Berita Wisata

20 Tempat Wisata di Manado Yang Wajib Dikunjungi, Menawan dan Instagrammable

20161217-Bunaken masih menjadi primadona pariwisata Manado-Sulawesi

Memperbesar

Wisatawan mancanegara menikmati keindahan Taman Laut Pulau Bunaken di Manado dari atas kapal, Sabtu (17/12). Taman Nasional Bunaken pernah menyaingi pulau dewata, Bali, sebagai tempat wisata bahari terbaik di tanah air. (Liputan6.com/Fery Pradolo)

1. Taman Laut Bunaken

Kunjungan pertama ke Manado adalah Taman Laut Bunaken. Taman Laut Bunaken dikenal luas akan keanekaragaman hayati lautnya yang sangat kaya, sehingga diklaim sebagai “surga bawah laut”, terutama bagi para pecinta selam.

Taman ini dinyatakan sebagai Situs Warisan Dunia oleh UNESCO pada tahun 2005. Taman ini memiliki setidaknya 39 situs menyelam. Bahkan bagi mereka yang tidak bisa berenang, ada cara lain untuk menjelajahi lingkungan bawah laut Bunaken yang luar biasa, yaitu dengan kapal selam yang dirancang khusus.

2. Taman Laut Tumbak

Taman Laut Tumbak menjadi alternatif lain bagi para pecinta wisata bahari dan para pecinta diving. Ini memiliki sekitar 20 situs menyelam dengan lingkungan bawah laut yang sama menakjubkannya. Destinasi wisata yang relatif baru ini terletak di tenggara Minahasa, sekitar 90 kilometer dari Manado.

Pulau Tumbak sendiri tidak berpenghuni, dengan luas kurang dari 1 hektar. Meskipun wilayahnya kecil, namun memiliki potensi wisata bahari yang sangat besar karena lingkungan alamnya yang masih alami, baik laut maupun darat, hampir tidak terjamah oleh tangan manusia.

3. Pulau Siladen

Pulau Siladen adalah “surga” Manado selain Bunaken. Terletak di utara Bunaken, pulau ini sebenarnya adalah salah satu dari lima pulau yang tercakup dalam Taman Nasional Bunaken. Dari kelima pulau tersebut, Siladen merupakan yang terkecil, dengan luas tidak lebih dari 31,25 hektar.

Terkenal dengan pantainya yang bersih dan berpasir putih. Berbeda dengan Bunaken yang lebih terkenal dengan terumbu karangnya, Siladen menonjol karena keanekaragaman ikannya. Pantainya sebagian besar didominasi oleh pasir putih, sehingga ikan-ikan cantik lebih mudah dilihat melalui air laut yang jernih.

4. Pulau Lembeh

Pulau Lembeh memiliki tidak kurang dari 88 titik penyelaman. Ekosistem bawah lautnya juga luar biasa, yang tentunya bisa menjadi alternatif menghabiskan liburan Anda, apalagi jika Anda hobi menyelam. Banyak resor tepi laut juga tersedia di sana. Anda akan sangat terkejut dengan keindahannya yang tidak akan Anda temukan di pulau lain.

Terletak di Bitung, tidak jauh dari Manado. Sesampainya di Bitung, Anda hanya perlu menempuh perjalanan laut selama 15 menit dengan menggunakan perahu menuju Pulau Lembeh. Biaya masuknya hanya Rp 8.000 dan Rp 300.000 sudah cukup untuk menyewa perahu jika Anda ingin berlayar selama sekitar 3-4 jam bersenang-senang di sekitar tempat yang menakjubkan ini.

Source: news.google.com

Related Articles

Back to top button