Berita Wisata

15 Wisata Sukoharjo Paling Banyak Dikunjungi Cocok untuk Liburan Keluarga Akhir Tahun 2022

Masjid Raya Baiturrahmah Kabupaten Sukoharjo

Memperbesar

Sumber FB : Masjid Raya Baiturrahmah Kabupaten Sukoharjo

1. Peninggalan Keraton Kartasura

Reruntuhan Keraton Kartasura merupakan kunjungan dari Sukoharjo yang merupakan peninggalan Keraton Kartasura. Dahulu tempat ini merupakan keraton yang dibangun oleh Sri Susuhunan Amangkurat II adalah raja yang membangun Keraton Kartasura pada tahun 1680. Setelah Peristiwa Geger Pacinan pada tahun 1742, Keraton Kesultanan Mataram dipindahkan ke Keraton Surakarta di Solo.

Akibat huru-hara ini, sebagian besar bangunan keraton hancur dan kini hanya tersisa tembok bata merah yang disebut tembok Srimanganti yang merupakan benteng keraton dan dua areal pemakaman. Yang tersisa hanyalah sisa-sisa. Namun dari sisa peninggalan tersebut, pengunjung dapat melihat bukti sejarah Kerajaan Mataram yang masih ada.

2. Peninggalan Keraton Pajang

Selain Keraton Kartasura, wisata Sukoharjo juga diwarnai peninggalan Kerajaan Pajang. Sukoharjo dulunya merupakan wilayah Kerajaan Pajang di bawah pemerintahan Joko Tingkir.

Sisa-sisa Keraton Pajang menyimpan barang-barang yang berhubungan dengan Pajang dan Jaka Tingkir. Benda-benda pusaka tersebut berupa getek atau rakit kayu, patung-patung kuno dan batu-batu besar tempat Jaka Tingkir biasa bersemedi.

3. Masjid Raya Baiturrahmah

Tempat ibadah juga bisa menjadi daya tarik wisata yang menarik di suatu kota. Apalagi jika tempat ibadah tersebut unik dalam bentuk bangunannya. Masjid Raya Baiturrahman merupakan salah satu tempat ibadah yang ada di Kabupaten Sukoharjo.

Masjid ini baru selesai dibangun pada akhir tahun 2017 lalu. Pengunjung yang datang ke Masjid Raya Baiturrahman tidak hanya bertujuan untuk beribadah, namun ada juga yang berfoto dengan latar bangunan masjid yang indah.

4. Bendungan Colo

Bendungan Colo sebenarnya adalah sebuah kunci yang menahan sungai terpanjang di Jawa, yaitu Sungai Bengawan Solo. Bendungan Colo merupakan kunjungan ke Sukoharjo yang banyak dikunjungi karena struktur bangunannya yang unik, terutama area di bawahnya yang bermuara pada aliran air. Lokasi Dam Colo yang berada di kawasan perbukitan hijau menambah daya tarik tersendiri bagi wisatawan.

5. Telaga Biru Sukoharjo

Telaga Biru merupakan tempat wisata Sukoharjo yang terletak di antara perbatasan Sukoharjo dan Gunung Kidul. Telaga Biru terbentuk dari area penggalian batu alam tua yang tergenang air. Bentuk danau yang berliku-liku dengan air berwarna biru kehijauan membuat destinasi wisata ini memiliki tampilan yang unik dan eksotis.

Source: news.google.com

Related Articles

Back to top button