Berita Wisata

200 nelayan dari Sumbawa berpartisipasi dalam DPM

Sumbawa Besar, Kabarsumbawa.com – Tidak kurang 200 nelayan asal Kabupaten Sumbawa mengikuti pelatihan Pemberdayaan Masyarakat Nelayan (DPM) tahun 2022. Kegiatan dibuka langsung oleh Wakil Bupati Sumbawa Hj. Dewi Noviany, S.Pd., M.Pd, Senin (14/11/2022) pagi di Hotel Parahyangan.

Kegiatan yang akan berlangsung selama 6 hari ke depan ini dilaksanakan bekerjasama dengan Pemda Sumbawa dan SMKN 1 Alas dengan Politeknik Pelayaran (PIP) Makassar.

Kegiatan ini juga dihadiri oleh tim pedagogik Politeknik Ilmu Kelautan (PIP) Makassar, Otoritas Pelabuhan dan Pelabuhan (KSOP) Kelas IV Labuan Badas, Sekretaris Dinas Kelautan dan Perikanan Kabupaten Sumbawa, Kepala Cabang Dinas Pendidikan dan Kebudayaan NTB, Sumbawa.

Wakil Bupati menyampaikan sambutan hangat dan dukungannya terhadap kegiatan ini. Dijelaskannya, Kabupaten Sumbawa memiliki kekayaan sumber daya alam (SDA) khususnya kelautan dan perikanan yang cukup luas dan beragam, dengan panjang garis pantai ±982 km, dan luas perairan pantai termasuk zee seluas 74.000 km2. yang berada di utara dan selatan pulau Sumbawa. .

“Dengan itu, menunjukkan bahwa kita sebenarnya memiliki potensi perikanan yang sangat potensial untuk dikelola, baik melalui penangkapan maupun budidaya. Hanya saja yang menjadi masalah adalah tingkat pemanfaatan potensi tersebut belum optimal karena keterbatasannya. kemampuan keuangan daerah dan minimnya kapasitas atau keterampilan nelayan kita,” jelasnya.

Menurut Wakil Bupati, sarana dan prasarana untuk mendukung pengembangan sektor kelautan dan perikanan masih belum memadai. Untuk kegiatan penangkapan ikan masih didominasi oleh armada kecil, sehingga berdampak pada tingkat eksploitasi yang tidak seimbang antara perairan pesisir dan lepas pantai.

“Jika kondisi ini tidak dikelola dengan bijak, dikhawatirkan akan terjadi overfishing di perairan pesisir, sedangkan perairan lepas pantai yang memiliki potensi besar, kita harus bekerja secara bertahap dengan memperbaiki infrastruktur (pelabuhan perikanan) dan memodifikasi fasilitas penangkapan ikan besar (kapal). /perikanan/alat tangkap),” jelasnya.

Ia berharap kegiatan ini dapat terlaksana dengan baik dan sukses serta dapat memberikan kontribusi positif bagi upaya peningkatan keterampilan nelayan. Dengan demikian dapat mendorong pertumbuhan ekonomi dan meningkatkan kesejahteraan masyarakat nelayan di Kabupaten Sumbawa.

“Terserah seluruh peserta untuk mengikuti kegiatan ini dengan hati-hati sehingga dapat menambah pengetahuan dan keterampilan para peserta dalam menjalankan usaha sebagai nelayan,” pungkasnya. (KS)

1

Source: news.google.com

Related Articles

Back to top button