Berita Wisata

4 kegiatan di Fort Heritage Museum, jangan berfoto Page semua

KOMPAS.com – Museum Benteng Heritage merupakan salah satu tempat wisata di kawasan Pasar Lama Tangerang yang dapat dikunjungi oleh masyarakat yang tertarik dengan dunia sejarah ras Tionghoa di Tangerang.

Lokasinya di Jalan Cilame Nomor 18-20, Pasar Lama, Tangerang, Banten.

Pengunjung yang ingin masuk ke Fort Heritage Museum harus membeli tiket masuk sebesar Rp 30.000.

Baca juga :

Khusus pengunjung pelajar yaitu pelajar SD (SD) dan SMA (SMA) cukup membayar tiket masuk sebesar Rp 20.000.

Museum Benteng Pusaka buka Selasa hingga Minggu mulai pukul 10.00 WIB hingga 17.00 WIB.

Koleksi Museum Benteng Heritage terbilang cukup tua dan unik. Sayangnya, pengunjung tidak diperbolehkan mengambil foto atau merekam koleksi atau aktivitas apa pun di dalam Museum Benteng Peninggalan.

“Kami memang fokus pada pengenalan dan edukasi,” ujar tour guide Fort Heritage Martin Museum, Rabu (11/1/2023).

Baca juga: Taman Potret bisa kamu tempuh dengan naik Bus Tayo Tangerang

Jika pengunjung tidak diperbolehkan mengambil foto, lalu kegiatan apa saja yang bisa dilakukan di Museum Benteng Pusaka?

1. Lihat koleksi kecap kental

Museum Kastil PeninggalanBentengheritage.com Museum Peninggalan Benteng

Saat memasuki lantai satu Heritage Fort Museum, pengunjung akan melihat pameran Fort Soy Sauce tepatnya di sebelah tangga menuju lantai dua museum.

Dikutip dari laman Kompas.com (13/1/2019), pabrik kecap Benteng merupakan pabrik kecap pertama dan tertua di Indonesia.

Baca Juga: 4 Tips Menuju Taman Gajah Tunggal Tangerang

Sementara itu, dikutip dari laman Kompas.com (2019/06/17), Kecap Benteng didirikan oleh Teng Hay Soey pada tahun 1882. Setelah itu, proses produksi Kecap Benteng dilanjutkan oleh Teng Gok Soey.

2. Melihat suasana Pasar Lama di Tangerang

Balkon lantai dua Museum Benteng Heritage di Pasar Lama, Kota Tangerang, dengan latar belakang tenda-tenda pedagang pasar.Balkon KOMPAS/RADITYA HELABUMI di lantai dua Museum Benteng Pusaka di Pasar Lama, Kota Tangerang, dengan latar belakang tenda-tenda pedagang pasar.

Dari balkon lantai dua Museum Benteng, pengunjung bisa melihat suasana Pasar Lama Tangerang. Suasana pasar menjanjikan akan sangat ramai di siang hari.

Melihat suasana Pasar Lama Tangerang dari balkon Museum Benteng Peninggalan akan membuat Anda serasa berada di rumah tua di pedesaan.

Baca juga :

3. Sewa pakaian Cina

Museum Puri Pusaka di Jalan Cilame, Pasar Lama, Tangerang, Banten.KOMPAS.COM/TRI WAHYUNI Museum Benteng Peninggalan di Jalan Cilame, Pasar Lama, Tangerang, Banten.

Selain melihat pameran di Heritage Fort Museum, pengunjung juga bisa mencoba pengalaman mengenakan pakaian khas China.

Baca juga :

Pengunjung dapat menyewa pakaian tersebut dari Museum Benteng Peninggalan seharga Rp 50.000 tanpa batas waktu untuk meminjam di tempat.

4. Sejarah studi

Sejumlah patung, pot, dan benda keramik menjadi koleksi Museum Benteng Heritage di Pasar Lama, Kota Tangerang, Banten.KOMPAS/RADITYA HELABUMI Sejumlah patung, pot, dan benda keramik merupakan koleksi Museum Benteng Heritage di Pasar Lama, Kota Tangerang, Banten.

Seperti namanya, Museum Benteng Heritage menampilkan sejarah keturunan Tionghoa di Tangerang. Penjelasan sejarah juga dilengkapi dengan koleksi peninggalan Tionghoa yang dipajang.

Beberapa koleksi zaman Tionghoa di sini antara lain pakaian, kursi, tempat tidur, pakaian Tionghoa sehari-hari, dan busana pengantin Tionghoa.

Dapatkan pembaruan berita terpilih dan berita terbaru setiap hari di Kompas.com. Yuk gabung di grup Telegram “Kompas.com News Update”, caranya klik link lalu gabung. Pertama, Anda perlu menginstal aplikasi Telegram di ponsel Anda.

Source: news.google.com

Related Articles

Back to top button