Berita Wisata

4 Destinasi Wisata Desa di Lamongan untuk Perawatan Akhir Tahun.

jatimnow.com – Siapa bilang Lamongan tidak kaya akan ekowisata? Sesekali Anda harus datang ke Lamongan untuk membuktikannya. Kebetulan saat ini memasuki libur Natal dan Tahun Baru.

Lamongan memiliki empat desa tujuan wisata yang dapat digunakan untuk ekowisata keluarga. Berikut pilihannya.

1. Wisata Soda

Soda Wisata atau Sogo Dayoh. Lokasinya berada di desa Responsibilityprigel, kecamatan Glagah. Tur ini sangat cocok untuk liburan keluarga karena berbasis ekowisata.

Di lokasi ini, Anda akan disambut oleh berbagai spot foto yang menarik. Wisatawan bisa dimanjakan dengan suasana khas desa Lamongan. Anak-anak dapat berinteraksi dengan ikan air tawar di dalam akuarium. Waktu yang tepat untuk mengunjungi wisata ini adalah pada pagi dan sore hari.

Desa wisata ini terus berkembang, setahun terakhir akses pintu masuk wisata dan tempat parkir mobil diperbesar. Juga disiapkan masakan dan oleh-oleh khas dari desa setempat.

2. Kebun Mahoni

Belum puas dengan Wisata Soda, Anda bisa mengunjungi objek wisata Taman Mahoni di Desa Kendal, Kecamatan Sekaran. Wisata ini bertempat di tepian Sungai Bengawan Solo yang jarang ditemui di kota lain.

Uniknya, di tempat ini wisatawan bisa memainkan berbagai permainan jaman dulu. Sebut saja engkol, lompat tali, petak umpet, layang-layang, congklak, seni jingkat di atas panggung.

Bagus untuk anak-anak, tempat ini bisa mendidik, tapi untuk orang dewasa, berwisata ke kebun mahoni bisa jadi nostalgia sekaligus.

Lokasinya sejuk, rimbun, dan terasa sangat pedesaan. Belum lagi semilir angin Bengawan Solo yang sepoi-sepoi, dijamin betah berlama-lama.

Baca juga :
Kunjungan wisatawan ke Lamongan diperkirakan akan meningkat pekan depan

Taman Mahoni menampilkan berbagai permainan tempo dulu yang bisa dijadikan pilihan liburan akhir tahun.  (FotoTaman Mahoni menampilkan berbagai permainan tempo dulu yang bisa dijadikan pilihan liburan akhir tahun. (Foto

3. Wisata Edukasi di Kalimantan Tengah

Seperti namanya, wisata ini berlokasi di kecamatan Kalitengah. Yang menarik dari tempat ini adalah wisata gabungan alias terpadu lima desa sekaligus.

Lima obyek wisata yang berada dalam satu kawasan tersebut antara lain Balai Pameran Kopiah di Desa Pengangsalan, Panti Asuhan Mandiri (Asman) yang memanfaatkan Kebun Obat Tradisional Keluarga Keningkir (Toga) di Desa Buntungan. Kemudian, pengajaran agroindustri pertanian di desa Kediren.

Itu tidak berhenti di situ. Di Desa Cluring, pengunjung bisa melihat proses pembuatan telur asap khas Lamongan. Terakhir, Anda bisa mencicipi kuliner khas di stasiun kuliner Canditunggal Kalitengah (SKCK).

4. Taman Airlangga

Baca juga :
Mantan Lurah Lamongan gantung diri, motifnya sangat menyedihkan

Setelah berkutat di wilayah tengah Lamongan, wilayah selatan juga punya tempat untuk dikunjungi. Yakni, Taman Airlangga. Lokasi ini berada di Desa Pataan, Kecamatan Sambang.

Di sana pengunjung bisa menikmati suasana desa asri khas Lamongan Selatan. Taman ini baru saja dibangun dan dikembangkan untuk melengkapi situs Kuil Pataan yang sebelumnya ikonik.

Tidak hanya menikmati pemandangan dan edukasi sejarah, pengunjung juga bisa melihat dan merasakan sensasi motor trail lengkap dengan trek dan arena di area candi.

Sekarang menjadi biara kuliner. Di Desa Pataan, ada jajanan legendaris yaitu Wedang Secang.

Apakah kamu penasaran? Cobalah datang ke Lamongan dan unggah foto ke media sosial.

Source: news.google.com

Related Articles

Back to top button