Berita Wisata

3 Aktivitas Liburan di Australia Barat Bagi Wisatawan Indonesia

KOMPAS.com – Indonesia adalah salah satu pasar Australia Barat.

Menurut catatan kunjungan terakhir, jumlah wisatawan Indonesia yang berkunjung ke Australia Barat diperkirakan mencapai sekitar 40.000 orang.

“Indonesia termasuk dalam daftar tujuh pasar di Australia Barat,” ujar Deputy Premier Australia Barat, Yang Terhormat Roger Cook, MP, pada peluncuran “Walking On A Dream di Fairmont Hotel Jakarta, Senin (05/12). /2022).

Baca juga :

Menurut data yang dibagikan Roger, wisatawan Indonesia biasanya merogoh kocek mulai dari 2.000 dolar Australia (sekitar Rp 21,1 juta) untuk sampai ke sana.

Mulai Juli 2022, turis asing yang ingin masuk ke Australia Barat akan bebas sepenuhnya seperti sebelum pandemi.

Mereka tidak perlu menunjukkan vaksinasi, melakukan tes PCR atau antigen, sebenarnya negara ini terbuka untuk turis yang belum divaksinasi, seperti dikutip dari situs pemerintah Australia Barat, Kamis (15/12/2022).

“Dengan dibukanya perbatasan diharapkan wisatawan Indonesia bisa berlibur ke Australia Barat,” imbuhnya.

Baca juga: Perhatikan 7 Hal Ini Saat Berwisata ke Australia Barat

Berlibur di Perth, ibu kota Australia Barat, bisa menjadi pilihan liburan singkat. Menurutnya, hal ini sesuai dengan preferensi masyarakat Indonesia yang lebih memilih perjalanan udara singkat.

“Menurut data, 70% orang Indonesia lebih suka terbang ke luar negeri untuk liburan singkat, sehingga perjalanan dari Jakarta ke Perth 4 jam 30 menit sudah sesuai,” ujarnya.

Ilustrasi kota Perth di Australia, tepatnya negara bagian Australia Barat.UNSPLASH/Fadzai Saungweme Ilustrasi kota Perth di Australia, tepatnya negara bagian Australia Barat.

Apalagi, tidak seperti kebanyakan tempat wisata yang sudah sangat populer, wilayah Australia Barat yang luas masih relatif belum tersentuh oleh wisatawan.

Baca juga: 5 Kafe Instagrammable di Perth, Australia

Sebagai informasi, Australia Barat merupakan negara bagian terbesar di benua Australia. Wilayah ini memiliki luas total sekitar 2,6 juta kilometer persegi dan terdiri dari gurun pasir yang jarang terjamah.

Aktivitas Liburan di Australia Barat

Festival Shinju Matsuri di Broome, Australia Barat. Dermaga. Shinju Matsuri Festival Shinju Matsuri di Broome, Australia Barat.

Berikut beberapa aktivitas liburan Australia Barat yang bisa menginspirasi wisatawan Indonesia, seperti dirangkum Kompas.com:

1. Keindahan alam dan pantai yang menawan

Roger menyebut selama pandemi, liburan dengan konsep outdoor atau luar ruangan menjadi tren yang digemari.

Karena itu, menurutnya Western Australia bisa menjadi pilihan wisatawan Indonesia untuk berlibur, karena menawarkan berbagai aktivitas outdoor yang menarik.

“Kita punya pemandangan alam yang luas di padang pasir dan deretan pantai yang indah. Anda juga bisa melihat matahari terbenam,” kata Roger.

Baca juga: Australia membidik turis asing dari 15 negara termasuk Indonesia

2. Perjalanan darat dekat dengan alam

Swan Valley, Australia Barat.            DERMAGA. Pariwisata Australia Barat/ FRANCES ANDRIJICH Swan Valley, Australia Barat.

Roger menjelaskan, Australia Barat kaya akan wisata alam, kuliner, dan budaya, salah satunya suku Aborigin kuno.

Selain itu, sebagian besar Australia Barat cocok untuk perjalanan darat dengan mobil (perjalanan darat), dan wisatawan dapat dengan mudah menjumpai berbagai satwa liar.

“Ada Pulau Rottnest yang dihuni oleh Quokka, marsupial yang suka tersenyum. Ada juga Ningaloo Reef tempat paus bungkuk, paus biru dan paus sikat lewat, dan banyak lainnya,” ujarnya.-jelasnya.

Baca Juga: 6 Rekomendasi Destinasi di Australia Barat Selain Perth

3. Menambah pengalaman bersantap

Banyak festival makanan dan kalender lainnya diadakan di Australia Barat. Roger menjelaskan bahwa negaranya terkenal sebagai penghasil salah satu wine terbaik.

Pabrik anggur tidak hanya menawarkan minuman, tetapi juga menyediakan restoran dengan layanan koki berkualitas untuk menemani anggur.

Baca juga :

“Dengan demikian, wisatawan bisa menikmati berbagai festival wine dan makanan yang rutin berlangsung,” ujarnya.

Dapatkan pembaruan berita terpilih dan berita Baru setiap hari di Kompas.com. Yuk gabung di grup Telegram “Kompas.com News Update”, caranya klik link lalu gabung. Pertama, Anda perlu menginstal aplikasi Telegram di ponsel Anda.

Source: news.google.com

Related Articles

Back to top button