Tempat Wisata

17 Tempat Wisata di Ambon Terbaru dan Masih Hits Dikunjungi

Kota Ambon sudah lama dikenal masyarakat dunia sebagai destinasi wisata yang indah. Maka dari itu, jangan heran jika Anda banyak bertemu turis asing di kota ini. Menurut sejarahnya, kota Ambon banyak dikunjungi oleh wisatawan mancanegara asal Arab, Cina, maupun Eropa. Hal ini disebabkan kekayaan dan keindahan alam kota Ambon yang melimpah.

Setidaknya kali ini disajikan daftar tempat wisata di Ambon yang bisa menjadi panduan perjalanan Anda ke kota ini nantinya. Di bawah ini Anda akan menemukan pilihan tujuan wisata yang ada:

1. Pulau Molana

Pulau MolanaFoto oleh Adrian Hartomuljono di Google Maps

Ada destinasi wisata yang tak kalah menarik di Desa Haria. Karena kamu bisa mengunjungi Pulau Molana, sebuah pulau kecil yang ditumbuhi hutan mangrove dengan pasir putih yang indah, air laut yang jernih dan terumbu karang yang mempesona.

Pulau kecil ini sungguh indah, sehingga mengunjungi tempat ini adalah suatu keharusan ketika berlibur di Ambon. Anda bisa datang dari pagi hingga sekitar jam 5 sore saat cuaca cerah karena pulau ini banjir saat air pasang.

harga tiket: Rp10.000; Map: verifikasi lokasi
Alamat: Haria, Kec. Saparua, Kab.Maluku Tengah, Maluku.

2. Pulau Bair

Pulau BayerFoto oleh Muhammad Usmar Arif di Google Maps

Pulau Bair sering dibandingkan dengan Raja Ampat di Papua. Hal ini cukup wajar mengingat keindahan alam dan air jernih yang sangat indah di tempat ini.

Sangat jelas bahwa Anda dapat dengan jelas melihat dasar perairan ini. Selain itu, Anda bisa melihat hutan bakau yang tumbuh alami dan tebing yang membuat tempat ini semakin terlihat indah.

harga tiket: Bebas; Map: verifikasi lokasi
Alamat: Dullah Laut, Kec. Pulau Dullah Utara, Kota Tual, Maluku.

3.Nusa Pombo

NusaPomboFoto oleh Noor Fitriya di Google Maps

Dibutuhkan sekitar satu jam dengan perahu dari pelabuhan Ambon untuk mencapai tujuan wisata ini. Nusa Pombo merupakan pulau indah tak berpenghuni, sehingga banyak hal yang harus Anda persiapkan jika ingin mengunjunginya.

Selama di sini Anda bisa snorkeling atau sekadar berenang. Anda juga bisa mendirikan tenda untuk menginap di tempat ini dan menikmati pemandangan malam Nusa Pombo yang tak kalah indahnya.

harga tiket: Rp300.000; Map: verifikasi lokasi
Alamat: wow kec Salahutu, Cab.Maluku Tengah, Maluku.

4. Bersantai di pantai

Bersantai di pantaiFoto oleh Eka Susilowati di Google Maps

Berada di Desa Latulahat, 16 km dari Kota Ambon, pantai ini menjadi tempat bersantai atau melepas penat bagi Anda yang ingin melepaskan diri dari penatnya kehidupan sehari-hari.

Di pantai ini Anda bisa menyewa peralatan snorkeling, menyewa perahu atau sekedar bersantai sambil menikmati minuman dan makanan ringan.

harga tiket: Rp5.000; Map: verifikasi lokasi
Alamat: JL.Amanhuse, Seilale, Kec. Nusaniwe, Kota Ambon, Maluku.

5. Pantai Ora

Ora BeachFoto oleh Yuswira Effendi (Weryoe) di Google Maps

Pantai ini sebenarnya cukup jauh dari Kota Ambon. Butuh waktu berjam-jam untuk sampai ke pantai ini dan biaya yang dikeluarkan cukup mahal sehingga Anda perlu mempersiapkan perbekalan dan fisik yang kuat terlebih dahulu.

Namun, ketika Anda tiba, Anda akan menemukan diri Anda berada di surga di pantai yang sangat indah. Tempat ini menawarkan pemandangan alam dengan laut yang bersih, jernih dan segar.

harga tiket: Bebas; Map: verifikasi lokasi
Alamat: J L.PHB Halong Atas No.50, Halong, Kec. Baguala, Kota Ambon, Maluku.

6. Air Terjun Telaga Pange

Air Terjun Telaga PangeFoto oleh Alwin Tom di Google Maps

Barang-barang berharga biasanya disembunyikan, seperti halnya air terjun ini. Tempatnya cukup sulit dijangkau karena jalannya yang sulit dilalui. Namun, Anda tidak akan kecewa jika mengunjungi tempat ini karena air terjunnya sangat indah.

Selama berjalan-jalan Anda bisa menikmati pemandangan hutan yang indah, yang identik dengan udara segar. Karena itu, Anda dapat mengambil banyak foto bagus di sini.

harga tiket: Bebas; Map: verifikasi lokasi
Alamat: Telaga Pange, Teluk Baguala Ambon, Wayame, Kec. Teluk Ambon, Kota Ambon, Maluku.

7. Benteng Amsterdam Hila

Benteng Amsterdam HilaFoto oleh Kaka Dhanay di Google Maps

Benteng ini terletak di kecamatan Hila kota Ambon. Karena jaraknya yang dekat, tempat ini bisa Anda kunjungi pada hari pertama kedatangan Anda di Ambon.

Benteng bersejarah ini dibangun pada masa penjajahan Belanda dan digunakan untuk berbagai keperluan. Awalnya, tempat ini berfungsi sebagai toko rempah-rempah, namun diubah menjadi benteng militer oleh tentara Belanda.

harga tiket: Rp5.000; Map: verifikasi lokasi
Alamat: Kaitetu, Kec. Leihitu, Kab.Maluku Tengah, Maluku.

8. Benteng Belgia

benteng BelgiaFoto oleh Muhammad Fahrul Razi di Google Maps

Benteng ini merupakan salah satu yang terbesar dan termegah di Ambon, lebih tepatnya di kabupaten Banda. Keberadaan benteng ini strategis karena dapat menghadap ke area yang luas, sehingga Anda bisa menikmati berbagai panorama alam yang indah dari benteng ini.

Yang paling unik adalah bentuk bentengnya yang berbentuk segi lima. Tentunya bentuk ini memiliki sejarah tersendiri dan bisa Anda pelajari lebih lanjut saat mengunjungi tempat wisata ini nanti.

harga tiket: Rp20.000; Map: verifikasi lokasi
Alamat: Nusantara, Kec. Banda, Kab.Maluku Tengah, Maluku.

9. Benteng Ferangi

Benteng Ferangifoto dari OKE di Twitter

Benteng Portugis ini awalnya merupakan pusat pemerintahan dan gudang rempah-rempah. Namun setelah Indonesia merdeka, benteng ini dijadikan tempat wisata sejarah yang banyak dikunjungi wisatawan karena letaknya yang dekat dengan kota Ambon.

Saat masuk kamu akan menemukan berbagai meriam tua yang berukuran sangat besar. Selain itu, masih banyak benda bersejarah lainnya yang bisa dilihat di benteng ini.

harga tiket: Rp20.000; Map: verifikasi lokasi
Alamat: Kaitetu, Kec. Leihitu, Kab.Maluku Tengah, Maluku.

10. Tebing Hatu Pia

Tebing Hatu Piafoto dari Juferdy di Twitter

Ambon memiliki tempat wisata lain yang tak kalah indahnya yaitu Tebing Hatu Pia di Desa Sawai. Tebing ini menawarkan pemandangan yang menakjubkan dan eksotis.

Sebuah gubuk sengaja dibangun pada titik ini. Jadi, Anda dapat mengambil banyak foto Instagram-ready untuk ditampilkan di media sosial Anda.

harga tiket: Rp10.000; Map: verifikasi lokasi
Alamat: Teluk, Saleman, Kec. Seram Barat Laut, Kab.Maluku Tengah, Maluku

11. Batu lubang Liliboi

Batu lubang liliboiFoto oleh Arnel Arnellis di Google Maps

Di Kecamatan Leihitu Barat, terdapat tempat wisata tersembunyi berupa kolam air tawar di samping laut. Garis pemisah antara dua badan air membentuk permukaan batu. Namun, ada sebuah lubang yang terlihat seperti pintu gerbang di mana seseorang dapat memasuki dua jenis air tersebut.

Destinasi wisata ini sangat indah dan menarik. Nikmati pemandangan alam yang indah sambil mandi dan berenang di air tawar atau air asin, tergantung mood Anda.

harga tiket: Rp5.000; Map: verifikasi lokasi
Alamat: Liliboi, Kec. Leihitu Barat, Kab.Maluku Tengah, Maluku.

12. Pantai Natsepa

Pantai NatsepaFoto oleh Octovianus di Google Maps

Sekitar 40 km dari Kota Ambon, Anda bisa mengunjungi Pantai Natsepa yang memiliki keistimewaan tersendiri. Berada di kecamatan Salahutu, pantai ini terbilang mudah diakses karena koneksi jalan yang baik.

Pantai ini menawarkan pemandangan yang indah dengan air yang jernih. Selama di sini, Anda bisa berenang, menikmati seafood segar, atau mencicipi salad buah segar dan lezat khas Pantai Natsepa.

harga tiket: Rp1.000; Map: verifikasi lokasi
Alamat: Sulli, Kec. Salahutu, Cab.Maluku Tengah, Maluku.

13. Pantai Pintu Kota

Pantai Gerbang KotaFoto oleh Nuraini Febri di Google Maps

Pantai indah ini terletak di desa Nusaniwe, tidak jauh dari Kota Ambon. Saat anda memasuki pantai ini anda akan melewati sebuah lubang batu yang bentuknya seperti gapura.

Pemandangan dari gerbang ini sangat bagus dan airnya jernih sehingga Anda tidak akan memiliki kesabaran untuk berenang dalam waktu dekat. Tempat ini juga sering digunakan untuk mengambil video atau foto sebelum pernikahan.

harga tiket: Rp4.000; Map: verifikasi lokasi
Alamat: Nusaniwe, Kec. Nusaniwe, Kota Ambon, Maluku.

14. Masjid Wapauwe

Masjid WapauweFoto oleh -Hm- di Google Maps

Bangunan masjid di desa Atetu ini merupakan yang tertua di Ambon. Menariknya, sebagian besar bahan bangunan masjid ini terbuat dari pelepah sagu dan tidak ada paku yang digunakan di masjid ini.

Menurut masyarakat setempat, Masjid Wapawue bisa bergerak mandiri saat subuh. Menurut cerita, masjid ini sudah dua kali dipindahkan, namun proses pemindahannya tidak dijelaskan secara detail.

harga tiket: Bebas; Map: verifikasi lokasi
Alamat: Kaitetu, Kec. Leihitu, Kab.Maluku Tengah, Maluku.

15. Pemandian Air Panas Tulehu

Pemandian Air Panas TulehuFoto oleh Aswanudin Hamid di Google Maps

Sekitar 30 km dari Kota Ambon, Anda bisa menemukan sumber air panas alami di sekitar perbukitan di pinggiran kota Ambon. Yang istimewa adalah ada dua kolam termal dengan suhu berbeda.

Selama menginap di sana Anda akan menemukan berbagai fasilitas pelengkap seperti pondok untuk menginap, tempat ibadah, warung bahkan tempat karaoke untuk melengkapi hari Anda nanti bersama teman atau keluarga.

harga tiket: Rp5.000; Map: verifikasi lokasi
Alamat: Tulehu, Kec. Salahutu, Cab.Maluku Tengah, Maluku.

16. Gua Hawang

Gua HawangFoto oleh Didik Hariadi di Google Maps

Ingin tempat wisata yang sedikit berbeda? Jika iya, maka datanglah ke Pulau Kei Kecil, karena di sana Anda akan menemukan gua yang luar biasa indahnya. Tempat ini cukup sebagai wisata air alami karena Anda bisa berenang sambil menikmati jernihnya air dan keindahan Goa Hawang.

Gua ini selalu terendam air laut, sehingga Anda akan menemukan bebatuan di langit-langit gua terbentuk karena sering terkena air. Selain itu, airnya terlihat biru jernih sehingga tempat ini sering dikunjungi wisatawan.

harga tiket: Rp5.000; Map: verifikasi lokasi
Alamat: Hoat Sorbay, Letvuan, Kec. Kei Kecil, Cab.Maluku Tenggara, Maluku.

17. Tebing Makariki

Tebing MakarikiFoto oleh Elvredo Tjan di Google Maps

Tempat wisata sangat sulit untuk dilalui karena letaknya yang terpencil dan jalur yang cukup terjal. Karena itu, masih sedikit wisatawan yang datang ke sini dan hanya orang-orang yang memiliki tujuan dan semangat petualangan yang pernah datang ke tempat ini.

Namun, usaha dan kerja keras Anda selama perjalanan akan terbayar dengan pemandangan alam yang sangat indah. Pemandangan ini semakin lengkap ketika angin sejuk berhembus dan air laut sangat jernih.

harga tiket: Bebas; Map: verifikasi lokasi
Alamat: Yaputih, Kec. Tehoru, Cab.Maluku Tengah, Maluku.

Inilah daftar tempat wisata di Kota Ambon yang bisa Anda pilih saat menghabiskan liburan di tempat ini nanti. Semua tempat tersebut masih alami dan terjaga kebersihannya, jadi dijamin liburan Anda akan sangat berarti, apalagi jika Anda mengabadikan momen-momen tersebut dalam sebuah album foto.

Source: www.itrip.id

Related Articles

Back to top button