Utara.

4. Pulau Matiara

Pulau MatiaraFoto oleh Deby Firmansyah di Google Maps

Siapa sangka kalau pulau ini benar-benar istimewa, meski gambarnya tercatat di uang kertas Indonesia yakni pecahan Rp 1.000? Terdapat kawasan perbukitan di dekat pulau ini yang membuatnya semakin indah jika dilihat dari kejauhan.

Penduduk pulau ini juga menjadi salah satu alasan kenapa wisatawan betah saat berkunjung. Pasalnya selain selalu cerita menarik, mereka kerap dengan sabar menjelaskan keindahan tempat wisata tersebut kepada para wisatawan.

harga tiket: Rp5.000; Map: pemeriksaan situs
Alamat: Maitara, Kec. Tidore Utara, Cab.Ternate, Maluku Utara.

5. Danau Tolire

Danau TolireFoto oleh Samuel Pakpahan di Google Maps

Keistimewaan danau ini adalah warna airnya yang sangat hijau tua. Hal itu didapat dari banyaknya pepohonan hijau yang langsung tertangkap oleh air danau yang dulunya sangat jernih.

Di sana Anda bisa menikmati berbagai jenis ikan dari ukuran kecil hingga sedang. Namun ikan tersebut tidak boleh ditangkap atau dibawa pulang karena penduduk setempat percaya bahwa setan buaya tinggal di Danau Tolire.

harga tiket: Rp5.000; Map: pemeriksaan situs
Alamat: Takome, Kec. Pulau Ternate, Kota Ternate, Maluku Utara.

6. Kunci gembok

kunci kastilFoto oleh Farano Gunawan, Romo di Google Maps

Benteng Kastela merupakan tempat wisata yang sangat terpencil sehingga pemandangan alamnya masih begitu asri. Saat memasuki kawasan benteng, Anda akan disambut dengan patung bunga anyelir sebagai tanda selamat datang.

Medan yang dilalui untuk masuk ke dalam gedung ini tidak terlalu mudah karena terdapat bebatuan berukuran sedang yang agak curam. Jadi pastikan untuk memanjat perlahan. Namun jika masuk ke dalam, Anda bisa leluasa menikmati keindahan bentuk bangunannya.

harga tiket: Rp3.000; Map: verifikasi lokasi
Alamat: Kastela, Kec. Pulau Ternate, Kota Ternate, Maluku Utara.

7. Danau Laguna Ngade

Danau Laguna NgadeFoto oleh Kawi Boedisetio di Google Maps

Tempat wisata di Ternate ini banyak dikunjungi karena menawarkan spot foto yang sangat bagus dan menakjubkan. Tidak dipungkiri spot foto yang disediakan menjadi daya tarik yang kuat disamping keindahan danau yang masih asri.

Banyak terdapat pepohonan rindang dan lebat di sekitar Danau Laguna, sehingga meski terik matahari, wisatawan tetap merasa tenang. Selain itu, wisata ini juga menawarkan bangku-bangku panjang yang bisa digunakan untuk istirahat sejenak.

harga tiket: Bebas; Map: pemeriksaan situs
Alamat: Kabupaten Ternate Selatan, Kota Ternate, Maluku Utara.

8. Masjid Raya Al-Munawar

Masjid Raya Al-MunawarFoto oleh Eephe Ratna di Google Maps

Masjid ini sangat istimewa karena dekat dengan pantai. Meski begitu, masjid ini sebenarnya sangat menawan karena bentuk arsitektural bangunannya.

Fungsi utama masjid ini adalah sebagai tempat ibadah, namun banyak wisatawan yang sangat tertarik untuk mengetahui lebih jauh tentang masjid ini karena memiliki desain arsitektur yang tidak dimiliki oleh banyak masjid lain di Ternate.

harga tiket: Bebas; Map: verifikasi lokasi
Alamat: Gamalama, Kec. Ternate Tengah, Kota Ternate, Maluku Utara.

9. Taman Nukila

Taman NukilaFoto oleh Taman Nukila di Google Maps

Taman ini berbeda dengan taman di kawasan lain karena jika ingin menikmati pemandangan yang mempesona, Anda harus menyelam terlebih dahulu. Nantinya Anda bisa menikmati berbagai macam ekosistem laut.

Ada satu hal yang membuat taman ini begitu menarik bagi pengunjung, yaitu adanya kapal karam yang dijadikan tempat berfoto oleh pengelola wisata. Selain itu, banyak ikan yang biasanya mendekati Anda seolah penasaran dengan apa yang Anda lakukan.

harga tiket: Bebas; Map: pemeriksaan situs
Alamat: J L Sultan M Djabir Sjah, Kec. Ternate Tengah, Cab.Ternate, Maluku Utara.

10. Benteng Oranye

Benteng OranyeFoto oleh Simon Rajagukguk di Google Maps

Jika Anda ingin mengetahui lebih jauh mengenai kekhasan Ternate, berkunjung ke Benteng Oranje adalah pilihan yang tepat. Tempat yang dulunya merupakan pusat pemerintahan Belanda kini menjelma menjadi kantor kebudayaan dan pariwisata kota Ternate.

Selain mengetahui budaya Ternate, Anda juga bisa menikmati keindahan bangunan megah yang dulunya sangat klasik ini. Selain itu, ada berbagai wisata kuliner yang sangat recomended di sekitar Fort Oranje yang bisa Anda coba.

harga tiket: Rp10.000; Map: verifikasi lokasi
Alamat: Gamalama, Kec. Ternate Tengah, Kota Ternate, Maluku Utara.

11. Gunung Gamalama

Gunung GamalamaFoto oleh Rustam Marsaoli di Google Maps

Berkunjung ke Ternate belum lengkap tanpa melihat keindahan puncak Gunung Gamalama. Meski butuh tenaga lebih untuk mencapai puncak, semua itu akan terbayar lunas saat Anda mengagumi pemandangan pulau yang indah.

Namun, kepercayaan yang agak ekstrim menyebar di kalangan penduduk setempat, terkait dengan jumlah pendaki, yang merupakan hal yang luar biasa. Artinya, jika jumlahnya ganjil maka akan terjadi kecelakaan yang tidak diinginkan.

harga tiket: Rp10.000; Map: verifikasi lokasi
Alamat: Hutan Lindung Kabupaten, Kota Ternate, Maluku Utara.

12. Pulau Hiri

Pulau HiriFoto oleh Arief Hidayat di Google Maps

Pulau Hiri mempunyai kekayaan alam yang luar biasa, di dalamnya tidak hanya terdapat berbagai bongkahan batu yang menarik, namun juga terdapat sebuah pantai dengan pesona yang menakjubkan yaitu Pantai Tomajiko.

Pantai Tomajiko mempunyai ombak yang tidak terlalu besar. Jadi jika Anda ingin bermain di pantai, jangan khawatir. Tempat ini juga memiliki spot foto alam yang sangat indah, yaitu berupa terowongan besar di samping pantai.

harga tiket: Rp100.000; Map: verifikasi lokasi
Alamat: Kabupaten Pulau Hiri, Kota Ternate, Maluku Utara.

13.Talaga Nita

Talaga NitaFoto oleh Usman Rifai di Google Maps

Bagi anda yang mempunyai hobi scuba diving, pantai ini bisa menjadi salah satu tempat untuk menekuni hobi tersebut, namun Talaga Nita mempunyai nuansa menyelam yang sangat berbeda dengan pantai lainnya.

Sementara sebagian besar pantai menawarkan waktu untuk menyelam di siang hari, danau ini berbeda, yaitu di malam hari. Selain dimanjakan dengan keindahan biota lautnya, Anda juga akan mendapatkan pengalaman menyelam yang tak terlupakan dari danau ini.

harga tiket: Bebas; Map: pemeriksaan situs
Alamat: Sulamadaha, Kec. Pulau Ternate, Kota Ternate, Maluku Utara.

14. Istana Sultan Ternate

Istana Sultan TernateFoto oleh Darno Yusuf Mulyono di Google Maps

Selain Benteng Kastela dan Benteng Oranje, Ternate juga memiliki objek wisata edukasi sejarah yang sangat mengesankan yaitu Kedaton Sultan Ternate. Di sana Anda bisa melihat dengan jelas peninggalan-peninggalan dari zaman Sultan Ternate.

Tidak hanya menikmati sejarah Ternate tapi juga dimanjakan dengan bangunan keraton yang megah dan indah. Namun, saat Anda mengunjungi tempat tersebut, pastikan Anda memahami semua aturan yang ditetapkan oleh pemerintah Kedaton.

harga tiket: Bebas; Map: pemeriksaan situs
Alamat: Salero, Kec. Kota Ternate Utara, Kota Ternate, Maluku Utara.

15. Ziarah ke Makam Sultan Babullah

Ziarah ke makam Sultan BabullahFoto oleh Hmkummu Ternate di Facebook

Ternate tidak hanya memiliki beragam destinasi wisata yang indah dan menarik, namun ada juga destinasi wisata religi yang patut untuk dikunjungi yaitu ziarah ke makam Sultan Babullah. Tak dapat dipungkiri, kiprah Sultan Babullah yang membawa pengaruh besar bagi kemajuan Ternate terus dikenang di hati masyarakat.

Ketika anda berkunjung ke tempat ini, kebersihan di sekitar makam harus anda perhatikan karena para penjaga selalu menjaga makam ini dengan baik agar terlihat bersih dan nyaman untuk dikunjungi.

harga tiket: Bebas; Map: pemeriksaan situs
Alamat: Foramadiahi, Kec. Pulau Ternate, Kota Ternate, Maluku Utara.

Ternate tidak hanya menawarkan destinasi wisata yang memiliki fungsi hiburan, namun juga wisata edukasi, sejarah, bahkan religi. Anda bisa memilih semuanya sesuai minat, namun yang pasti semua tempat wisata di Ternate layak untuk dikunjungi.

Source: www.itrip.id

Related Articles

Back to top button