Berita Wisata

19 Wisata Sumenep yang Paling Banyak Dikunjungi dengan Pemandangan Menakjubkan, Wajib Dikunjungi

1.Gili Yang

Gili yang atau Gili Iyang terkenal sebagai salah satu tempat dengan kadar oksigen terbaik kedua di dunia setelah Laut Mati di Yordania. Pulau yang memiliki luas 9,15 kilometer persegi ini dapat ditempuh dengan menggunakan taksi air berupa perahu kayu bermotor dari pelabuhan Dukek Crossing. Waktu tempuh dengan taksi air sekitar 30-40 menit, tergantung kondisi cuaca.

Sesampainya di Gili Yang, wisatawan akan sering bertemu dengan penduduk lokal yang berusia 90-an atau bahkan lebih tua. Hal ini mungkin karena Gili Yang memiliki kualitas udara yang baik sehingga masyarakatnya dapat berumur panjang. Selain pantai pasir putihnya, Gili Yang juga memiliki 10 gua eksotis yang juga menarik untuk dikunjungi.

2. Gili Labak

Gili Labak atau juga dikenal sebagai Gili Lawak terletak di sebelah tenggara Pulau Madura. Lokasinya yang cukup terpencil membuat pulau ini indah dengan pantai pasir putihnya yang jarang terlihat oleh wisatawan. Namun karena jarang dikunjungi wisatawan, pulau kecil ini menjadi sepi dan kondusif untuk relaksasi.

Satu-satunya akses menuju Gili Labak adalah dengan menyewa perahu nelayan. Ada 2 alternatif rute yang bisa dipilih, melalui pelabuhan ferry Kalianget atau melalui desa Kombang. Harga sewa perahu nelayan berkisar antara Rp 900.000 hingga Rp 2 juta. Agar lebih nyaman, wisatawan bisa mencari agen perjalanan yang kini menawarkan banyak paket wisata di Gili Labak.

3. Gili Genting

Gili Genting juga merupakan salah satu pulau kecil di sebelah tenggara Pulau Madura. Ada dua pantai yang terkenal dengan keindahannya, yaitu Pantai Sembilan dan Pantai Kahuripan. Pantai Nine terletak di sebelah utara Gili Genting, pantai pasir putih ini dijuluki “Jiwa Madura” karena panorama megah yang mengelilinginya. Pantai Nine awalnya bernama Pantai Bringsang, namun secara alami membentuk gumuk pasir seperti nomor sembilan. Setelah itu, pantai ini lebih dikenal dengan nama Pantai Sembilan.

Di sebelah tenggara Gili Genting juga terdapat pantai yang tidak kalah indahnya dengan Pantai Sembilan yang bernama Pantai Kahuripan. Pantai ini tidak begitu dikenal oleh wisatawan, sehingga masih sepi dan merupakan tempat yang baik untuk mencari ketenangan.

4. Pulau Sapeken

Pulau Sapeken adalah salah satu pulau kecil terpadat di dunia. Luas wilayahnya hanya sekitar 201 kilometer persegi dengan jumlah penduduk 37.765 jiwa, menurut data Bappeda Sumenep tahun 2003.

Nama Pulau Sapeken diambil dari sejarahnya yang merupakan persinggahan bagi para nelayan yang biasanya tinggal di pulau itu selama seminggu atau seminggu dalam bahasa setempat. Keistimewaan pulau yang terletak di garis paling timur provinsi Jawa Timur ini adalah penduduknya menggunakan bahasa Bajo, Mandar, dan Bugis dalam kehidupan sehari-hari. Memang, penduduk Pulau Sapeken adalah nelayan dari Sulawesi yang akhirnya menetap di pulau itu.

5. Pantai Lombang

Pantai Lombang merupakan pantai yang terletak di sisi timur Pulau Madura. Lokasinya yang berada di Pulau Madura membuat akses menuju Pantai Lombang cukup mudah dengan kendaraan pribadi maupun kendaraan umum.

Kemudahan akses menuju Pantai Lombang menjadi salah satu alasan mengapa wisata Sumenep ini sering dikunjungi warga Madura dan sekitarnya untuk berlibur. Pantai dengan hamparan pasir coklat ini langsung menghadap ke Laut Jawa yang

6. Pantai Ambunten

Pantai Ambunten juga merupakan tempat wisata yang populer bagi masyarakat Madura dan sekitarnya. Pantai Ambunten relatif selalu ramai pengunjung, baik pada hari libur maupun pada hari biasa. Pasirnya berwarna kecoklatan dengan ombak yang tidak terlalu besar. Di sekelilingnya terdapat beberapa bebatuan besar yang menarik untuk dijadikan spot foto.

7. Pantai Slopeng

Pantai Sopeng terletak di sisi utara Pulau Madura dan berhadapan langsung dengan Laut Jawa. Pantai ini merupakan pantai yang relatif baru dibuka untuk pariwisata. Pantai Sopeng memiliki pasir berwarna cokelat dan di sana sengaja ditanami pohon pinus untuk mencegah abrasi. Pengunjung bisa bersantai menikmati pemandangan pantai sambil berteduh di bawah pohon pinus.

8. Pulau Masalembu

Pulau Masalembu adalah pulau terbesar di Kepulauan Masalembu. Ada dua pulau lain di kepulauan ini, yaitu Pulau Karamian dan Pulau Masakambing. Pulau Masalembu terletak di antara perairan Laut Jawa, Selat Malaka dan Laut Flores. Posisi ini juga dikenal sebagai Segitiga Bermuda Indonesia.

Selain sejarah misterius Segitiga Bermuda, Pulau Masalembu sebenarnya mencatat objek wisata pantai dengan pemandangan yang menakjubkan. Airnya biru jernih dengan pasir pantai putih. Penduduk Pulau Masalembu juga merupakan penduduk multi etnis yang terdiri dari Madura dan Bugis.

9. Pulau Mamburit

Pulau kecil ini juga memiliki pemandangan pantai yang sangat indah. Akses menuju Pulau Mamburit dapat ditempuh melalui pelabuhan penyeberangan Kalianget menggunakan kapal motor. Selain pantainya yang indah, pemandangan bawah laut Pulau Mamburit juga sayang untuk dilewatkan.

10. Pulau Sapoudi

Pulau Sapudi dulu disebut Pulau Sapi karena konon jumlah sapi di pulau ini lebih banyak daripada manusia. Wisata yang ditawarkan Pulau Sapudi adalah wisata bawah laut berupa padang lamun, hutan mangrove dan pantai. Selain itu, di pantai ini terdapat dua makam sunan yang sering dikunjungi peziarah dari berbagai tempat. Sunan tersebut adalah Sunan Wirokromo Blingi dan Sunan Wirobroto Nyamplong yang berasal dari Sumenep.

Source: news.google.com

Related Articles

Back to top button