Berita Wisata

3 gua baru di Desa Lojejer mulai dieksplorasi oleh dinas pariwisata

Jember, Aktual.com – 3 dari 4 gua baru yang ada di Kabupaten Wuluhan saat ini sedang dieksplorasi oleh Dinas Pariwisata Kabupaten Jember. Kegiatan ini dilakukan untuk membuka objek wisata baru, sekaligus menggali potensi wisata alam yang ada di Kabupaten Jember. Selain menarik untuk wisata petualang, di Desa Lojejer Kecamatan Wuluhan juga terdapat 4 Gua tersembunyi yang salah satunya bahkan menyimpan potensi arkeologi yaitu Gua Sodong, Gua Marjan dan Gua Lowo, sedangkan gua yang menyimpan potensi arkeologi adalah Gua Watangan.

Kepala Dinas Pariwisata Harry Agustriyono mengatakan, pihaknya bersama tim Muspika Wuluhan dan unsur pemerintah Desa Lojejer pada Rabu (12/7) melakukan survei lokasi goa di Desa Lojejer untuk mendukung potensi wisata Kabupaten Wuluhan.

“Kami bersama tim dari Dinas Pariwisata dan didampingi oleh Kepala PMKS dan Satpol PP, Polsek, dan juga Pemdes melakukan survey terhadap 3 gua yang baru ditemukan yaitu Gua Sodong, Gua Marjan. dan Gua Lowo Sebelumnya, tim juga mengunjungi Gua Watangan di Desa Lojejer,” ujarnya.

Harry mengatakan, kunjungan tim Tourist Board bertujuan untuk memetakan dan melihat akses-akses yang bisa ditempuh wisatawan, serta melakukan identifikasi dan dokumentasi untuk memberikan informasi kepada masyarakat.

“Kunjungan ini dimaksudkan untuk mengidentifikasi dan memberikan akses ke lokasi, serta mengumpulkan data dan dokumentasi yang dapat kami informasikan kepada masyarakat,” ujarnya.

Sedangkan menurut data yang diterima dari media, jumlah gua yang ada di Desa Lojejer tidak hanya Gua Sodong, Gua Marjan, Gua Lowo dan Gua Watangan, namun beberapa Gua juga dikunjungi oleh masyarakat diantaranya Gua Maelang, Gua Semedi dan Gua Macan.

“Di desa kami ada beberapa goa, mungkin ada belasan, hanya saja tidak semuanya terjamah, sedangkan yang pernah dikunjungi masyarakat malah dijadikan diteliti yaitu Goa Macan, Goa Semeda, Goa Maelang dan Watangan. Gua, sedangkan 3 gua lainnya baru ditemukan,” ujar Bapak Soleh Kades Lojejer.

(Aminuddin Azis)

(Aminuddin Aziz)

Source: news.google.com

Related Articles

Back to top button