Tempat Wisata

16 Tempat Wisata Labuan Bajo Terbaru dan Masih Hits Dikunjungi

Desa Labuan Bajo terkenal dengan keindahan alamnya, maka tak heran jika desa di Nusa Tenggara Timur ini sering dikunjungi wisatawan. Meski begitu terkenal, banyak turis mancanegara yang penasaran untuk mengunjungi desa ini.

Kondisi alam yang masih terjaga membuat suasana di Labuan Bajo damai dan menyegarkan. Ini juga berarti pengunjung enggan meninggalkan surga kecil ini. Pasti akan memakan waktu berhari-hari untuk melakukan perjalanan lebih jauh dari Labuan Bajo.

Bagi Anda yang tertarik untuk menjelajahi keindahan wisata alam di Labuan Bajo, berikut adalah daftar tempat wisata yang wajib dikunjungi selama berada di kawasan ini.

1. Pantai Merah Muda

pantai merah mudaFoto oleh Rohit Sarang di Google Maps

Nama Pink Beach tidak bisa dianggap enteng karena pantai ini memiliki pasir berwarna pink yang lembut. Perpaduan antara pasir yang lembut dan indah serta air laut yang jernih mampu menjadikan panorama di sekitar Pantai Pink menjadi daya tarik tersendiri bagi para wisatawan.

Pantai Pink tidak hanya cantik di permukaan, tetapi juga menawarkan pemandangan bawah laut yang menakjubkan. Tentunya dengan kondisi ombak yang tenang dan air yang sangat jernih, kegiatan menyelam akan sangat menyenangkan.

harga tiket: Rp10.000; Map: verifikasi lokasi
Alamat: Labuan Bajo, Kec. Komodo, Kab. Manggarai Barat, Nusa Tenggara Timur.

2.Pulau Komodo

Pulau KomodoFoto oleh Rizknas di Unsplash

Selama liburan Anda di Labuan Bajo, jangan lupa untuk mengunjungi salah satu keajaiban dunia yaitu Pulau Komodo. Selain mengamati aktivitas reptil yang dilindungi ini, Anda juga bisa berinteraksi langsung dengan memberi mereka makan.

Tempat ini tidak hanya dikenal sebagai cagar alam, namun juga menawarkan panorama yang indah berkat kawasan hijaunya yang masih terjaga. Berjalan-jalan di sabana atau mengunjungi pantai Pulau Komodo yang bersih dan indah akan memungkinkan Anda untuk mengambil berbagai foto yang fantastis.

harga tiket: Rp250.000; Map: verifikasi lokasi
Alamat: Komodo, Kec. Komodo, Kab. Manggarai Barat, Nusa Tenggara Timur.

3. Gua Rangko

Gua RangkuFoto oleh Farikin Rois di Google Maps

Gua Ranko merupakan tempat yang sangat cocok untuk dikunjungi bagi anda yang memiliki jiwa petualang. Di dalamnya terdapat berbagai jenis stalaktit unik, pemandangan goa sangat indah berkat sinar matahari yang masuk ke dalamnya.

Air asin biru yang sangat jernih mengalir melalui Gua Ranko. Jadi tidak lengkap rasanya jika tidak merasakan segarnya air saat berenang di surga tersembunyi ini.

harga tiket: Rp20.000; Map: verifikasi lokasi
Alamat: Tanjung Boleng, Kec. Boleng, Kab. Manggarai Barat, Nusa Tenggara Timur.

4. Pulau Rinca

Pulau RincaFoto oleh Azis Pradana di Unsplash

Pulau Rinca terkenal dengan hutan bakau yang tumbuh subur dan anggun di sepanjang pantai. Di pulau ini Anda tidak hanya bisa menikmati pemandangan hutan bakau, tapi juga ikut melestarikannya.

Pengalaman menanam pohon bakau pasti akan sangat menyenangkan dan bermanfaat bagi lingkungan di masa depan. Keunikan lain dari pulau ini adalah Anda bisa mengamati langsung aktivitas komodo.

harga tiket: Rp50.000; Map: verifikasi lokasi
Alamat: Pasir Panjang, Kec. Komodo, Kab. Manggarai Barat, Nusa Tenggara Timur.

5. Gua Batu Cermin

gua batu cerminFoto oleh Bastian AS di Google Maps

Goa di Labuan Bajo ini memiliki nama yang sesuai dengan keunikannya. Di sini Anda bisa melihat sinar matahari yang masuk melalui dinding samping gua, kemudian memantulkan air di dalam gua, menciptakan pemandangan yang indah.

Berkat pantulan sinar matahari tersebut, interior Gua Batu Cermin terlihat sangat terang di siang hari sehingga Anda bisa mengambil foto yang bagus dan jernih.

harga tiket: Rp10.000; Map: pemeriksaan situs
Alamat: Labuan Bajo, Kec. Komodo, Kab. Manggarai Barat, Nusa Tenggara Timur.

6. Gili Laba

Gili LabaFoto oleh Kathy Scalabre – Pribadi di Google Maps

Pulau Gili Laba masih menjadi bagian dari Taman Nasional Komodo. Pulau mungil ini menawarkan wisata alam berupa padang sabana layaknya dataran Afrika.

Waktu yang tepat untuk mengunjungi pulau ini adalah saat musim hujan, saat pulau terlihat hijau berkat pepohonan dan rerumputan di sekelilingnya. Namun jika Anda mengunjunginya saat musim kemarau, Anda tetap bisa menikmati pemandangan bukit-bukit kecoklatan yang eksotik.

harga tiket: Rp15.000; Map: pemeriksaan situs
Alamat: Komodo, Kec. Komodo, Kab. Manggarai Barat, Nusa Tenggara Timur.

7. Danau Sano Nggoang

Danau Sano NggoangFoto oleh Bram Lodo di Google Maps

Ingin merasakan serunya berpetualang menembus hutan? Cobalah mengunjungi Danau Sano Nggoang. Tersembunyi di pegunungan danau vulkanik ini, kealamiannya tentu saja sebagian besar masih utuh. Selain itu, danau ini disebut-sebut sebagai habitat burung endemik Flores.

Untuk mendapatkan pemandangan yang pas, Anda bisa melihat danau ini dari Puncak Golo Dewa. Pemandangan dari ketinggian dijamin membuat Anda terkagum-kagum dengan keindahan Danau Sano Nggoang.

harga tiket: Rp20.000; Map: verifikasi lokasi
Alamat: Wae Sano, Kec. Sano Nggoang, Cab Manggarai Barat, Nusa Tenggara Timur.

8. Cunca Lawang

Cunca LawangFoto Firda Milla di Google Maps

Cunca Lawang sering dikunjungi wisatawan yang ingin menikmati pemandangan sambil merasakan sejuknya udara pegunungan. Wisata alam ini menawarkan pemandangan tebing-tebing besar yang indah.

Ada juga air terjun di Cunca Lawang yang memberikan nuansa segar pada Cunca Lawang. Karena tebing dan kondisi jalan yang curam, tempat ini populer di kalangan penggiat pendakian.

harga tiket: Rp30.000; Map: pemeriksaan situs
Alamat: Pota Wangka, Kec. Boleng, Kab. Manggarai Barat, Nusa Tenggara Timur.

9. Sawah Lingko

Sawah Lingkofoto dari Dani Perdana Syabani di Twitter

Ini adalah salah satu tempat yang paling Instagrammable di Labuan Bajo yaitu Sawah Lingko. Jangan bandingkan pemandangan sawah di sini dengan yang sering Anda jumpai, karena sawah Lingko terkenal dengan sebaran tanahnya yang unik seperti jaring laba-laba.

Tak heran jika tempat ini sering dijadikan objek pemuas hobi fotografi. Keramahan penduduk setempat, suasana pedesaan yang asri, dan pemandangan persawahan yang unik pasti akan membuat liburan Anda menjadi momen yang tak terlupakan.

harga tiket: Rp20.000; Map: verifikasi lokasi
Alamat: Labuan Bajo, Kec. Komodo, Kab. Manggarai Barat, Nusa Tenggara Timur.

10. Pulau Padar

Pulau PadarFoto oleh Aruka Death di Unsplash

Keindahan laut dan perbukitan yang menyejukkan mata menjadi daya tarik utama pulau Padar. Pulau ini terlihat sangat unik karena dikelilingi perbukitan hijau.

Meski jalan di sini memiliki banyak tanjakan, namun di puncak perbukitan Anda bisa menikmati panorama Pulau Padar yang menakjubkan. Jadi saat berkunjung, jangan lupa membawa kamera untuk mengabadikan keindahannya.

harga tiket: Rp5.000; Map: pemeriksaan situs
Alamat: Komodo, Kec. Komodo, Kab. Manggarai Barat, Nusa Tenggara Timur.

11. Pulau Bidadari

pulau malaikatFoto oleh Moba Lejen di Google Maps

Nama pulau ini sepertinya tepat untuk menggambarkan keindahannya. Ada suasana yang sangat damai dan menenangkan di pulau ini.

Anda akan selalu merasa sejuk dengan kealamian pepohonan yang tumbuh di sini. Berkat jernihnya perairan di sekitar Pulau Bidadari, pulau ini juga sering digunakan untuk snorkeling.

harga tiket: Rp5.000; Map: pemeriksaan situs
Alamat: Labuan Bajo, Kec. Komodo, Kab. Manggarai Barat, Nusa Tenggara Timur.

12. Danau Kelimutu

Danau KelimutuFoto oleh Pierre-Yves Burgi di Unsplash

Selain itu, ada Danau Kelimutu yang keindahannya sudah diakui dunia. Untuk menikmati keindahan danau ini, Anda harus terlebih dahulu mendaki ke puncak Gunung Kelimutu. Mungkin sedikit melelahkan, tapi saat sudah sampai di puncak, rasa lelahmu akan terbayar.

Gunung ini memiliki tiga danau besar dengan warna-warni yang bisa membuat Anda terpesona. Danau vulkanik ini memiliki air berwarna biru yang tampak berkilau saat matahari bersinar.

harga tiket: Rp5.000; Map: verifikasi lokasi
Alamat: Woloara, Kec. Kelimutu, Cab End, Nusa Tenggara Timur.

13. Pulau Kanawa

Pulau KanawaFoto oleh Benny Vicenso di Google Maps

Labuan Bajo terkenal dengan keindahan pulau-pulaunya termasuk Pulau Kanawa. Pulau ini memiliki air yang sangat jernih dengan warna air biru kehijauan. Bahkan dari permukaan Anda bisa melihat ikan-ikan yang berenang bebas dan keindahan terumbu karang di sana.

Tentu saja tempat ini kemudian dijadikan spot populer untuk snorkeling. Jika tidak ingin menyelam, Anda masih bisa bersantai menikmati panorama alam Pulau Kunawa dari tepi pantai.

harga tiket: Rp50.000; Map: verifikasi lokasi
Alamat: Kecamatan Komodo, Kab. Manggarai Barat, Nusa Tenggara Timur.

14. Pantai Pede

Pantai PadeFoto oleh Arkedius Deda di Google Maps

Berada di antara Bukit Gorontaro dan Bukit Pramuka, pantai ini terbuka untuk umum, sehingga fasilitas di dalamnya cukup lengkap. Di sini Anda bisa menikmati keseruan olahraga air atau berjemur di pantai.

Anda dapat menikmati pemandangan laut yang indah dan bersih. Anda juga bisa merasakan keindahan sunset yang ditawarkan Labuan Bajo dari Pantai Pede.

harga tiket: Rp10.000; Map: verifikasi lokasi
Alamat: Kecamatan Komodo, Kab. Manggarai Barat, Nusa Tenggara Timur.

15. Pulau Kelor

Pulau KelorFoto oleh Gabriela Smith di Google Maps

Sepertinya tak ada habisnya untuk membahas keindahan pulau-pulau di Labuan Bajo. Kali ini ada Pulau Kelor yang menawarkan keindahan alam dan suasana pulau yang tenang. Pulau kecil ini memiliki pantai berpasir putih yang dinaungi pepohonan.

Kalau tidak, ombak di sini sangat tenang, membuat tempat ini sempurna untuk menyejukkan diri. Pemandangan di pantai ini sangat mempesona apalagi saat senja, kemudian terdapat juga bebatuan yang berjejer ditepian air pantai membuat tempat ini semakin unik.

harga tiket: Rp5.000; Map: pemeriksaan situs
Alamat: Pasir Putih, Kec. Komodo, Kab. Manggarai Barat, Nusa Tenggara Timur.

16. Manta Point

titik mantaFoto oleh Katherine dan Tom Mayer-Jones di Google Maps

Manta Point adalah tempat yang populer bagi para penyelam scuba. Banyak wisatawan lokal maupun mancanegara yang sengaja datang ke sini untuk melihat keindahan bawah laut Labuan Bajo. Di Manta Point Anda bisa melihat berbagai spesies ikan berenang bebas dan juga terdapat beragam terumbu karang yang eksotis.

Kemudian ada satu lagi yang sangat populer disini karena seperti namanya, di Manta Point ini anda bisa langsung melihat pari manta atau biasa disebut pari raksasa. Anda bisa merasakan pengalaman menyelam yang istimewa ditemani puluhan ikan pari manta.

harga tiket: Rp20.000; Map: verifikasi lokasi
Alamat: JL.Soekarno Hatta, Labuan Bajo, Kec. Komodo, Kab. Manggarai Barat, Nusa Tenggara Timur.

Itu tadi beberapa rekomendasi tempat wisata di Labuan Bajo yang bisa kamu coba. Tempat wisata di Labuan Bajo memang dikenal dengan kesucian alamnya yang masih terjaga. Oleh karena itu, tempat wisata di sini sangat cocok untuk menyegarkan jiwa.

Source: www.itrip.id

Related Articles

Back to top button