Tempat Wisata

16 Tempat Wisata di Sumba Terbaru dan Masih Hits Dikunjungi

Salah satu destinasi wisata terpopuler di tahun 2019 adalah Sumba. Bahkan diprediksi wisata ini bisa mengalahkan tempat-tempat wisata populer seperti Lombok dan Bali. Pariwisata di Sumba merupakan magnet tersendiri yang menarik wisatawan.

Berkunjung ke Sumba akan memberikan pengalaman wisata yang sangat berbeda. Pasalnya, wisata Sumba memiliki banyak keseruan dan tempat eksotik untuk dijelajahi. Selain itu, masih banyak tempat yang masih “perawan”.

Sangat penting untuk memasukkan pariwisata Sumba sebagai tujuan yang harus dikunjungi. Untuk memudahkan Anda, berikut 16 tempat wisata di Sumba yang sangat populer di kalangan traveler.

1. Taman Bunga Sakura Sumba Timur

Taman Bunga Sakura Sumba TimurFoto oleh TTS Tourism Promotion/Facebook

Anda mungkin sedikit bingung ketika membaca kata “Sakura” di tempat wisata ini. Bagaimana bunga sakura bisa tumbuh di Indonesia? Padahal, di Sumba, Indonesia, ada bunga sakura, bunga khas Jepang.

Konon bunga sakura ada di Sumba karena dibawa oleh tentara Jepang yang hidup pada masa penjajahan. Bunga ini dapat ditemukan di Sumba pada bulan September hingga Oktober. Bulan ini bunga sakura akan tumbuh dan mekar.

harga tiket: Rp15.500; Map: verifikasi lokasi
Alamat: daerah. Sumba Timur, Nusa Tenggara Timur.

2. Taman Kincir Angin Maubokul

Taman Kincir Angin MaubokulFoto oleh Remond Jonathan / Google Maps

Sebenarnya objek wisata ini merupakan pembangkit listrik tenaga angin milik Sumba Timur. Anda akan merasa seperti berada di negeri seribu turbin angin, Belanda. Banyaknya kincir angin membuatnya unik.

Berfoto selfie di destinasi wisata ini sangat dianjurkan. Karena foto yang kamu ambil dijamin hits dan mendapatkan banyak like. Kebun Kincir Maubukol digunakan untuk menggerakkan desa Kamanggih di Sumba Timur.

harga tiket: Bebas; Map: verifikasi lokasi
Alamat: Moubokul, Kab. Sumba Timur, Pulau Sumba, Nusa Tenggara Timur.

3. Bendungan Kambaniru, Lambanapu

Bendungan Kambaniru, LambanapuFoto oleh Dony Arif Wibowo / Google Maps

Bendungan Kambaniru merupakan bendungan yang digunakan untuk mengairi sawah dan ladang penduduk desa Sumba. Bendungan ini membelah berhektar-hektar sawah dan perkebunan di sekitarnya.

Aktivitas yang bisa Anda nikmati di destinasi ini antara lain trekking, bersantai di sore hari atau menyewa perahu untuk menelusuri aliran sungai. Liburan Anda dijamin akan menjadi sesuatu yang sangat istimewa dan tak terlupakan.

harga tiket: Rp15.000; Map: verifikasi lokasi
Alamat: Maluku, Kec. Kambera, Kab. Sumba Timur, Nusa Tenggara Timur.

4. Ngarai Kembar Tanggedu

Ngarai Kembar TanggeduFoto oleh Gian Ngurumata / Google Maps

Jika di Pangandaran Jawa Barat terdapat green canyon, maka di Sumba terdapat objek wisata Tanggedu Twin Canyon. Air terjun ini tersusun dari lapisan bebatuan yang akan memukau setiap mata yang melihatnya.

Mengunjungi destinasi ini membutuhkan kondisi fisik yang baik. Pasalnya, seseorang harus mendaki selama beberapa jam untuk mencapai objek wisata ini. Namun rasa lelah Anda akan langsung terbayar saat melihat keindahan air terjun ini.

harga tiket: Rp50.000; Map: verifikasi lokasi
Alamat: Ndapayami, Kec. Kanatang, Kab. Sumba Timur, Nusa Tenggara Timur.

5. Pantai Watuparunu

Pantai WatuparunuFoto oleh Sioveni Sioveni / Google Maps

Keunikan Pantai Watuparunu adalah terletak di atas tebing berbatu berlubang. Inilah ciri khas dari pantai ini. Bentuk tebing yang berkelok-kelok menambah keindahan tersendiri.

Pantai Watuparunu terletak di sisi paling timur Pulau Sumba. Pasir putih dan air laut yang jernih memanjakan liburan Anda.

harga tiket: Rp15.000; Map: verifikasi lokasi
Alamat: Janji lainnya, Kec. Wulla Waijelu, Kab. Sumba Timur, Nusa Tenggara Timur.

6. Pantai Padadita

Pantai PadditaFoto oleh Diana Aris / Google Maps

Pantai Padadita terletak di pinggiran kota Waingapu. Letaknya yang tidak jauh dari pusat kota menjadikan pantai ini strategis aksesibilitasnya. Mengunjungi pantai ini akan membuat liburan Anda semakin menyenangkan.

Pantai Padadita merupakan pantai yang dimiliki oleh Padadita Beach Hotel. Oleh karena itu ada begitu banyak fasilitas pantai. Ada rumah makan, toilet, tempat ibadah dan fasilitas lainnya. Bersantai di sore hari dan menyaksikan matahari terbenam. Ini adalah kegiatan yang dapat Anda lakukan di tempat ini.

harga tiket: Rp5.000; Map: verifikasi lokasi
Alamat: J L. Airlangga Padadita Timur -NTT, Kec. Kota Waingapu, Kab. Sumba Timur, Nusa Tenggara Timur.

7. Pantai Walakiri

Pantai WalakiriFoto oleh Matthias Jungk (informasi Sumba) / Google Maps

Keunikan Pantai Walakiri adalah air lautnya yang surut beberapa kilometer di satu tempat. Hal ini memungkinkan pengunjung untuk berjalan ke tengah laut yang dipenuhi air laut saat air pasang.

Pantai ini memiliki pasir putih yang sangat bersih dengan air laut berwarna biru kehijauan. Beberapa aktivitas yang bisa dilakukan di pantai ini antara lain berenang, bersantai atau duduk-duduk di warung pantai yang menjamur di tempat ini.

harga tiket: Bebas; Map: verifikasi lokasi
Alamat: Watumbaka, Kec. Pandawa, Kab. Sumba Timur, Nusa Tenggara Timur.

8. Danau Weekuri

Danau WeekuriFoto oleh Irvan Ogi / Google Maps

Danau Wekuri merupakan salah satu daya tarik wisata utama Pulau Sumba. Karena danau ini merupakan salah satu danau air asin yang langka di dunia. Warna airnya yang jernih kehijauan membuat danau ini sangat indah.

Danau ini dipenuhi bebatuan seperti di lautan. Konon salinitas yang tinggi disebabkan oleh keluarnya air laut di tepian bebatuan. Namun, fakta ini membutuhkan studi ilmiah lebih lanjut untuk membuktikannya.

harga tiket: Rp10.000; Map: verifikasi lokasi
Alamat: Kalena Rongo, Kec. Kodi Utara, Kab. Sumba Barat Daya, Nusa Tenggara Timur.

9. Pulau Kambera

Pulau KamberaFoto oleh Xsentrix Gtr / Google Maps

Sementara ada sabana di Taman Nasional Baluran-Banyuwangi di provinsi Jawa Timur, ada juga Pulau Kambera di Pulau Sumba. Pulau ini mirip dengan Pulau Sumba di Afrika karena merupakan daerah yang gersang namun eksotik.

Di tempat ini, Anda bisa melihat berbagai jenis hewan ternak berjalan mondar-mandir. Hewan-hewan tersebut merupakan hewan ternak warga seperti sapi, babi dan kambing.

harga tiket: Rp100.000; Map: verifikasi lokasi
Alamat: Mondu, Kec. Kanatang, Kab. Sumba Timur, Nusa Tenggara Timur.

10. Bukit Persaudaraan

Bukit PersaudaraanFoto oleh Bhekti Lestari / Google Maps

Bukit Persaudaraan terletak di Mauliru, Kambera, Sumba Timur. Bukit ini memiliki pemandangan alam yang sangat indah. Sejauh mata memandang hanya terlihat hijaunya perbukitan yang indah dan masih “perawan”.

Ada banyak spot foto yang benar-benar eksotis di destinasi wisata ini. Di tengah perbukitan terdapat sungai yang mengalir indah. Suasana yang indah ini memastikan saat-saat yang sangat menyenangkan bersama orang-orang terdekat.

harga tiket: Bebas; Map: verifikasi lokasi
Alamat: Mauliru, Kec. Kambera, Kab. Sumba Timur, Nusa Tenggara Timur.

11. Desa Praijing

Desa PraijingFoto oleh Kenny Choo / Google Maps

Salah satu wisata budaya yang bisa Anda nikmati saat berkunjung ke Sumba adalah Desa Praijing. Di sana Anda bisa mengunjungi desa adat yang masing-masing masih utuh. Desa Praijing menjadi magnet bagi wisatawan domestik maupun mancanegara.

Desa adat ini dibangun di atas bukit yang masih asri. Desa ini dikelilingi oleh pepohonan yang tinggi dan rimbun. Desa Praijing juga dikenal sebagai tempat dengan bebatuan megalitik yang sangat indah dan artistik.

harga tiket: Rp25.000; Map: verifikasi lokasi
Alamat: Tebara, Kec. Kota Waikabubak, Kab. Sumba Barat, Nusa Tenggara Timur.

12. Taman Nasional Laiwangi Wanggameti

Taman Nasional Laiwangi-WanggametiFoto oleh Tyas/Instagram

Bagi pecinta alam, Anda bisa mengunjungi salah satu objek wisata perlindungan flora yaitu Taman Nasional Laiwangi Wangameti. Di destinasi ini, Anda bisa melihat beberapa satwa endemik khas pulau Sumba, antara lain merpati hijau sumba, ayam hutan merah sumba, ular piton dan monyet.

Berkunjung ke Taman Nasional Laiwangi Wangameti, Anda tidak hanya bisa bertemu dengan berbagai hewan endemik. Di sini Anda juga bisa melihat air terjun yang indah dan danau alami yang masih bersih dan terjaga kelestariannya.

harga tiket: Rp15.000; Map: verifikasi lokasi
Alamat: Pindu Hurani, Kec. Tabundung, Kab. Sumba Timur, Nusa Tenggara Timur.

13. Taman Nasional Manupeu Tanahdaru

Taman Nasional Manupeu TanahdaruFoto oleh Raihansyah Effendy di Google Maps

Taman Nasional Manupeu Tanahdaru terletak di Waikabubak, Sumba. Di tempat ini Anda bisa menjumpai berbagai satwa asli Sumba yaitu Kakatua Cempaka, Rangkong Sumba dan berbagai jenis burung. Diperkirakan hingga 86 jenis burung hidup di taman nasional ini.

Selain fauna, taman nasional ini mengoleksi berbagai jenis tumbuhan seperti sura, jambu hutan, cemara gunung dan tanduk. Koleksi tanaman di sini mencakup 118 spesies. Ada juga padang savana yang sangat indah di sekitar taman nasional ini.

harga tiket: Rp15.000; Map: verifikasi lokasi
Alamat: daerah. Sumba Barat, Nusa Tenggara Timur.

14. Air Terjun Lokoboro

Air Terjun LokoboroFoto oleh Sumba Tourism di Google Maps

Air Terjun Lokomboro memiliki ketinggian sekitar 60 meter dan terletak di Wewewa Timbur di barat daya Sumba. Air terjun ini berfungsi sebagai sumber air bagi masyarakat setempat untuk mandi, mencuci pakaian, dan mengambil air untuk keperluan rumah tangga.

Air terjun ini sungguh indah dan menakjubkan. Tak heran jika menjadi salah satu destinasi wisata yang wajib dikunjungi saat berwisata ke Sumba.

harga tiket: Rp15.000; Map: verifikasi lokasi
Alamat: Di Ewata, Kec. Vewewa Timur, Kab. Sumba Barat Daya, Nusa Tenggara Timur.

15. Pantai Karakat yang Indah

Pantai Karakat yang indahFoto oleh Matthias Jungk (Informasi Sumba) di Google Maps

Salah satu pantai terindah di Sumba adalah Pantai Karakat Indah. Pantai ini cukup bersih dan Anda masih bisa melihat banyak spesies biota laut yang berkeliaran di pantai.

Pantai ini memiliki air laut berwarna biru kehijauan yang membuatnya sangat eksotis. Orang yang berkunjung ke tempat ini umumnya mendaki ke atas bukit untuk melihat pantai dari atas.

harga tiket: -; Map: verifikasi lokasi
Alamat: Bukambero, Kec. Kodi Utara, Kab. Sumba Barat Daya, Nusa Tenggara Timur.

16. Desa adat Praigoli

Desa tradisional PraigoliFoto Rambu 57 di Google Maps

Kampung Adat Praigoli adalah kampung adat di Wanokaka, Sumba Barat. Di tempat ini Anda akan menemukan desa adat yang masih memegang teguh budaya nenek moyangnya.

Anda bisa menemukan makam megalitik yang disebut Lakara Kajiwa. Lakarara Kajiwa merupakan tempat penyimpanan pusaka, yang kemudian berfungsi sebagai tempat pemakaman almarhum.

harga tiket: Rp5.000; Map: verifikasi lokasi
Alamat: Bukambero, Kec. Kodi Utara, Kab. Sumba Barat Daya, Nusa Tenggara Timur.

Itulah 16 tempat wisata di Sumba yang bisa Anda jadikan referensi saat berkunjung ke sana. Sumba memiliki eksotisme tersendiri dimana anda bisa menemukan pantai-pantai yang indah, wisata budaya, wisata alam dan hal-hal lain yang memanjakan mata anda.

Source: www.itrip.id

Related Articles

Back to top button