Berita Wisata

25 wisata lengkap Cilacap, mulai dari pantai hingga air terjun

KOMPAS.com – Kabupaten Cilacap merupakan salah satu daerah di Jawa Tengah yang memiliki banyak potensi wisata.

Wisata di Cilacap cukup lengkap, mulai dari pantai, air terjun, dataran tinggi, hutan mangrove, wisata sejarah, dll. Selain wisata alam, Cilacap juga menawarkan sejumlah tempat wisata menarik instagramable.

Baca Juga: 12 Tempat Wisata Pantai Terpopuler di Cilacap, Cocok Untuk Liburan

Selain itu, Kabupaten Cilacap juga memiliki pulau yang terkenal yaitu Pulau Nusakambagan.

Meski terasa seram karena ada lembaga pemasyarakatan (penjara), Pulau Nusakambangan juga memiliki sejumlah pantai pasir putih yang indah.

Baca juga: 15 Wisata Cilacap Instagrammable yang Wajib Kamu Kunjungi

Berikut daftar tempat wisata di Cilacap yang disusun : Kompas.com. Destinasi wisata ini bisa menjadi pilihan untuk mengisi liburan.

1. Pantai Teluk Penyu

Ratusan kapal merapat di Pantai Teluk Penyu Cilacap, Jawa Tengah pada Rabu (6/4/2022).KOMPAS.COM/FADLAN MUKHTAR ZAIN Ratusan kapal berlabuh di Pantai Teluk Penyu, Cilacap, Jawa Tengah, Rabu (6/4/2022).

Pantai Teluk Penyu merupakan tempat wisata yang wajib dikunjungi di Kabupaten Cilacap. Lokasinya hanya sekitar dua kilometer dari pusat pemerintahan, tepatnya di Kabupaten Cilacap bagian selatan.

halaman kutipan Wisata CilacapPemandangan khas pantai ini adalah panorama pulau Nusakambangan dan kapal tanker PT Pertamina (Persero).

Apalagi Pantai Teluk Penyuk memiliki pasir yang bersih dan ditumbuhi banyak pepohonan sehingga menciptakan suasana teduh bagi pengunjung.

Baca Juga: 7 Menara Air Terjun di Cilacap dengan Pemandangan Eksotis

2. Pantai Cemara Sewu

Pantai Cemara Sewu di Kabupaten CilacapDermaga. Pantai Cemara Sewu di Kabupaten Cilacap

Tidak hanya Yogyakarta, Kabupaten Cilacap juga memiliki Pantai Cemara Sewu. Seperti namanya, pantai ini memiliki deretan pohon pinus yang rindang dan menjadi surga bagi para wisatawan.

Cemara yang tumbuh di pantai Cemara Sewu ini merupakan jenis cemara udang dengan tinggi mencapai 65 hingga 90 meter.

Mengutip situs tersebut Wisata Cilacap, pantai ini juga disebut Pantai Jetis oleh masyarakat setempat. Lokasi Pantai Cemara Sewu berada di Desa Jetis, Kecamatan Nusawungu, Kabupaten Cilacap.

3 Pantai Karangpakis

Mengutip situs tersebut Kunjungi Jawa Tengah, Pantai Karangpakis memiliki pantai yang landai dan lebar. Pengunjung, baik anak-anak maupun dewasa, bisa bermain di pantai sambil menikmati hembusan angin laut

Oleh karena itu, Pantai Karangpakis menjadi salah satu destinasi favorit penduduk setempat untuk berwisata di akhir pekan atau liburan.

Lokasi Pantai Karangpakis berada di Desa Karangpakis, Kecamatan Nusawungu, Kabupaten Cilacap.

Baca Juga: 7 Menara Air Terjun di Cilacap dengan Pemandangan Eksotis

4. Indahnya Pantai Widarapayung

Widarapayung Pantai Indah di Kabupaten CilacapDermaga. / Pantai Widarapayung Indah di Kabupaten Cilacap

Letak pantai ini cukup strategis, mudah dijangkau dengan angkutan umum khusus Cilacap – Gombong, maupun dengan kendaraan pribadi. Karena letaknya tepat di selatan jalur lalu lintas.

Pantai indah Widarapayung terbentang seluas lebih dari 500 hektar, menurut informasi dari situs Pariwisata Cilacap. Lokasinya berada di Desa Widarapayung, Kecamatan Binangun, Kabupaten Cilacap.

Panorama pantainya cukup sejuk karena dikelilingi oleh pohon kelapa. Sejumlah fasilitas yang tersedia bagi wisatawan antara lain tempat pengamatan, kolam renang, area parkir, warung makan, dan atraksi seni daerah.

Baca juga: Havana Hills, Wisata Baru di Cilacap Berkonsep Outdoor Untuk Keluarga

5. Pantai Srandil

Salah satu wisata bahari yang paling populer di Cilacap adalah Pantai Srandil. Seperti namanya, pantai cantik ini berada dekat dengan Gunung Srandil, tepatnya di selatan.

Gunung Srandil sendiri juga cukup dikenal masyarakat dalam hal olah spiritual.

halaman kutipan Warisan Budaya Takbenda Indonesiaada upacara sedekah laut atau sesaji larung di pantai Srandil.

Upacara persembahan ini berlangsung pada tanggal 1 surah, menurut penanggalan Jawa. Adapun yang dipentaskan dalam upacara tersebut adalah berbagai sesaji dan hasil pertanian.

Source: news.google.com

Related Articles

Back to top button