Berita Wisata

2000 Mangrove ditanam membentuk Pulau Muna di pesisir Laut Labone

Tempat Tidur 1 21

2000 Mangrove ditanam membentuk Pulau Muna di pesisir Laut LaboneSejumlah warga kelompok Topa Mandiri (KTM) saat penanaman bibit mangrove di kawasan Pantai Topa, Desa Labone, Kecamatan Lasalepa, Kabupaten Muna, Sulawesi Tenggara (Sultra), Minggu (27/12/2022).

TEGAS.CO, MUNA – Sejumlah warga dari kelompok Topa Mandiri (KTM) telah melakukan penanaman bibit mangrove di kawasan Pantai Topa, Desa Labone, Kecamatan Lasalepa, Kabupaten Muna, Sulawesi Tenggara (Sulawesi Tenggara), Minggu ( 27/12/2022).

Penanaman mangrove ini juga dihadiri oleh perwakilan Dinas Kehutanan Provinsi Sulawesi Tenggara, Bapedas Faisal Sulawesi Tenggara, mantan Kapolsek Tampo AKP Julak Solohor, perwakilan Korem 143/ Haluoleo Samdini dan Posda Muna Tobi.

Ketua KTM Hasan mengatakan, kegiatan ini hadir dalam rangka Topa merawat mangrove dengan menanam bibit mangrove untuk melestarikan pantai Topa. Sekitar 35 orang dari masyarakat dan tim terkait telah bersatu untuk menjaga pantai laut Labone, khususnya pantai Topa.

“Sekitar 2.000 pohon, untuk luasan 1 hektar perkebunan mangrove membentuk Pulau Muna,” kata Hasan.

Lanjutnya, penanaman mangrove dilakukan untuk mitigasi bencana tsunami, dimana Desa Labone memiliki pesisir laut. Mangrove merupakan tempat hidup biota laut seperti ikan, kepiting dan lain-lain, sehingga harus dilestarikan dan dilindungi. Selain itu, sebagai partisipasi dalam pelestarian lingkungan, khususnya tanaman mangrove.

Hasan berharap ke depan masyarakat Desa Labone menjaga dan tidak merusak hutan mangrove. Di sisi lain, Desa Labone memiliki potensi wisata yang bagus dan sudah memiliki ikon pemantauan mangrove. Sehingga kedepannya potensi tersebut dapat dikaitkan dengan penanaman mangrove berupa Pulau Muna sebagai destinasi wisata.

“Mari selamatkan bumi dengan tangan kita sendiri,” katanya.

Pengarang: Faishal
Penerbit: O³

Source: news.google.com

Related Articles

Back to top button