Berita Wisata

3 Rekomendasi Destinasi Wisata Keren di Sinjai

CELEBESMEDIA.ID, Makassar – Selain terkenal dengan kelezatan kulinernya, Sulawesi Selatan juga menjadi surganya para traveler yang mencari destinasi wisata menarik.

Tidak hanya Toraja dan Makassar, hampir semua kabupaten di Sulawesi Selatan memiliki tempat wisata yang menarik. Salah satunya di Kabupaten Sinjai.

Ibukota kabupaten Sinjai yaitu Sinjai Utara berjarak sekitar 223 km dari pusat kota Makassar. Ada sekitar 260.000 jiwa yang tinggal di kabupaten ini, dengan luas wilayah sekitar 819,96 kilometer persegi.

Berikut 3 destinasi wisata unggulan di Kabupaten Sinjai yang bisa masuk dalam daftar liburan Anda:

1. Pulau Pulau Larea-rea


(Pulau Larea-rea – foto oleh sinjaikab.go.id)

Pulau Larea-rea adalah salah satu tempat favorit di antara kelompok sembilan pulau. Pulau ini terletak di Kecamatan Pulau Sembilan, Kabupaten Sinjai.

Untuk menuju pulau ini, Anda harus menempuh perjalanan laut selama kurang lebih satu jam dengan menggunakan perahu atau speed boat untuk waktu tempuh yang lebih singkat.

Pengunjung bisa menikmati indahnya hamparan pasir putih dan air laut yang jernih. Deru ombak yang menghantam bebatuan semakin menambah estetika pulau ini.

Di pulau tak berpenghuni ini, pengunjung diperbolehkan berenang, snorkeling, memancing, atau sekadar selfie. Spot foto yang paling populer adalah batu granit besar dan platform bertuliskan “Larea-rea Island”.

Selain itu, airnya yang jernih memungkinkan Anda untuk melihat langsung makhluk laut seperti alga, ikan, ubur-ubur, bulu babi atau bahkan bintang laut.

Bagi pengunjung yang ingin menginap, tersedia resort dengan fasilitas lengkap. Dari resort, pengunjung bisa menikmati indahnya sunset dan sunrise serta pemandangan lereng Gunung Bawakaraeng.

Tersedia juga gazebo dan tempat duduk bagi Anda yang lebih suka bersantai di tempat teduh sambil menikmati suasana Pulau Larea-rea.

2. Hutan Mangrove Tongke-tongke


(Hutan bakau Tongke-tongke – foto oleh sinjaikab.go.id)

Destinasi wisata selanjutnya adalah hutan mangrove. Hutan mangrove ini terletak di Desa Tongke-tongke, Kecamatan Sinjai Timur, Kabupaten Sinjai.

Kawasan wisata ini berjarak sekitar 7 kilometer dari pusat kota Sinjai. Hutan mangrove ini biasanya akan lebih ramai di akhir pekan. Anda dapat mengundang keluarga, teman atau sendiri.

Saat Anda masuk melalui gerbang utama, Anda akan disambut dengan kata-kata positif yang tertulis di papan estetika di sepanjang dek kayu. Jembatan ini juga bisa menjadi spot foto yang menarik dan instagramable bagi pengunjung.

Terdapat fasilitas seperti kabin, kafetaria, menara pengawas, dermaga wisata perahu, dermaga utama, area pemancingan dan pembibitan serta jembatan kayu panjang bagi pengunjung untuk menjelajahi hutan mangrove.

Untuk melihat keseluruhan salah satu hutan mangrove terbesar di Indonesia ini, Anda bisa menyewa perahu yang bisa mengantar Anda ke dalam hutan.

Selain itu, ada juga makanan ringan dan aksesoris seafood yang bisa dibeli pengunjung sebagai oleh-oleh.

3. Desa Galung


(Kampung Galung – foto oleh Suarajelata.com)

Bagi Anda yang menyukai suasana pedesaan yang tenang, destinasi wisata Kampung Galung mungkin bisa menjadi pilihan.

Desa Galung terletak di Desa Barania, Kecamatan Sinjai Barat, Kabupaten Sinjai, sekitar 40 kilometer dari pusat kota Sinjai.

Galung sendiri merupakan bahasa Bugis yang berarti sawah. Tak heran jika di kawasan wisata ini Anda akan melihat hamparan sawah yang sangat luas.

Dalam perjalanan menuju Kampung Galung, Anda akan dimanjakan dengan pemandangan menghijau yang menyegarkan mata.

Saat memasuki kawasan wisata, pengunjung akan langsung mendengar suara gemericik air yang menenangkan dan udara yang menyejukkan paru-paru. Sesekali Anda juga akan disambut dengan kabut dan udara dingin jika sedang hujan.

Suasana alam pedesaan wisata persawahan yang eksotis ini sangat cocok untuk bersantai atau sekedar bersantai dan menikmati alam sendiri maupun bersama keluarga.

Pengunjung juga bisa melihat secara langsung proses penanaman padi atau saat panen raya. Namun tidak hanya persawahan, mata Anda juga akan dimanjakan dengan pemandangan pegunungan ke segala penjuru yang bisa Anda jadikan sebagai latar untuk selfie.

Fasilitas yang disediakan adalah gazebo, kolam renang, warung makan dan bumi perkemahan.

Pelapor: Aulia (IAIM Sinjai)

Source: news.google.com

Related Articles

Back to top button