Berita Wisata

4 Tips Travelling ke TMII Saat Uji Coba Terbatas, Pesan Tiket Secara Online

KOMPAS.com – Taman Mini Indonesia Indah (TMII) dibuka kembali untuk uji coba terbatas sejak Minggu (20/11/2022). Sebelum berkunjung, ada beberapa hal yang bisa diperhatikan agar kunjungan lebih nyaman.

Sebagai informasi, tower di Jakarta Timur ini akhirnya bisa dikunjungi pengunjung umum setelah direvitalisasi pada Januari 2022. Mengusung konsep dan wajah baru, TMII kini memiliki empat pilar, yakni Inklusif, hijau, cerdas dan berbudaya.

“Setelah direvitalisasi, TMII terdiri dari 70% kawasan hijau dan 30% bangunan,” ujar Senior Manager PT Taman Wisata Candi Borobudur, Prambanan dan Ratu Boko (TWC) Edy Setijono, Minggu, 20/11/2022.

Baca juga :

Seperti halnya beberapa sarana dan prasarana yang telah direvitalisasi di TMII, antara lain tata ruang bangunan utama dan renovasi joglo (Sasono Utomo, Sasono Langen Budoyo dan Sasono Adiguno).

Ada juga renovasi museum, pengembangan pendopo dan landscape pejalan kaki, serta pengembangan landscape danau Nusantara.

Tips TMII di Uji Coba Terbatas

Jika Anda ingin mengunjungi TMII selama masa uji coba, simak beberapa informasi bermanfaat berikut ini:

1. Pesan tiket on line

Perlu diketahui bahwa selama masa uji coba terbatas, TMII memberlakukan kuota kunjungan hanya 5.000 orang per hari. Pengunjung yang ingin masuk ke TMII harus tunduk pada pemeriksaan tiket oleh penjaga di Gate 3.

Pengunjung mendatangi odong-odong gratis yang disediakan petugas TMII karena takut tidak mendapat tempat duduk.  Pemandangan itu terlihat saat pembukaan kembali TMII hari ini, Minggu (20/11/2022). Kompas.com/Annisa Ramadani Siregar Pengunjung mendatangi odong-odong gratis yang disediakan pengelola TMII karena takut tidak mendapat tempat duduk. Pemandangan itu terlihat saat pembukaan kembali TMII hari ini, Minggu (20/11/2022).

Tiket harus dibeli secara langsung on line melalui website resmi TMII, dengan harga tiket Rp 25.000 per orang. Untuk harga kendaraan, tiket parkir juga dibayarkan melalui situs.

Sebagai catatan, jangan tiba-tiba datang ke TMII tanpa membawa tiket atau langsung membelinya begitu tiba di lokasi.

Baca juga: TMII Buka Kembali dengan Wajah Baru, Begini Cara Mendapatkan Tiketnya

Karena kuota tiket sangat cepat habis. Pengunjung boleh diminta putar balik meski sudah datang, jika memang kuota harian sudah penuh.

2. Datanglah pada pagi atau sore hari

Pemantauan Kompas.com pada hari pertama, pagi hari dari pukul 06:00 WIB atau sore hari sekitar pukul 15:00 WIB adalah waktu terbaik untuk datang ke TMII.

Karena pukul 09.00 sampai 12.00 sekitar pukul 14.00 WIB adalah saat banyak pengunjung yang berdatangan.

Hal ini berpotensi menimbulkan kemacetan lalu lintas serta penumpukan antrian ganda untuk rute-rute tertentu. Menjelang sore sekitar pukul 15.00 dan seterusnya, kunjungan relatif sepi.

Source: news.google.com

Related Articles

Back to top button