Berita Wisata

24 Wisata Populer Sleman, Ada Lokasi Film KKN di Kampung Penari

KOMPAS.com – Kabupaten Sleman di Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) memiliki daftar tempat wisata populer yang menawarkan beragam atraksi mulai dari alam hingga budaya.

Jarak ke Kabupaten Sleman dari Tugu Yogyakarta tidak terlalu jauh, sehingga beberapa tempat wisata di kawasan ini dapat ditempuh dengan mobil sekitar 30 menit.

Baca juga :

Mengikuti Kompas.com merangkum pilihan tempat wisata populer di Kabupaten Sleman.

Daftar Tempat Wisata Populer di Sleman Yogyakarta

1. Tebing Breksi

Tebing Breksi, Sleman, Yogyakarta DOK.  Shutterstock Tebing Breksi, Sleman, Yogyakarta DOK. Shutterstock

Tebing Breksi yang terletak di Sambirejo, Kecamatan Prambanan, Kabupaten Sleman, DIY ini berjarak sekitar 18 kilometer (km) dari kota Yogyakarta dengan waktu tempuh sekitar setengah jam.

Saat berkunjung dari pagi hingga sore hari, wisatawan bisa melihat perbukitan di sekitar tebing Breksi. Di malam hari, lampu membuat tebing Breksi semakin unik.

Baca Juga: Harga Tiket Masuk Tebing Breksi Jogja Terbaru, Buka dari Pagi Hingga Malam Hari

2. Candi Ijo

Candi Ijo di Sleman, YogyakartaTribun Jogja / Candi Hamim Thohari Ijo di Sleman, Yogyakarta

Candi Ijo disebut sebagai salah satu candi tertinggi di Indonesia karena lokasinya yang dibangun di atas bukit dengan ketinggian sekitar 425 meter di atas permukaan laut (mdpl).

Terletak di Dusun Groyokan, Desa Sambirejo, Kecamatan Prambanan, Kabupaten Sleman, DIY, candi ini dapat diakses dengan mobil sekitar 40 menit dari pusat kota Yogyakarta.

Salah satu kegiatan di pura ini adalah hunting foto di malam hari. Harga tiket masuk ke Candi Ijo mulai dari Rp 5.000 per orang.

Baca Juga: Alternatif Selain Candi Borobudur, Inilah 10 Wisata Candi Di Yogyakarta Dengan Harga Terjangkau

3.Bukit Obelix

Senja di Obelix Hills.Instagram @obelixhills Senja di Obelix Hills.

Obelix Hills menyajikan beragam kotak foto, keahlian memasak dan aktivitas di tebing. Lokasinya berada di Wukirharjo, Kecamatan Prambanan, Kabupaten Sleman, DIY, dan memakan waktu sekitar 45 menit hingga satu jam dari pusat kota Yogyakarta.

Harga tiket Obelix Hills mulai dari Rp 20.000 per orang pada hari kerja dan Rp 20.000 per orang pada akhir pekan dan hari libur nasional. Harga tersebut belum termasuk memasak dan wahana.

Obelix Hills buka pukul 10:00 hingga 21:00 WIB Senin hingga Jumat dan pukul 07:00 hingga 21:00 WIB Sabtu hingga Minggu dan hari libur.

Baca Juga: Harga Tiket dan Jam Buka Obelix Hills Yogyakarta, Kini Buka Lebih Awal

4. Candi Ratu Boko

Ratu Boko atau Situs Ratu Boko bisa dikunjungi di Jalan Raya Piyungan-Prambanan Nomor 2, Kecamatan Prambanan, Kabupaten Sleman, DIY. Lokasinya tidak terlalu jauh dari candi Prambanan, hanya sekitar tiga kilometer arah selatan candi.

Situs Ratu Boko terkenal sebagai salah satu tempat untuk menikmati panorama sunset yang menyatu dengan gerbang utama.

dilaporkan dari Kompas.comPada Minggu (5/6/2022), harga tiket masuk Candi Ratu Boko mulai Rp 40.000 per orang untuk wisatawan domestik dewasa, Rp 20.000 untuk wisatawan berusia 3-10 tahun, dan Rp 20.000 per orang rombongan untuk wisatawan lokal dan rombongan pelajar. pelajar teladan.

Baca Juga: 4 Tips Traveling di Ratu Boko Yogyakarta, Jangan Cuma Terbangkan Drone

5. Candi Sambisari

Candi Sambisari pada musim kemarau dengan rerumputan kering.Kompas.com/Anggara Wikan Candi Prasetya Sambisari di musim kemarau dengan rumput kering.

Candi Sambisari terletak di Dusun Sambisari, Desa Purwomartani, Kecamatan Kalasan, Kabupaten Sleman, DIY. Jaraknya sekitar 15 kilometer dari pusat kota Yogyakarta dengan waktu tempuh sekitar 30 menit.

Candi Hindu Siwa ini diyakini dibangun pada awal abad ke-9 oleh Rakai Garung, raja Mataram Hindu dari dinasti Syailendra.

Uniknya, candi ini terletak sekitar 6,5 meter di bawah permukaan tanah, sehingga tidak terlihat dari jauh. Kompas.comKamis (03/10/2022).

Baca juga: Sambisari, Candi Bawah Tanah di Yogyakarta

6. Spot Riyadi

Candi Prambanan di malam hari dari Spot Riyadi, Sleman, Yogyakarta.Kompas.com/Anggara Wikan Candi Prasetya Prambanan di malam hari dari Spot Riyadi, Sleman, Yogyakarta.

Spot Riyadi menjadi salah satu tempat favorit untuk berburu momen sunrise dan sunset, karena lokasinya yang berada di ketinggian sekitar 200 meter di atas permukaan laut.

Dari tempat ini Anda bisa melihat panorama lainnya, antara lain candi Prambanan dan Sojiwan di sebelah utara, pemandangan Gunung Merapi-Gunung Smbing-Gunung Lawu di sisi timur.

Spot Riyadi terletak di Dusun Dawangsari, Desa Sambirejo, Kecamatan Prambanan, Sleman, Yogyakarta. Jarak tempuh dari kota Yogyakarta sekitar 19 kilometer dengan waktu tempuh sekitar 45 menit.

Baca Juga: 4 Pemandangan Indah Yang Bisa Dilihat Dari Spot Riyadi Yogyakarta

7. Candi Barong

Candi Barong, peninggalan kerajaan kuno Mataram di Yogyakarta.BPCB DIY Candi Barong peninggalan Kerajaan Mataram Kuno di Yogyakarta.

Candi Barong merupakan salah satu candi peninggalan agama Hindu yang terletak di kompleks Ratu Boko. Terletak di Dusun Candisari, Desa Sambirejo, Kecamatan Prambanan, Kabupaten Sleman, DIY.

Jika cuaca mendukung, sore hari adalah waktu terbaik untuk mengunjungi Candi Barong. Selain cahaya dari barat yang membuat bangunan candi menjadi unik, sunset juga akan terlihat dari sisi barat.

Baca juga: Candi Barong, Kemegahan di Tengah Perbukitan Prambanan, Yogyakarta

8. Kincir Angin dan Teluk Suwatu

SUWATU oleh Mil&BayInstagram @suwatu.by.milandbay SUWATU by Mil&Bay

Jika ingin nongkrong sambil menikmati panorama Candi Prambanan dan Gunung Merapi, Suwatu Mill and Bay bisa menjadi pilihan. Lokasinya di Sumberwatu, Sambirejo, Prambanan, Kabupaten Sleman, DIY.

Selain menyajikan makanan, Suwatu Mill and Bay juga memiliki kawasan Pasar Suwatu yang menjual aneka jajanan pasar, serta galeri yang mengoleksi berbagai furnitur.

Baca Juga: Lebih dari 1 Juta Wisatawan Kunjungi Sleman Saat Libur Lebaran 2022

9. Teluk Jogja (Waterboom Jogja)

Suasana Jogja Bay Waterpark di Kabupaten Sleman DIY.jogjabay.id Suasana Jogja Bay Waterpark di Kabupaten Sleman DIY.

Jogja Bay Amusement Ride yang berganti nama menjadi Waterboom Jogja ini menawarkan berbagai fasilitas permainan air bertema bajak laut. Di dalam Jogja Bay terdapat banyak wahana seperti Volcano Coaster, Brando Boomeranggo, Ziiggy Giant Barrelkolam ombak pantai selatandan kolam arus Sungai Liar Donte.

Waterboom Jogja terletak di Kabupaten Sleman, tepatnya di utara Stadion Maguwoharjo. Tempat rekreasi ini buka setiap hari mulai pukul 09:00 hingga 16:00 WIB.

Baca Juga: 5 Pool Lap Sempurna untuk Liburan Tahun Baru

10. Bukit Klangon

Bendera merah putih besar berkibar di atas Bukit Klangon, Glagaharjo, Cangkringan, Kabupaten Sleman.  Pengibaran bendera dalam upacara peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) ke-77 Republik Indonesia.KOMPAS.COM/YUSTINUS WIJAYA KUSUMA Bendera merah putih berukuran besar berkibar di atas Bukit Klangon, Glagaharjo, Cangkringan, Kabupaten Sleman. Pengibaran bendera dalam upacara peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) ke-77 Republik Indonesia.

Bukit Klangon terletak di Dusun Kalitengah Lor, Glagaharjo, Kecamatan Cangkringan, Kabupaten Sleman, DIY. Berada di ketinggian 1.200 mdpl, tempat ini cocok dijadikan sebagai tempat berkemah.

Harga tiket masuk Bukit Klangon mulai Rp 4.000, sedangkan biaya parkir kendaraan roda dua mulai Rp 3.000 dan tarif kendaraan roda empat mulai Rp 5.000,- Jika ingin berkemah harga mulai Rp 15.000 per orang .

Klangon Hill buka setiap hari mulai pukul 06:00 WIB hingga 17:00 WIB untuk kunjungan rutin, dan 24 jam sehari bagi yang ingin berkemah.

Baca Juga : Harga Tiket dan Jam Buka Wisata Bukit Klangon Sleman Yogyakarta

Source: news.google.com

Related Articles

Back to top button