Berita Wisata

3 wisata di bandung diselimuti kisah legenda termasuk kisah Sangkuriang

TRIBUNJABAR.ID- Bandung memiliki banyak legenda, beberapa di antaranya berhubungan dengan tempat-tempat yang menjadi tempat wisata saat ini.

Tempat wisata yang bernuansa legenda menarik banyak wisatawan, contohnya Gunung Tangkuban Perahu.

Selain Tangkuban Parahu, berikut tempat wisata yang sarat legenda.

1. Sang Hyang Heleut

Sanghyang Heleut merupakan salah satu tempat wisata yang memiliki sebuah telaga kecil berwarna hijau jernih di atas hamparan bebatuan, telaga ini memiliki kedalaman hingga delapan meter yang membuat pengunjung menawan dari segi pemandangan.

Demikian juga di sini ada legenda yang konon bidadari kahyangan mandi untuk menyucikan diri, sehingga kawasan ini juga dijadikan sebagai tempat keramat bagi masyarakat setempat.

Nah, lokasi objek wisata ini berada di tempat yang tersembunyi dan terpencil, sehingga banyak orang yang belum mengetahuinya. Oleh karena itu pengunjung yang ingin ke Sanghyang Heleut membutuhkan perjalanan yang cukup berat, namun sesampainya di sana kita akan disuguhi dengan hamparan pemandangan yang indah, hingga melihat air tawar.

Bagi yang ingin mengunjungi Sanghyang Heleut dikenakan biaya tiket masuk sebesar Rp 20.000 per orang.

Sanghyang Heleut buka setiap hari mulai pukul 08:00 hingga 16:00 WIB.

Lokasi Sanghyang Heleut berada di Rajamandala Kulon, Cipatat, Kabupaten Bandung Barat.

2. Gunung Tangkuban Parahu

Tangkuban Perahu yang terletak di kawasan Subang ini memiliki pesona keindahan alam, sehingga terdapat pohon pinus yang berdiri di sepanjang jalan yang memberikan keindahan.

Begitu juga disini anda juga bisa menikmati 3 kawah yaitu Kawah Ratu, Kawah Upas dan Kawah Domas.

Demikianlah legenda Sangkuriang yang populer di kalangan masyarakat, bermula ketika Sangkuriang jatuh cinta dengan ibunya sendiri Dayang Sumbi, pada suatu saat Dayang Sumbi menyadari bahwa Sangkuriang adalah anaknya.

Source: news.google.com

Related Articles

Back to top button