Berita Wisata

4 Gua Jejak Manusia Purba di Pangandaran Terpantau Peneliti

Pangandaran

Sebuah desa di Pangandaran tercatat memiliki puluhan gua. Bahkan, ada empat gua peninggalan peradaban manusia purba yang sedang dilirik para peneliti.

Desa tersebut dikenal dengan Desa Selasari yang terletak di Kecamatan Parogi, Kabupaten Pangandaran. Desa ini juga merupakan desa wisata di Jawa Barat yang terkenal dengan kekayaan alam dan budayanya.

Penanda gua di desa Selasari diyakini berasal dari peradaban manusia purba, karena ditemukan beberapa fosil tulang dan sejumlah sisa makanan berupa cangkang kerang.

Pakar budaya Pangandaran Abah Kunay mengatakan, desa Tuesdayri tidak hanya dijuluki sebagai desa wisata tetapi juga gudang gua di Pangandaran.

“Hasil pendataan warga sekitar tahun 2014, goa yang ada di desa Selasari sebanyak 76 goa, dikatakan masih belum terdaftar jumlahnya. Ada ratusan tapi dengan ukuran yang berbeda-beda,” kata Abah Kunay, Kamis (3//3). 11/2022). ).

Dikatakannya, ada 4 goa di desa Selasari yang telah diteliti oleh warga sekitar dan peneliti dari Cagar Budaya Banten dan Kebudayaan Dinas Pariwisata Kabupaten Pangandaran yang menunjukkan jejak peninggalan kehidupan purbakala.

“Empat gua yang memiliki jejak manusia prasejarah itu adalah Gua Reregan Sutra, Gua Panggung, Gua Peteng, dan Gua Lanang yaitu ditemukannya fosil cangkang moluska dan fosil tulang,” kata Kunay.

Menurutnya, karakter keempat Gua tersebut sama karena beberapa peninggalan sejarah memiliki kemiripan. Bahkan diyakini telah ada ribuan tahun sebelum masehi.

Sementara itu, Kunay mengaku sedih. Pasalnya, dalam beberapa tahun terakhir belum pernah ada tindak lanjut terkait pengelolaan keempat goa yang dinilai berpotensi menarik perhatian wisatawan.

“Walaupun Gua Reregan Sutra merupakan salah satu gambaran peninggalan masa lampau, namun saat ini perhatian diberikan, bahkan diabaikan, padahal setiap tahun selalu ada rombongan pencari yang memasuki gua Reregan Sutra dan gua-gua lainnya di Selasari,” kata Kunay.

Ia mengatakan belum ada perhatian dari pemerintah padahal Goa memiliki potensi yang sangat besar. Dulu, dari cagar budaya Banten, saya sempat ke goa Reregan. Gua Reregan memang perlu mendapat perhatian khusus dari pemerintah, termasuk penyelidikan lebih lanjut.

“Saya yakin goa ini jika dikelola memiliki potensi besar sebagai destinasi wisata alam yang eksotis. Di dalamnya banyak bebatuan unik yang bisa dijadikan spot foto,” ujarnya.

Tonton video “Lihat tempat wisata legendaris pasangan kekasih terkutuk”
[Gambas:Video 20detik]
(perwakilan/perwakilan)

Source: news.google.com

Related Articles

Back to top button