Berita Wisata

3 Destinasi Terbaik di Filipina untuk Wisata Halal

KOMPAS.com – Buat kamu yang ingin jalan-jalan ke luar negeri, tapi tidak terlalu jauh dan sedang mencari destinasi ramah muslim, coba kunjungi tiga kota di Filipina berikut ini.

Market Development Manager Indonesia, Buena Carla merekomendasikan Davao, Manila dan Cebu sebagai tiga besar tujuan wisata Halal dan Muslim di Filipina.

“Kami berusaha (muslim friendly tourism) karena tidak hanya turis dari Indonesia tapi juga dari Timur Tengah yang merupakan pasar turis muslim terbesar Filipina,” kata Buena Carla. Kompas.com di HARRIS Vertu Hotel Harmoni, Gambir, Jakarta Pusat pada Selasa (6/12/2022).

Tiga kota di Filipina yang paling cocok untuk tujuan wisata halal meliputi:

1. Davao

Davao adalah kota paling direkomendasikan di Carla bagi turis Muslim yang ingin berlibur ke Filipina.

Memang, kota di pulau Mindanao ini memiliki populasi Muslim terbesar di wilayah tersebut.

Kantor Wali Kota Davao.KARIM RASLAN Kantor Walikota Davao City.

“Saya sangat merekomendasikan Davao untuk musafir muslim karena kota ini memiliki populasi muslim yang besar, sehingga tidak perlu persiapan untuk menyambut turis muslim disana,” kata Carla.

Dengan populasi muslim Davao yang besar, tentu akan sangat mudah menemukan makanan halal.

Memang makanan menjadi salah satu pertimbangan terpenting bagi wisatawan muslim saat berkunjung ke suatu destinasi.

Baca juga: Liburan di Filipina Tak Perlu Hasil Tes PCR, Asal Ada Suntikan Booster

Halaman peluncuran kota DavaoKuliner khas kota ini kebanyakan terbuat dari olahan seafood dan rempah-rempah sehingga ramah bagi wisatawan muslim.

Untuk tempat wisata, kawasan ini saat ini fokus pada pengembangan ekowisata, mulai dari alam hingga budaya.

Seperti Air Terjun Aliwagwag, Pantai Dahican, Davao Oriental Welcome Park, Davao Dwarf Forest dan masih banyak pesona alam eksotis lainnya.

2.Manila

Kota Manila mungkin kurang populer sebagai tujuan wisata ramah Muslim bagi sebagian wisatawan.

“Kami tidak benar-benar mempromosikan Manila sebagai tujuan musafir muslimtapi Manila siap menyambut turis muslim,” kata Carla.

Katedral Manila di FilipinaUnsplash/@kevinrein05 Katedral Manila di Filipina

Karena seiring berjalannya waktu di Manila, banyak hotel yang menyediakan mushola dan penunjuk arah kiblat bagi wisatawan muslim.

Sedangkan untuk Metro Manila, sebagai pusat kota Manila juga cocok untuk musafir sendirian yang suka berbelanja atau sekedar wisata kotadan berjalan-jalan untuk melihat kehidupan kota yang menyenangkan.

Baca Juga: Wisata Filipina, Inilah 5 Restoran Halal di Manila

Transportasi di kota ini juga cukup mudah. Ada berbagai pilihan seperti ojek on line, bajaj dan bus antar kota.

Wisatawan hanya perlu menuju terminal bus “Partas” seperti DAMRI yang tersedia di kota Manila. Kompas.comRabu (7/9/2022).

3.Cebu

Cebu juga cocok untuk dikunjungi wisatawan Muslim dengan menawarkan kemudahan komunikasi dalam bahasa Inggris yang digunakan sebagai bahasa kedua oleh penduduk kota ini.

Rumah Leluhur Yap Sandiego di Kota Cebu, Filipina.KOMPAS.com/ABBA GABRILLIN Rumah Leluhur Yap Sandiego di Kota Cebu, Filipina.

Sebagai catatan, Cebu adalah pulau terbesar kesembilan di Filipina yang merupakan bagian dari Kepulauan Visayas.

Cebu juga merupakan kota tertua sekaligus ibu kota pertama Filipina, dan merupakan kota metropolitan dan pusat budaya Visayas.

Baca Juga: Jalan-jalan ke Cebu Filipina, Yuk Nikmati Aneka Makanan Halal

Sedangkan pulau Visayas adalah bekas jajahan Spanyol karena di sinilah Fernando de Magellan pertama kali mendarat pada tahun 1521 untuk menjajah Filipina.

Di kota ini, wisatawan akan menemukan banyak situs sejarah peninggalan bangsa Spanyol di Filipina.

Dapatkan pembaruan berita terpilih dan berita Baru setiap hari di Kompas.com. Yuk gabung di grup Telegram “Kompas.com News Update”, caranya klik link lalu gabung. Pertama, Anda perlu menginstal aplikasi Telegram di ponsel Anda.

Source: news.google.com

Related Articles

Back to top button