Berita Wisata

4 Air Terjun Di Klungkung Bali Cocok Untuk Liburan Alam

Keindahan alam Bali bukan hanya pantainya. Banyak juga air terjun yang memiliki keindahan dan cocok untuk wisata. Anda dapat mengunjungi berbagai air terjun di Klungkung.

Sebagai informasi, Klungkung merupakan salah satu kabupaten terkecil di Provinsi Bali. Uniknya, sepertiga wilayah Kabupaten Klungkung terletak di Pulau Bali, sedangkan sisanya berupa pulau-pulau, yakni Nusa Penida, Nusa Lembongan, dan Nusa Ceningan.

Jika detikers ingin mencoba destinasi wisata yang anti tradisional, cobalah datang ke air terjun di Klungkung. Tanpa berlama-lama, simak rekomendasinya di artikel ini!

Kunjungan air terjun di Klungkung

Ada beberapa tempat wisata air terjun di Klungkung yang bisa Anda kunjungi. Dilansir website travel agent, berikut empat rekomendasi air terjun di Klungkung yang cocok untuk wisata alam.

1. Air Terjun Rahasia Aan

Rekomendasi wisata air terjun di Klungkung yang pertama adalah Aan Secret Waterfall. Tempat wisata ini baru dibuka pada tahun 2018, sehingga sedikit sekali wisatawan yang mengetahui keberadaan Air Terjun Rahasia Aan.

Saat berkunjung ke sini, detikers akan menjumpai pemandangan air terjun yang tingginya mencapai 35 meter. Apalagi di sekitar air terjun juga ditumbuhi vegetasi yang lebat, sehingga udaranya segar.

Tarif masuk (HTM) Air Terjun Aan Secret adalah Rp 10.000 untuk wisatawan lokal dan Rp 15.000 untuk wisatawan mancanegara. Jangan lupa siapkan kamera atau smartphone anda, karena anda bisa berfoto dengan background air terjun.

Air Terjun Rahasia Aan terletak di Desa Aan, Kecamatan Banjarangkan, Kabupaten Klungkung, Bali. Jarak dari kota Semarapura ke lokasi air terjun tidak begitu jauh, sekitar 6 km atau 15 menit perjalanan dengan mobil.

Air Terjun Rahasia Aan Klungkung.Air Terjun Rahasia Aan Klungkung. Foto: YouTube Pusat Teknologi dan Budaya ITB STIKOM Bali

2. Tukad Unda

Tukad Unda atau sering disebut Tukad Unda Air Terjun Tirai merupakan salah satu tempat wisata alam yang terkenal di Klungkung. Tukad Unda sebenarnya sama dengan sungai pada umumnya, namun ada yang unik dari tempat ini.

Disebut Air Terjun Tirai karena Tukad Unda merupakan bendungan dua tingkat. Nah, air yang mengalir naik turun itu terlihat seperti tirai air karena aliran airnya tidak begitu deras.

Jangan khawatir, kedalaman airnya cukup dangkal sehingga Anda bisa bermain air sambil merasakan segarnya udara. Bahkan, beberapa turis memanjat dinding bendungan untuk berfoto. Namun, Anda harus berhati-hati. Pasalnya, dasar sungai yang berbatu cukup licin ditumbuhi lumut.

Tukad Unda terletak di bawah Jembatan Tukad Unda, Desa Tangkas, Kabupaten Klungkung, Bali. Jarak antara kota Semarapura dan Tukad Unda hanya 2 km atau sekitar 5 menit dengan mobil.

Air Terjun Tukad Unda KlungkungAir Terjun Tukad Unda Klungkung Foto: iStock/Hafiz Ismail

3. Air Terjun Peguyangan

Rekomendasi air terjun di Klungkung selanjutnya adalah Air Terjun Peguyangan. Tempat wisata alam yang satu ini sepertinya asing di telinga wisatawan, karena terletak di pulau Nusa Penida yang lebih terkenal dengan keindahan pantai dan lautnya yang biru.

Air Terjun Peguyangan berada di bawah tebing yang tingginya mencapai 200 meter, sehingga untuk mencapainya Anda harus menuruni ratusan anak tangga. Namun, rasa lelah para detikers akan terobati dengan keindahan pemandangan alamnya. Apalagi jika Anda datang pada sore hari, Anda bisa melihat matahari terbenam di balik tebing.

Untuk menuju ke sana, diperlukan persiapan fisik yang matang karena tidak ada akses lain selain melalui tangga. Sebaiknya kenakan sepatu yang nyaman dan aman serta gunakan tabir surya agar kulit tidak rusak akibat sinar matahari.

Selain digunakan sebagai tempat wisata, Air Terjun Peguyangan juga dijadikan sebagai sumber air minum warga setempat sejak tahun 1995. Air Terjun Peguyangan dianggap oleh warga sekitar sebagai tempat yang disakralkan karena di bawah sumbernya terdapat pura.

Karena letaknya di Nusa Penida, satu-satunya akses ke sana dari pulau Bali adalah dengan menggunakan speedboat. Harga tiketnya Rp 100.000 per orang. Nantinya, detikers akan berangkat dari Pelabuhan Sanur menuju Nusa Penida dengan waktu tempuh kurang lebih 40-45 menit.

Sesampainya di pelabuhan Nusa Penida, detikers harus melanjutkan perjalanan melalui jalur darat kurang lebih 40 menit. Tenang, Anda bisa menyewa kendaraan pribadi atau menggunakan jasa ojek untuk menuju Air Terjun Peguyangan.

Air Terjun Peguyangan Klungkung.Air Terjun Peguyangan Klungkung. Foto: iStock/Joel Carillet

4. Air Terjun Seganing

Selain itu di kawasan Nusa Penida ternyata ada air terjun yang tak kalah indahnya, namanya Air Terjun Seganing. Namun jika berkunjung ke sini, detikers harus menyiapkan fisik dan mental yang kuat karena letaknya di pinggir tebing.

Lain halnya jika di Air Terjun Peguyangan terdapat tangga yang kokoh. Soalnya, detikers harus menuruni tangga darurat kayu setinggi 300 meter. Oleh karena itu, tidak disarankan mengajak keluarga atau anak-anak untuk datang ke Air Terjun Seganing.

Jika detikers punya nyali besar dan suka ke tempat wisata ekstrim, Air Terjun Seganing cocok untuk dikunjungi. Selain melihat pemandangan alam yang indah, Anda juga bisa mencium bau air bersih nan sejuk yang mengalir dari mata air.

Akses menuju air terjun Seganing cukup sulit dijangkau. Dari pelabuhan Nusa Penida, Anda harus melanjutkan perjalanan darat sekitar 1 jam. Setelah sampai di kawasan wisata, Anda harus menyusuri jalan setapak yang terjal selama kurang lebih 30 menit. Barulah detikers tiba di Air Terjun Seganing.

Air Terjun Seganing KlungkungAir Terjun Seganing Klungkung Foto: iStock/Kanawa_Studio

Nah berikut rekomendasi empat air terjun di Klungkung yang cocok untuk liburan wisata alam. Jadi, air terjun mana yang ingin Anda kunjungi dalam perjalanan Anda ke Klungkung?

Simak video “Rasa Makan Raos Pisaan Euy, Cuisine du Palais Cimahi”
[Gambas:Video 20detik]
(ilf/des)

Source: news.google.com

Related Articles

Back to top button