Berita Wisata

2,8 juta wisatawan berkunjung ke Padang pada 2022, naik 100%

KOMPAS.com – Lebih dari 2,8 juta atau 2.855.135 wisatawan mengunjungi kota Padang di Sumatera Barat sepanjang tahun 2022.

Jumlah ini menunjukkan peningkatan 100% dari tahun 2021 yang mencapai 1 juta atau 1.002.270 wisatawan. Peningkatan ini disebabkan oleh semakin meredanya aktivitas masyarakat.

Baca juga :

“Pelonggaran ini berdampak positif terhadap kunjungan wisatawan ke kota Padang,” kata pejabat muda Dinas Pariwisata Kota Padang, Siti Gloria, seperti dikutip dari Termasuk antaraJumat (01/06/2023).

Dia berpendapat bahwa kunjungan wisatawan tergantung pada peristiwa yang terjadi di kota.

Baca Juga: Padang Siapkan 4 Destinasi Wisata Baru dan Tarik Lebih Banyak Wisatawan

Pada Agustus 2022, kota ini akan menjadi tempat diselenggarakannya rapat kerja nasional Apeksi yang akan dihadiri seluruh walikota se-Indonesia. Mereka juga datang berkelompok dengan jumlah rata-rata 30 orang.

Target 3 juta kunjungan wisatawan pada tahun 2023

Pada 2023, Dinas Pariwisata Kota Padang membidik hingga tiga juta kunjungan wisatawan.

“Pemerintah Kota Padang (Pemkot) telah menyiapkan sejumlah kegiatan pariwisata dalam Kalender Pariwisata Kota Padang 2023,” ujarnya.

Ia menambahkan, kalender tersebut akan diluncurkan pada pertengahan Januari 2023.

Baca juga :

Dilaporkan oleh Kompas.comMinggu (11/9/2022), Kota Padang memiliki banyak tempat wisata yang menyuguhkan wisata alam maupun sejarah.

Wisatawan dapat mengunjungi Pantai Air Manis, tempat patung terkenal Malin Kundang berada, atau menyaksikan matahari terbenam di Pantai Nirwana.

Baca Juga: 5 Oleh-oleh Manis Khas Padang Sumatera Barat

Ada juga Museum Adityawarman yang bisa Anda kunjungi untuk mempelajari sistem kekerabatan Minangkabau yaitu matrilineal.

Pemkot Padang juga menyiapkan empat tempat wisata baru yang bisa dikunjungi, yakni Lubuk Tempurung, Gua Kelelawar, pulau kecil, dan kampung adat.

Dapatkan pembaruan berita terpilih dan berita terbaru setiap hari di Kompas.com. Yuk gabung di grup Telegram “Kompas.com News Update”, caranya klik link lalu gabung. Pertama, Anda perlu menginstal aplikasi Telegram di ponsel Anda.

Source: news.google.com

Related Articles

Back to top button