Berita Wisata

30 Wisata Kuningan Lengkap dari Alam Hingga Tempat Bersejarah

KOMPAS.com – Kuningan merupakan salah satu kabupaten di Jawa Barat yang memiliki banyak tempat wisata. Wisata Kuningan berkisar dari kekayaan alam hingga situs sejarah.

Beberapa kunjungan Kuningan menjadi viral di media sosial karena ketampanannya. Jika Anda sedang merencanakan liburan, cobalah untuk mengunjungi tempat wisata di Kuningan Jawa Barat.

Baca juga: 10 Wisata Alam di Kuningan Jawa Barat Banyak yang Masih Asli

Wisata Kuningan, Jawa Barat

Berikut tempat wisata Kuningan Jawa Barat dari destinasi wisata alam hingga tempat bersejarah yang dirangkum oleh Kompas.com.

1. Telaga Cicerem

Danau Cicerem sempat viral di media sosial karena keindahannya. Tak heran, danau ini memiliki air berwarna biru dan dikelilingi pepohonan hijau.

Apalagi pengunjung bisa melihat berbagai jenis ikan di pinggir danau. Satu dari tempat foto yang paling populer adalah ayunan di tengah danau.

Lokasi Telaga Cicerem berada di Kaduela, Pasawahan, Kuningan.

Baca juga: 6 Tempat Wisata di Cirebon dan Kuningan, Ada Telaga Remis

Danau Cicerem, KuninganDermaga. Danau Cicerem, Kuningan

2. Taman rekreasi gunung

Taman Rekreasi Gunung merupakan taman wisata air yang cocok sebagai tujuan liburan bagi anak-anak.

Sebab, tempat wisata ini menawarkan wahana air bebas kaporit sehingga aman untuk anak-anak. Air untuk wahana di Taman Rekreasi Gunung ini berasal dari pegunungan seperti yang ada di kawasan Gunung Keling

Lokasinya di Komplek Perumahan Pesona Alam Kuningan, Jalan Cirendang-Cigugur, Cipari, Cigugur, Kuningan.

Baca juga: Pendakian Gunung Ciremai via Kuningan Dibuka Kembali, Kuota Dibatasi 25%

3. Hutan

Tempat wisata ini cocok bagi pecinta tantangan. Sebab, Woodland menawarkan fasilitas outbond yang seru, seperti dikutip dari Kompas.com (02/11/2022).

Daya tarik Woodland adalah jalur kayu yang membentang di tengah hutan lebat. Jalannya sangat estetis, sehingga cocok untuk tempat Foto instagrammable.

Lokasinya di Jalan Ragasakti nomor 130, Setianegara, Cilimus, Kuningan.

Baca Juga: Cara Menjadwal Ulang Pendakian Gunung Ciremai via Kuningan

4. Taman Wisata Alam Linggarjati

Tempat wisata ini menampilkan pemandangan alam Kuningan yang indah.

Selain itu, Taman Wisata Alam Linggarjati dilengkapi dengan beberapa fasilitas antara lain kolam renang, a keluarmenunggang kuda dan lain-lain.

Lokasinya di Linggasan, Cilimus, Kuningan. Tempat ini cocok untuk wisata keluarga.

Taman Wisata Alam Linggarjati, KuninganWikimedia Commons Taman Wisata Alam Linggarjati, Kuningan

5.Ipuan

Ipukan adalah salah satu bumi perkemahan di Kabupaten Kuningan. Meluncurkan Kompas.com (26/12/2017), bumi perkemahan ini memiliki panorama Gunung Ciremai dan Kota Kuningan

Tak heran, Ipukan menjadi salah satu tempat favorit untuk menyaksikan matahari terbit di Kuningan. Pengelola menyediakan fasilitas berkemah bagi mereka yang membutuhkan.

6. Pondok Pinus Palutungan

Alternatif tempat wisata di Kuningan lainnya adalah Pondok Pinus Palutungan. Pengunjung yang datang bisa menikmati beragam tempat Foto instagrammable.

Misalnya dari rumah warna-warni, portal yang didesain seperti di film fantasi, hingga rumah dengan balon yang terinspirasi dari film animasi Disney UP.

Baca juga: Kuningan kembangkan wisata alam dan kesenian daerah

7. Taman Nasional Gunung Ciremai (TNGC)

Taman Nasional Gunung Ciremai merupakan kawasan konservasi di Jawa Barat. Peluncuran situs web ruang TNGCGunung Ciremai merupakan gunung tertinggi di Jawa Barat, dengan puncak tertinggi pada 3.078 mdpl.

Tempat ini sangat cocok bagi pecinta alam yang ingin menikmati keindahan Gunung Ciremai. Selama perjalanan, pendaki akan menjumpai hutan yang indah, air terjun, kawah serta kekayaan flora dan fauna.

Tim Taman Nasional Gunung Ciremai mendokumentasikan proses perjalanan di jalur pendakian baru Trisaksi Sadarehe, Kabupaten Majalengka, Jawa Barat pada Kamis (25/8/2022).MUHAMAD SYAHRI ROMDHON/BTNGC Tim Dokumentasi Taman Nasional Gunung Ciremai mendokumentasikan proses perjalanan di jalur pendakian baru Trisaksi Sadarehe, Kabupaten Majalengka, Jawa Barat pada Kamis (25/8/2022)

8. Air Terjun Sidomba

Air Terjun Sidomba merupakan salah satu air terjun yang wajib dikunjungi saat berkunjung ke Kabupaten Kuningan.

Air terjun ini memiliki ketinggian tiga meter dan dikelilingi oleh pepohonan yang rindang. Lokasi air terjun dilengkapi dengan berbagai fasilitas pendukung seperti toilet, restoran, saung, dll.

Lokasinya berada di Desa Peusing, Kecamatan Jalaksana, Kabupaten Kuningan.

9. Kebun Raya Kuningan

Kebun Raya Kuningan merupakan bagian dari kawasan eks HGU PT Yunawati Plantation seperti yang tertera di website Pemerintah Kabupaten Kuningan.

Lokasinya berada di Desa Padabeunghar, Kecamatan Pasawahan, Kabupaten Kuningan.

Daya tarik Kebun Raya Kuningan adalah lokasinya yang berdekatan dengan TNGC, yang memberikan lanskap perbukitan yang indah.

Selain itu, hamparan sawah di sekitar kawasan menambah daya tarik Kebun Raya Kuningan sebagai objek wisata.

10. Taman Cisantana

Taman Cisantana dulunya merupakan tempat penambangan batu. Kini tebing bekas tambang tersebut disulap menjadi backdrop foto yang indah instagrammable dan unik.

Aneka pohon dan bunga melengkapi daya tarik Taman Cisantana. Tak heran jika Taman Cisantana menjadi salah satu destinasi wisata di Dataran Tinggi Kuningan yang menjadi incaran para wisatawan.

Source: news.google.com

Related Articles

Back to top button