Berita Wisata

3 Fakta Unik Pohon Ginkgo Biloba, Fosil Hidup Dari China Yang Jadi Spot Foto Di Korea

INDOZONE.ID – Ginkgo merupakan salah satu tumbuhan China yang terancam punah. Di Korea Selatan, tanaman dengan nama ilmiah Ginkgo Biloba ini bisa ditemukan hampir di setiap sudut jalan.

Pohon Ginkgo memiliki ciri utama memiliki daun berbentuk kipas. Buat kamu yang belum tahu dan masih penasaran, yuk simak penjelasannya di bawah ini!

1. Dapat berubah warna di musim gugur

gingko bilobaPohon Gingko Biloba tumbuh subur di Korea. (Kreator Z/Wulandari Rihi Paty)

Selama musim gugur di Korea Selatan, daun hijau Ginkgo akan berubah menjadi kuning keemasan dan daun ini akan jatuh di tanah atau di jalan, seperti pemandangan yang terlihat di kota Jeonju pada musim gugur dari bulan September hingga November 2022.

Daun ginkgo emas yang berjatuhan merupakan pemandangan yang sangat indah bagi warga Korea Selatan, sehingga warga Korea Selatan akan mengabadikan pemandangan tersebut dengan mengambil foto-foto lucu dan mempostingnya di berbagai media sosial.

2. Dianggap sebagai “fosil hidup”

gingko bilobaFosil hidup pohon Gingko Biloba dari Cina. (Kreator Z/Wulandari Rihi Paty)

Siapa yang tidak percaya ada yang abadi di dunia ini? Fakta menarik lainnya tentang pohon Ginkgo adalah dianggap sebagai fosil hidup karena dapat hidup lebih dari 1000 tahun.

Dengan kemampuan beradaptasi dan ketahanan yang tinggi terhadap hama, Ginkgo mampu berkembang bahkan di lingkungan yang tercemar.

Ginkgo juga mampu menghasilkan bahan kimia pelindung, yang akan melindunginya dari penyakit dan kekeringan. Meski dihantam badai dan disambar petir, Ginkgo tetap bisa tumbuh dengan sehat.

3. Dihormati oleh umat Buddha, Shinto, dan Konghucu

gingko bilobaPohon Gingko Biloba. (Kreator Z/Wulandari Rihi Paty)

Bagi pengikut Konfusianisme, Ginkgo memiliki arti khusus. Dulu, mereka banyak menghabiskan waktu di bawah pohon untuk membaca, menulis, dan berpikir. Biasanya Ginkgo sengaja ditanam di dekat kuil Budha dan Shinto dan sering dijadikan sebagai sumber bahan makanan obat tradisional.

Demikian fakta-fakta unik tentang pohon Ginkgo Biloba, semoga bisa menambah pemahaman Anda tentang keanekaragaman hayati.

Artikel menarik lainnya:

Susun cerita serumu dan dapatkan berbagai hadiah menarik! mari bergabung Z-pencipta dengan mengklik di sini.

Z-penciptaZ-pencipta

Source: news.google.com

Related Articles

Back to top button