Tempat Wisata

16 Tempat Wisata di Probolinggo Terbaru dan Lagi Hits Dikunjungi

16 Tempat Wisata di Probolinggo Terbaru dan Lagi Hits Dikunjungi

Kota yang dulu bernama Banger pada masa Kerajaan Majapahit ini menjadi destinasi wisata yang tak kalah menarik untuk dikunjungi. Karena tempat ini mempunyai banyak objek wisata yang bisa anda pilih. Jadi Anda harus datang beberapa kali untuk bisa mengunjungi semua tempat wisata tersebut.

Probolinggo sering disebut sebagai Kota Seribu Taman atau Kota Mangga di Jawa Timur, karena lingkungannya sangat asri dan udaranya sejuk. Selain itu, Anda akan menemukan berbagai tempat wisata yang bisa dikunjungi bersama teman atau keluarga.

Jika Anda ingin menikmati liburan seru dengan suasana berbeda, Probolinggo mungkin bisa masuk dalam daftar Anda. Di bawah ini adalah daftar tempat wisata di Probolinggo yang bisa Anda jadikan referensi ketika ingin berlibur.

1.Gili Ketapang

Gili KetapangFoto oleh Fajar Hengki Wijaya di Google Maps

Destinasi wisata ini terletak di kecamatan Sumberasih, Purbalingga, sekitar 32,7 km dari kota Probolinggo. Kawasan ini menawarkan berbagai wisata di laut, seperti snorkeling, sehingga Anda bisa menikmati keindahan karang dan ikan-ikan yang hidup di kawasan tersebut.

Anda juga bisa mendirikan tenda camping untuk menikmati indahnya malam Gili Ketapang bersama teman-teman. Anda bisa menyewa perahu yang disediakan pengelola dan warga sekitar untuk menjelajahi kawasan ini.

harga tiket: Rp 211.700; Map: Periksa lokasi
Alamat: Sapia, kabupaten. Sumberasih, Kab. Probolinggo, Jawa Timur.

2. Air Terjun Madakaripura

Air Terjun MadakaripuraFoto oleh Roes Lim di Google Maps

Tempat wisata ini berjarak sekitar 33,4 km atau sekitar 1 jam perjalanan dengan mobil dari kota Probolinggo. Setelah itu Anda harus melanjutkan perjalanan dengan berjalan kaki. Namun jangan khawatir karena usaha Anda akan terbayar dengan keindahan air terjun ini.

Setibanya di sana, Anda akan disambut oleh air terjun abadi setinggi 200 m yang mengalir turun dari tebing terjal di atas Anda. Kecepatannya sangat cepat seperti melihat tiga air terjun bersebelahan padahal sebenarnya hanya ada satu.

harga tiket: Rp 22.000; Map: Periksa lokasi
Alamat: Braggah, Sapih, Kab. Lumbang, Cab.Probolinggo, Jawa Timur.

3. Air Terjun Suku

Air Terjun SukuFoto oleh Fina Utami di Google Maps

Destinasi wisata air ini masih belum ramai dikunjungi wisatawan, sehingga ketika anda berkunjung ke tempat ini anda tidak hanya bisa menikmati segarnya air terjun sambil mandi dan berenang, namun juga lingkungan sekitar yang masih hijau dan asri dipandang mata.

Lokasi air terjun ini berada di kawasan Ngepung, Probolinggo. Untuk menuju kesana anda bisa menuju Jl dengan menggunakan mobil. Raya Sukapura, kemudian berlangsung kurang lebih satu jam.

harga tiket: Rp 20.000; Map: Periksa lokasi
Alamat: Krajan, Ngepung, Kec. Sukapura, Kab.Probolinggo, Jawa Timur.

4. Air Terjun Jaran Goyang

Air Terjun Jaran GoyangFoto oleh Maulana Ghulam Hanifa di Google Maps

Jarak tempat wisata ini dari kota Probolinggo sekitar 47 km, dan pemberhentian pertama dapat ditempuh dalam waktu 1,5 jam. Anda kemudian akan mengikuti jalan setapak selama sekitar satu jam untuk mencapai air terjun tersembunyi ini.

Tempat ini dinamakan Jaran Goyang karena letaknya dekat Jl. Goyang, Probolinggo. Lokasi tempat wisata ini merupakan hutan alam sehingga masih asri. Air terjun ini cukup deras sehingga harus berhati-hati saat mencoba berada di bawah air terjun setinggi 20m+.

harga tiket: Rp5.000; Map: Verifikasi lokasi
Alamat: J L. Goyangan No. Timur, Krajan, Guyangan, Kec. Krucil, Cab.Probolinggo, Jawa Timur.

5. Danau Ranu Merah

Danau Ranu MerahFoto oleh Deanandaa2094_ di Google Maps

Destinasi wisata terdekat ada di Desa Tiris Kecamatan Andungsari berupa telaga yang unik karena warnanya yang merah. Namun ketika dikeluarkan, airnya jernih seperti air bersih pada umumnya.

Pasalnya, di dalam danau terdapat banyak alga merah sehingga mempengaruhi warna air. Meski demikian, telaga ini cukup aman jika Anda ingin berenang. Objek wisata ini jarang dikunjungi wisatawan, sehingga Anda bisa menikmati keindahan danau ini sesering yang Anda suka.

harga tiket: Rp3.000; Map: Periksa lokasi
Alamat: Krajan, Kecamatan Andungsari. Tiris, Cab.Probolinggo, Jawa Timur.

6. Danau Ranu Agung

Danau Ranu AgungFoto oleh Dejainero Rio di Google Maps

Di Desa Tiris terdapat sebuah telaga Ranu Agung yang tak kalah indahnya. Karena keindahannya, tempat ini selalu ramai pengunjung terutama di akhir pekan. Oleh karena itu, Anda perlu membuat rencana liburan yang tepat jika berencana berkunjung.

Saat berada di telaga ini, Anda bisa beristirahat di tepian telaga sambil mengagumi keindahan alam sekitar. Anda juga bisa menggunakan perahu bambu yang disewa penduduk setempat untuk berlayar melintasi danau ini bersama teman atau pasangan Anda.

harga tiket: Rp3.000; Map: Verifikasi lokasi
Alamat: Krajan, Kecamatan Ranuagung. Tiris, Cab.Probolinggo, Jawa Timur.

7. Sungai Pekalen

Sungai Pekalenfoto dari Indonesia yang luar biasa di Twitter

Kawasan wisata ini terletak sekitar 25 km dari kota Probolinggo sehingga sangat mudah untuk anda kunjungi. Sungai ini terkenal dengan arusnya yang deras dan banyak batu-batu besar. Oleh karena itu Sungai Pekalen menjadi lokasi yang sangat cocok untuk arung jeram.

Sungai ini akan mengalir melalui tiga kabupaten yakni Gading, Tiris dan Maron. Operator menawarkan panjang zona arung jeram dan tingkat kesulitan yang berbeda. Namun, Anda tidak bisa mengunjungi tempat ini saat hujan lebat karena sangat berbahaya.

harga tiket: -; Map: Periksa lokasi
Alamat: Maron Kidul, Kec. Maron, Kab.Probolinggo, Jawa Timur.

8. Pemandian Air Panas Desa Tiris

Pemandian air panas di desa TirisFoto oleh Pungki Nugroho di Google Maps

Terdapat sumber air panas di Desa Tiris yang masih sangat alami sehingga Anda tidak perlu khawatir untuk berendam di dalamnya. Bahkan, Anda akan merasakan berbagai manfaat seperti: B.pengurangan rasa lelah serta perawatan dan pengobatan berbagai penyakit kulit.

Lokasi pemandian ini tepatnya berjarak 200m dari Ranu Segaran. Jadi Anda cukup berjalan kaki untuk mencapai kawasan ini dan untuk menikmati pemandian ini Anda harus membeli tiket masuk seharga lima ribu.

harga tiket: Rp15.000; Map: verifikasi lokasi
Alamat: Longge’en, Ranuagung, Kec. Tiris, Cab.Probolinggo, Jawa Timur.

9. Perkebunan Teh Tiris

Perkebunan Teh Tirisfoto dari bersaing di Twitter

Tempat ini mempunyai nama lain yaitu Kebun Teh Andung Biru. Seperti namanya, tempat ini merupakan perkebunan teh hijau yang berada di dataran tinggi, lebih tepatnya di Desa Tiris Probolinggo.

Di sini Anda bisa menikmati sejuknya udara ditemani aroma daun teh. Anda juga bisa memetik daun teh dan menyaksikan teh diseduh ke dalam cangkir kaca. Setelahnya, Anda bisa mencicipi teh ini sambil menikmati indahnya pemandangan Kebun Teh Iris.

harga tiket: Rp5.000; Map: Periksa lokasi
Alamat: Kecamatan Tiris, Kab. Probolinggo, Jawa Timur.

10. Pantai Duta Besar

Pantai Duta BesarFoto Melynda Dwi Puspita di Google Maps

Pantai yang berada di kabupaten Paiton Probolinggo ini sering dijadikan spot utama untuk menikmati indahnya pemandangan matahari terbenam. Jadi Anda bisa menampilkan banyak foto bagus di jejaring sosial Anda.

Anda juga bisa menikmati hutan bakau, sesuai program pemerintah yang menjadikan tempat ini sebagai pusat pohon bakau di kawasan pesisir Probolinggo.

harga tiket: Rp5.000; Map: Periksa lokasi
Alamat: Gilin, Kecamatan Randutatah. Paiton, Cab.Probolinggo, Jawa Timur.

11. Pantai Bentar

pantai pendekFoto oleh Agus Heryanto di Google Maps

Pantai yang berada di Kecamatan Gending Desa Curahsawo ini memiliki pasir pantai yang terasa lembut di kaki, ditambah lagi terdapat dermaga kayu sepanjang 50 meter menuju laut lepas.

Jika beruntung, Anda juga dapat melihat sekumpulan hiu macan tutul yang bermigrasi dari jarak dekat. Momen seperti itu tidak boleh dilewatkan dalam keadaan apa pun dan harus diabadikan dengan foto secepat mungkin.

harga tiket: Rp5.000; Map: Periksa lokasi
Alamat: Karang Anyar, Kecamatan Curahsawo. Gending, Kab.Probolinggo, Jawa Timur.

12. Pantai Tambak Sari

Pantai TambaksariFoto oleh Budi Nugroho di Google Maps

Pantai ini terletak di kecamatan Pajarakan, 1 km dari Tol Pantura. Namun setelah itu jalannya cukup buruk sehingga harus berhati-hati, apalagi jika datang dengan mobil.

Destinasi wisata ini menyuguhkan pemandangan hutan bakau mati, pantai dan hutan bakau lainnya yang masih asri. Penduduk setempat juga menawarkan kesempatan memancing di kolam yang mereka buat.

harga tiket: Rp10.000; Map: verifikasi lokasi
Alamat: Pandean, Sukokerto, Kab. Pajarakan, Kab.Probolinggo, Jawa Timur.

13. Resor Beejay Bakau Probolinggo

Beejay Bakau Resort ProbolinggoFoto oleh Faisal D Purnawarman di Google Maps

Tempat wisata ini selalu ramai dikunjungi saat berlibur karena memiliki banyak fasilitas yang cocok untuk semua umur. Beberapa fasilitas tersebut antara lain kolam air asin, resort, photo booth untuk bersenang-senang, dan masih banyak lagi.

Tempat wisata ini terletak di sekitar pantai dekat Pelabuhan Mayangan. Selain fasilitas di atas, Anda juga bisa menikmati keindahan hutan bakau dan menghirup udara segar selama berwisata.

harga tiket: Rp40.000; Map: Periksa lokasi
Alamat: Mangunharjo, Kec. Mayangan, Kota Probolinggo, Jawa Timur.

14. Bukit Bentar

Bukit BentarFoto oleh Bambang Eko Listrianto di Google Maps

Bukit ini sangat dekat dengan Pantai Bentar sehingga mudah dijangkau. Bukit ini sering dijadikan tempat memotret pemandangan pantai dan hutan bakau yang terlihat begitu indah dari titik ini.

Tempat ini juga sering dijadikan tempat istirahat dan tempat berkumpulnya rombongan tracking. Pasalnya jalur menuju puncak bukit cukup menantang karena medannya terjal.

harga tiket: Rp5.000; Map: verifikasi lokasi
Alamat: J L. Raya Panglima Sudirman, Curahsawo, Kab. Gending, Kab.Probolinggo, Jawa Timur.

15. Gunung Argopuro

Gunung ArgupuroFoto oleh Harli _20 di Google Maps

Tempat wisata ini cocok bagi anda pecinta alam atau pernah mengikuti Mapala. Ada banyak puncak di Gunung Argopuro, namun titik tertingginya bernama Puncak Rengganis, yang diyakini penduduk setempat merupakan kediaman dewi Rengganis.

Selama pendakian anda akan disuguhi pemandangan alam yang indah dan udara yang sejuk dan yang paling menarik adalah di puncak gunung ini anda bisa menemukan berbagai reruntuhan bangunan kuno seperti candi atau candi.

harga tiket: Rp 20.000; Map: Periksa lokasi
Alamat: Kalianan, Kec. Krucil, Cab.Probolinggo, Jawa Timur.

16. Gunung Bromo

Gunung BromoFoto oleh Chun Sing Teh di Google Maps

Destinasi wisata ini sangat populer di kalangan wisatawan dalam dan luar negeri sehingga selalu ramai pengunjung. Anda bisa mendaki Gunung Bromo untuk melihat kawahnya dan menyaksikan matahari terbit.

Ada gurun besar di dekat Gunung Bromo. Di sini Anda bisa leluasa mengendarai kendaraan off-road, menggunakan sepeda trail, menunggang kuda atau sekedar berfoto.

harga tiket: Rp34.000; Map: Verifikasi lokasi
Alamat: Kecamatan Podokoyo. Tosari, Kab.Pasuruan, Jawa Timur.

Itulah 16 destinasi wisata di Probolinggo yang bisa Anda kunjungi bersama keluarga dan juga teman. Sebelum berwisata ke sini, Anda perlu membuat jadwal liburan khusus agar terhindar dari padatnya pengunjung saat liburan sekolah.

Source: www.itrip.id

Related Articles

Back to top button