Berita Wisata

4 fakta taman pintar, wisata edukasi dan rekreasi terindah di kota pelajar : Okezone Travel

WILAYAH Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) tidak hanya dikenal dengan wisata alam dan budayanya saja. Kawasan ini juga dikenal sebagai kota pelajar dan memiliki sejumlah destinasi wisata edukasi yang bisa Anda kunjungi.

Salah satunya adalah Taman Pintar Yogyakarta yang merupakan salah satu destinasi wisata menarik yang bisa Anda kunjungi selama liburan di kota Gudeg ini. Dilansir dari berbagai sumber, berikut ulasannya.

Lokasi taman pintar

Taman Pintar ini terletak di pusat kota Yogyakarta tepatnya di Jalan Panembahan Senopati No. 1-3 Yogyakarta di kawasan Benteng Vredeburg.

Selain itu, Taman Pintar juga dekat dengan kawasan wisata Jalan Malioboro di Pasar Beringharjo, Yogyakarta.

Sejarah Taman Pintar

Tentu saja terbentuknya suatu tempat tidak akan lepas dari sejarah, maupun asal-usulnya. Terbentuknya Taman Pintar ini dimulai ketika terjadi ledakan perkembangan ilmu pengetahuan sekitar tahun 90-an.

Terutama teknologi informasi yang akhirnya membawa peradaban manusia ke era tanpa batas seperti saat ini. Dimana penggunaan teknologi semakin berkembang dan menjadi bagian dari kehidupan yang tidak dapat dipisahkan.

Infografis kebun raya di Indonesia

Oleh karena itu, pemerintah kota Yogyakarta mencetuskan ide pembangunan “Taman Pintar”. Disebut “Taman Pintar”, karena di kawasan ini para siswa mulai dari TK hingga SMA dapat dengan leluasa memperdalam pemahaman materi yang mereka terima di sekolah sekaligus bersenang-senang.

Perpaduan wisata rekreasi dan edukasi

Taman Pintar merupakan destinasi yang menggabungkan wisata rekreasi dan edukasi di Yogyakarta. Disini anda bisa bermain sambil belajar, cocok untuk membawa anak-anak hingga pelajar yang ingin memperluas wawasannya.

Ada wahana PAUD yang dilengkapi dengan teknologi digital interaktif dan video mapping yang akan memicu imajinasi anak. Selain itu, bagi mereka untuk memiliki kedekatan dengan teknologi. tempat ini patut dikunjungi.

Sejauh ini, di Taman Pintar Yogyakarta terdapat 35 area dan 3.500 aksesoris permainan edukatif.

Di sekitarnya Anda juga dapat menemukan toko-toko yang berjejer dan menjual berbagai jenis buku. Dari buku anak, sekolah, novel, religi. Selain itu, mereka juga menjual buku-buku baru dan bekas yang masih layak pakai.

Ikuti Berita Okezone di berita Google

Bangunan Taman Cerdas

Selain itu, gedung Taman Pintar dibangun di kawasan eks pusat perbelanjaan, mengingat masih eratnya hubungan antara Taman Pintar dengan fungsi dan aktivitas bangunan di sekitarnya, seperti Taman Budaya, Benteng Vredeburg, Taman Militer Societeit dan Gedung Agung.

Saat itu, relokasi kawasan dimulai pada tahun 2004; Pembangunan Tahap I berupa taman bermain dan gedung PAUD Barat dan PAUD Timur. Kemudian, pembangunan tahap II menyangkut lantai I dan II gedung oval. Begitu juga dengan Box Building lantai 1 yang diresmikan dalam Soft Opening II tanggal 9 Juni 2007 oleh Menteri Pendidikan Nasional.

Source: news.google.com

Related Articles

Back to top button