Berita Wisata

17 Tempat Wisata Populer Di Jembrana Bali Yang Wajib Dikunjungi

Ada banyak tempat wisata di Jembrana Bali yang wajib dikunjungi. Karena kabupaten kawasan Bali Barat ini memiliki pesona yang tak kalah menarik dengan kawasan Bali Timur atau Bali Tengah. Tempat wisata di Jembrana ini bervariasi karena wilayahnya sangat luas dan terdiri dari pegunungan, hutan, dan pantai.

Keunggulan Jembrana lainnya adalah menjadi titik kedatangan wisatawan Jawa dengan perahu. Wisatawan yang menggunakan transportasi bus atau kendaraan pribadi juga bisa menikmati wisata Bali yang jaraknya tidak terlalu jauh.

Tempat Wisata di Jembrana Bali Populer dan Populer

Berikut 17 tempat wisata utama di Jembrana yang wajib dikunjungi, dirangkum dari website pemerintah Kabupaten Jembrana, jembranakab.go.id.

Taman Nasional Bali Barat

Taman Nasional Bali Barat merupakan kawasan pelestarian alam yang digunakan untuk rekreasi, pendidikan, penelitian dan kebudayaan. Taman nasional ini masuk dalam dua wilayah administratif, yakni Jembrana dan Buleleng.

Di Taman Nasional Bali Barat, Anda dapat menemukan Jalak Bali (Leucopsar rothschildi), kemudian Bison (Bos javanicus), Rusa (Muntiacus muntjak), Kancil (Tragulus javanicus) dan Rusa Merah (Cervus timorensis). Taman ini diserbu oleh mangrove (Rhizophora sp), pohon palem (Borassus flabellifer), hutan tropis, hutan musim yang didominasi oleh pohon pisang (Acacia leucophloea).

Air Terjun Juwuk Manis

Air terjun Juwuk Manis ini terlihat unik karena memiliki dua aliran yang berdampingan. Memang ketinggiannya hanya sekitar 4 meter, namun kesejukan air dan suasananya menghadirkan kesejukan yang tak kalah dengan air terjun lainnya.

Lokasinya berada di Dusun Juwuk Manis, Desa Manggissari, Kecamatan Pekutatan, Kabupaten Jembrana, Bali. Fasilitas disini antara lain tempat parkir kendaraan, kamar mandi dan warung makan.

Sangkaragung

Sangkaagung adalah sebuah desa di kecamatan Negara, Jembrana, Bali. Desa ini merupakan pusat kesenian ‘jegog’. Jegog adalah sejenis seni musik gamelan bambu.

Wisatawan bisa menonton dan belajar bermain jegog di desa ini setiap hari Minggu dan Kamis. Seni ini terkenal di Jepang. Seniman Jegog dari Sangkaagung juga tampil setidaknya tiga kali dalam setahun di Jepang.

Kuil Rambut Siwi

Pura Rambut Siwi merupakan salah satu pura bersejarah karena berkaitan dengan kedatangan seorang pendeta Majapahit, Dang Hyang Nirartha yang datang ke Bali dan singgah di daerah tersebut untuk memberikan ajaran Hindu. Penduduk setempat meminta rambut Dang Hyang Nirartha, menyimpannya dan disembah di pura ini, itulah sebabnya disebut Pura Rambut Siwi.

Pura ini juga menawarkan pemandangan laut dan matahari terbenam. Apalagi wisatawan juga disuguhi pemandangan hamparan sawah dan pegunungan yang mempercantik pura ini. Lokasinya di Yeh Embang Kangin, Mendoyo, Jembrana, Bali.

Bunut Bolong

Bunut Bolong merupakan pohon Bunut yang tinggi dan rindang yang memiliki keunikan yaitu bagian tengah akarnya berlubang atau cekung sehingga dapat dilalui kendaraan. Jalan di bawah bunut menghubungkan Kecamatan Pekutatan dengan Kabupaten Buleleng.

Di sekitar tempat ini juga menarik karena terdapat pemandangan perkebunan cengkeh dan terdapat Pura Bujangga Sakti yang merupakan tempat ibadah umat Hindu. Bunut Bolong terletak di Desa Manggisari, Kecamatan Pekutatan, Jembrana.

Taman Hiburan Tirta Samudra Dlod Brawah

Taman Rekreasi Delodbrawah telah direnovasi menjadi kawasan pantai yang menarik. Obyek wisata ini dilengkapi dengan kolam renang air laut yang dapat diakses oleh masyarakat umum dengan perosotan yang cukup tinggi. Kolam renang air laut biasanya hanya milik hotel berbintang.

Lokasinya di Delod Berawah, Mendoyo, Jembrana, Bali. Tiket masuk taman hiburan Tirta Samudra Delodbrawah untuk anak-anak Rp 1.500, dewasa Rp 3.000. Khusus untuk anak sekolah atau rombongan lebih dari 50 orang, tiketnya Rp 1.000 per orang.

Pantai Pengagoan

Pantai Pengeragoan merupakan pantai pasir hitam yang layak untuk dikunjungi. Jika Anda mengambil jalan darat dari Gilimanuk ke Denpasar, pantai ini ada di sebelah kanan jalan.

Sembari beristirahat dari perjalanan, Anda bisa menikmati keindahan pantai ini. Ada beberapa warung makan di pinggir pantai. Obyek wisata ini tepatnya berada di Desa Pengeragoan Kecamatan Pekutatan yaitu di pintu gerbang timur Kabupaten Jembrana berbatasan dengan Kabupaten Tabanan.

Obyek wisata Percak

Tempat wisata di Pantai Perancak ini selalu ramai dikunjungi wisatawan karena menawarkan pemandangan yang menakjubkan. Terdapat beberapa fasilitas yaitu sirkuit motocross dan road race.

Tempat ini juga setiap tahun digunakan untuk lomba dayung kano tradisional. Selain itu, Desa Perancak merupakan tempat pelestarian penyu. Pada waktu-waktu tertentu, masyarakat melepaskan bayi penyu yang baru lahir atau bayi ke laut.

Mengunjungi Puncak JR Jembrana

Jembrana menawarkan wisata gunung yaitu Puncak Meet Teen atau dikenal dengan Puncak JR. Tempat ini dulunya merupakan tempat berkumpulnya para remaja dari komunitas Sekaa Teruna Teruni.

JR Peak memiliki pemandangan khas pegunungan hijau. Wisatawan bisa memanfaatkan beberapa spot foto untuk berswafoto dengan latar belakang langit, hutan, dan pegunungan. Lokasi JR Peak berada di Banjar Pancaseming, Desa Batuagung, Kecamatan Jembrana, Kabupaten Jembrana.

Pantai Medevi

Pantai Medewi memiliki ciri khas lekukan pantai yang indah dan pasir hitam, ombak yang kuat menjadikan pantai ini ideal untuk berselancar. Lokasinya asri dan sepi karena tidak seramai pantai-pantai di Denpasar.

Di pantai ini terdapat hotel yang menawarkan kolam renang dan restoran yang artistik dan menyatu dengan pantai. Pantai ini terletak di Desa Medewi, Kecamatan Pekutatan, Jembrana.

Pantai Baluk Rening

Pantai Baluk Rening memiliki pantai berpasir hitam dengan ombak yang tidak begitu besar. Pantai ini menarik jika dinikmati pada sore hari hingga matahari terbenam.

Pantai ini sering dikunjungi wisatawan. Lokasinya di Baluk, Kecamatan Negara, Kabupaten Jembrana, Bali.

Pantai Candikusuma

Pantai ini asyik digunakan untuk mandi dan berenang karena pantai dan airnya bersih. Selain itu, terdapat tugu berbentuk segitiga yang konon pernah muncul sebilah keris yang bersinar di tempat ini. Tempat ini juga menjadi objek wisata religi. Lokasinya di Candikusuma, Kecamatan Melaya, Kabupaten Jembrana, Bali.

Pantai Karang Sewu

Pantai Karang Sewu merupakan bagian dari Taman Nasional Bali Barat. Wisatawan yang menyeberang ke Gilimanuk bisa langsung singgah di Pantai Karang Sewu yang jaraknya hanya sekitar 300 meter.

Laut di Pantai Karang Sewu tampak tenang karena letaknya di teluk. Di sekitar pantai ini tumbuh bakau yang digunakan untuk konservasi alam. Pantainya tidak berpasir, tetapi banyak rumput tumbuh di sekitarnya. Anda bisa berfoto di sini karena pemandangannya tidak seperti pantai pada umumnya.

Museum Manusia Purba

Gilimanuk memiliki Museum Manusia Purba yang menyimpan peninggalan prasejarah berupa fosil manusia purba. Dalam sebuah penelitian tahun 1963, para arkeolog Indonesia menemukan ratusan kerangka manusia yang diyakini hidup pada zaman prasejarah akhir. Ratusan kerangka milik ras Mongoloid.

Temuan ini kemudian disimpan di Museum Manusia Purba. Selain tulang belulang, koleksi yang ada di sini antara lain alat-alat seperti sarkofagus, manik-manik, gelang kayu dan kulit kerang, periuk kecil, guci dan mangkok gerabah.

Selain itu, Anda bisa bersantai di pantai sambil mengunjungi kawasan museum. Lokasinya di Jalan Rajawali, Gilimanuk, Kecamatan Melaya, Kabupaten Jembrana, Bali.

Teluk Gilimanuk

Tempat wisata di Gilimanuk lainnya yang bisa langsung Anda nikmati setelah tiba di pelabuhan adalah Teluk Gilimanuk. Perairan teluk ini tenang dan memiliki spot foto yang menarik. Tempat ini dekat dengan fasilitas umum seperti akomodasi, restoran, dan tempat penjualan souvenir.

Taman Wisata Air Gumbrih

Taman wisata Air Gumbrih memanfaatkan arus Tukad Pangyangan yang tenang. Di tempat ini banyak terdapat pohon kelapa dan babi hutan di sepanjang aliran sungai. Wisatawan dapat menyusuri sungai dengan menggunakan perahu boat.

Sungai ini juga sering digunakan untuk memancing. Pemancing sering mendapatkan beberapa jenis ikan seperti kakap merah dan julit. Taman Wisata Air Gumbrih terletak di Desa Gumbrih, Kecamatan Pekutatan, Kabupaten Jembrana, Bali.

Bendungan Palasari

Bendungan Palasari dibangun untuk mengendalikan banjir dan digunakan masyarakat untuk irigasi dan perikanan. Bendungan ini menarik digunakan untuk wisata bahari karena berada di sekitar hutan lindung yang sejuk.

Wisatawan dapat naik kano di sekitar bendungan. Lokasi Bendungan Palasari berada di Desa Ekasari, Kecamatan Melaya, Jembrana, Bali.

Inilah 17 objek wisata di Jembrana yang paling banyak dikunjungi dan wajib dikunjungi, terutama bagi wisatawan yang menempuh jalan dari Gilimanuk. Ingin mengunjungi gunung, hutan atau pantai? Semuanya ada di Jembrana.

Simak video “Rasa Makan Raos Pisaan Euy, Cuisine du Palais Cimahi”
[Gambas:Video 20detik]
(teluk/fds)

Source: news.google.com

Related Articles

Back to top button